Home Olah Raga Indonesia Berpeluang Lolos Piala Dunia 2026, Begini Skemanya

Indonesia Berpeluang Lolos Piala Dunia 2026, Begini Skemanya

TELENEWS.ID – Piala dunia 2022 akan segera dilangsungkan pada Oktober mendatang namun 32 peserta piala dunia 2026 mendatang sudah resmi dirilis oleh FIFA. FIFA juga menjelaskan akan ada penambahan peserta piala dunia 2026 mendatang dari yang awalnya 32 peserta menjadi 48 peserta. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino bahwa penambahan kuota peserta piala dunia 2026 adalah perwakilan dari Asia.

Pada Senin (01/08/2022) kemarin, federasi sepak bola Asia (AFC) mengkonfirmasi kabar FIFA bahwa penambahan kuota peserta dari Asia menjadi 8+1 tim pada piala dunia 2026 mendatang. Tim Asia ini akan bertanding untuk memperebutkan kuota piala dunia 2026 dengan skema tandang dan kandang. Tim di kawasan Asia sendiri yang akan bertanding ada 22 tim dalam rangking antara 26 – 47 di AFC. Dari hasil pertandingan kualifikasi ini, 11 tim yang menang akan otomatis masuk ke babak kedua kualifikasi piala dunia 2026 zona Asia. Pada babak kedua kualifikasi, 11 tim tersebut akan bergabung kembali dengan tim di peringkat 1 – 25 berdasarkan AFC dan menjadikan total tim yang akan bertanding di babak kedua adalah 36 tim.

Dari 36 tim ini akan dibagi ke dalam 9 group dengan format round-robin. Peringkat pertama dan kedua dari masing-masing group inilah yang akan melaju ke babak ketiga kualifikasi piala dunia 2026 zona Asia. Total 18 tim yang akan maju ke babak ketiga kualifikasi sekaligus menjadi tim yang akan mengikuti pertandingan piala Asia 2027.

Pada babak ketiga kualifikasi nanti akan dibagi menjadi 3 group. Dari masing-masing group akan diambil peringkat pertama dan kedua yang akan lolos untuk ikut Piala Dunia 2026. Dengan hasil ini akan ada 8 tim yang akan mewakili zona Asia di piala dunia 2026. Dengan pembagian 6 tim dari peringkat pertama dan kedua masing-masing group babak ketiga, sedangkan 2 tim lain dari pemenang antartim peringkat ketiga dan keempat yang akan dipertandingkan kembali. Wakil Asia masih diberikan 1 slot lagi untuk piala dunia 2026 yaitu jika tim tersebut menang pada pertandingan babak keempat intercontinental atau peringkat kedua.

Baca juga :  Apakah Portugal Tampil Lebih Baik Tanpa CR7?

Indonesia sendiri akan melakukan pertandingan dari babak pertama kualifikasi piala dunia 2026 karena Indonesia berada di peringkat 155 dunia dan 30 peringkat Asia. Pada kualifikasi piala dunia 2022 lalu, Indonesia terhenti di babak ketiga. Peluang Indonesia diprediksi akan lebih terbuka lolos kualifikasi piala dunia 2026 karena saat ini tim garuda sudah lebih merapikan skema pemainnya. Dengan pelatihan baik dari Shin Tae Yong, pelatih asal korea selatan tersebut ditambah dengan banyaknya pemain naturalisasi yang dimiliki saat ini, diharapkan Indonesia mampu lolos di setiap babak kualifikasi. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...