Home Ekonomi Ingin Angkat Pendapatan Petani Teh Indonesia, ID FOOD Ciptakan Ekosistem Baru

Ingin Angkat Pendapatan Petani Teh Indonesia, ID FOOD Ciptakan Ekosistem Baru

TELENEWS.ID – Indonesia memiliki rumah produksi skala besar ataupun kecil dengan pengolahan daun teh berkualitas terbaik.

Guna meningkatkan penghasilan dari para petani teh di Indonesia, maka ID FOOD sebagai holding pangan dengan anak usaha sektor Pertanian dan Agro Industri PT Mitra Kerinci mengajak sektor UMKM, Pemerintah Daerah, Petani, dan juga stakeholders untuk bisa meningkatkan budaya teh Indonesia.

“Kami berupaya ciptakan ekosistem teh dengan mengangkat kembali budaya teh Indonesia gandeng UMKM dan Petani lokal di Kabupaten Solok Sumatera Barat,” kata Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD, Frans Marganda Tambunan pada 3 Agustus 2022.

Bisa dikatakan komoditas teh ini hampir sama nilainya seperti komoditas kopi Indonesia yang mana telah ada variasi penyajiannya hingga tersedia di berbagai pusat belanja.

Selain itu Frans juga mengatakan dari wujud ekosistem teh juga memanfaatkan peluang pasar di sektor komoditas kopi dan digabungkan dengan pangsa pasar market konsumsi teh yang bisa diproduksi dari hasil olahan petani dan dari sisi perkebunan Mitra Kerinci di daerah Sumatera Barat tepatnya Kabupaten Solok Selatan.

“Ekosistem itu diwujudkan dari hulu perkebunan teh Kerinci kemudian di hilir kami gandeng komunitas kopi dalam penetrasi pasarnya seperti pada kegiatan festival teh dan kopi sinergi UMKM binaan dan petani,” kata Frans Marganda.

Frans juga memberi data mengenai jumlah produksi teh pucuk basah yang mana nilainya sampai Semester I 2022 tercatat mencapai angka 4.780 ton atau sekitar 69% dari semua total target di tahun 2022 dengan angka 78%.

Kemudian ada pengolahan hingga produksi teh kering dengan total angka per Semester I 2022 ini mencapai 1.186 ton hingga 73% dari semua target 2022 dengan capaiannya 79%.

Baca juga :  Referendum Minyak Sawit Swiss, Akankah Menguntungkan Indonesia?

“Kami melihat komoditas teh Indonesia juga memiliki potensi ekspor, pada tahun 2022 ini terdapat minat ekspor teh Indonesia dengan negara tujuan Taiwan, Malaysia, Jerman, dengan produk black tea dan special tea, sementara minat konsumsinya produk green tea menjadi favorit konsumsi lokal di Indonesia,” kata Frans.

Komoditas teh di Indonesia sendiri masih terus memberi poin penting meningkatkan kesejahteraan petani teh. Karena itu ID FOOD dengan semua bentuk kerjasama diharapkan bisa meningkatkan potensi terbaik yang saat ini dapat dinikmati masyarakat. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...