Home Teknologi Indonesia Kembali Kalahkan Malaysia dalam Peringkat Indeks Inovasi Global

Indonesia Kembali Kalahkan Malaysia dalam Peringkat Indeks Inovasi Global

TELENEWS.ID – Global Innovation Index kembali merilis peringkat Indeks Inovasi Global 2021 dan menempatkan Indonesia pada peringkat ke-87. Peringkat Indonesia ini mengalami penurunan dua tingkat dibanding tahun sebelumnya.

Global Innovation Index adalah peringkat yang dibuat oleh The World Intellectual Property Organization (WIPO) untuk menilai input dan output inovasi dengan 81 indikator. Salah satu indikator penilaian adalah bidang pendidikan seperti posisi perguruan tinggi dalam peringkat dunia, skor PISA, jumlah lulusan dalam bidang sains dan engineering, dan lain-lain.

Dalam perilisan peringkat kali ini, WIPO juga menilai inovasi suatu negara berkaitan dengan bagaimana negara tersebut tetap meningkatkan inovasi di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan walaupun pandemi masih menjangkit hingga sekarang, namun ada negara yang tidak kehilangan dana investasinya dari negara lain.

Selain itu WIPO juga menjadi faktor kuat untuk suatu negara meningkatkan bidang pendidikan mereka terutama perguruan tinggi. Indonesia dinilai memiliki perguruan tinggi yang cukup berkualitas dan lulusannya mampu bersaing di pasar global. Hal ini dapat diihat dari indicator QS university rangking, dimana Indonesia berada di peringkat ke-34. Kolaborasi yang dilakukan perguruan tinggi di Indonesia dengan perguruan tinggi negara lain juga menempati posisi ke-27.

Dari kategori pendapatan, Indonesia masuk ke dalam kelompok upper middle income dan berada di posisi ke-27. Peringkat ini jauh dibawah China, Bulgaria, dan Malaysia yang masing-masing menempati peringkat pertama, kedua, dan ketiga.

Sedangkan dalam kategori kawasan, Indonesia menempati posisi ke-14 dalam area Asia Tenggara, Asia Timur, dan Oceania. Dalam kategori ini, Indonesia juga masih kalah dibandingkan negara tetangganya, Malaysia dan Singapura.

Berikut ini adalah peringkat yang dirilis Global Innovation Index untuk kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, dan Oceania.

  1. Korea
  2. Singapura
  3. China
  4. Jepang
  5. Hongkong
  6. Australia
  7. Selandia Baru
  8. Malaysia
  9. Thailand
  10. Vietnam
  11. Filipina
  12. Mongolia
  13. Brunei Darussalam
  14. Indonesia
  15. Kamboja
  16. Laos
  17. Myanmar
Baca juga :  Pelupa? Apple Rilis AirTag Untuk Solusinya

Namun Indonesia memiliki kelemahan pada bidang pendidikan yang menyebabkan peringkat Indeks Global Inovasi 2021, masih berada di bawah Malaysia. Salah satu penyebabnya adalah kurang knowledge workers atau tenaga kerja intelektual. Dalam indikator ini, Indonesia menempati posisi ke-126.

Sedangkan Malaysia dengan kualitas pendidikannya yang semakin membaik, Malaysia juga memiliki banyak lulusan dari engineering dan sains. Faktor inilah yang membawa Malaysia menjadikannya salah satu negara dengan Indeks Global Innovation terbaik di Asia. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...