Home Gaya hidup Ingin Berumur Lebih Panjang? Lakukan Saja Aktivitas Ini Selama 10 Menit Setiap...

Ingin Berumur Lebih Panjang? Lakukan Saja Aktivitas Ini Selama 10 Menit Setiap Harinya

TELENEWS.ID – Aktivitas fisik yang tidak berlebihan dan dilakukan secara rutin, dikaitkan dengan kesehatan prima manusia dan mencegah berbagai masalah kesehatan serius. Karena itulah generasi millenial yang menjalani gaya hidup sedentary dimana mereka lebih sering duduk dan rebahan, sebaiknya mulai menjalani gaya hidup aktif mulai dari sekarang juga.

Gaya hidup aktif bisa dilakukan dengan menjalani olahraga secara rutin. Nah salah satu olahraga atau aktivitas fisik yang sederhana, murah dan bisa dilakukan dimana saja adalah jalan kaki.

Menurut penelitian baru yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, berjalan kaki secara rutin selama 10 menit saja setiap harinya, bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Menurut penelitian, hanya dengan 10 menit berjalan kaki atau beberapa jenis aktivitas fisik moderat lainnya setiap hari, dapat membantu mencegah lebih dari 110.000 kematian setiap tahun.

Ini adalah studi pertama yang menggunakan akselerometer atau alat pelacak aktivitas, untuk memperkirakan bagaimana lebih banyak aktivitas fisik dapat mencegah kematian.

Sejumlah praktisi kesehatan merekomendasikan orang dewasa untuk berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggu, untuk membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan mencegah kematian dini. Tetapi bagi banyak orang, 150 menit itu yang secara realistis berarti 30 menit sehari, lima hari seminggu adalah target yang sulit untuk dicapai.

Sebuah temuan yang dipresentasikan di seminar Epidemiologi dan Pencegahan Asosiasi Jantung Amerika, menemukan bahwa orang yang melakukan lebih banyak jalan kaki setiap hari memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah daripada mereka yang kurang aktif.

Selain itu penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa berjalan kaki memiliki berbagai efek kesehatan yang positif, mulai dari perbaikan kardiovaskular, kualitas tidur yang lebih baik, dan peningkatan kesehatan mental.

“Berjalan kaki adalah bentuk olahraga sedang yang paling mudah dan murah. Selain sepatu yang mendukung, aktivitas ini tidak memerlukan peralatan khusus, kamu bahkan tidak memerlukan pakaian khusus,” ujar Dr. Elizabeth Gardner, seorang spesialis kedokteran olahraga Yale Medicine.

Selain itu berjalan kaki atau naik sepeda baik untuk kesehatan fisik dan mental dan akan membantu membuat orang lebih sehat dan lebih bahagia. Selain itu studi JAMA juga menemukan bahwa menambahkan 10 menit berjalan kaki sudah cukup untuk berdampak baik untuk kesehatan. Studi ini juga menemukan bahwa semakin banyak olahraga yang kita lakukan meskipun dalam taraf moderat atau sedang, maka semakin besar juga manfaatnya.

Baca juga :  Penelitian Ini Ungkap Kepribadian Seseorang Berdasarkan Aroma Parfum Favoritnya

Misalnya, para peneliti memperkirakan bahwa jika setiap orang menambahkan 20 menit berjalan kaki ke rutinitas mereka setiap hari, kita secara kolektif dapat menghindari 209.459 kematian dini per tahun. Berjalan selama 30 menit diklaim juga dapat mencegah 272.297 risiko kematian dini setiap tahunnya.

Jalan kaki bisa menjadi cara yang baik untuk memulai hari atau meningkatkan energi di sore hari. Tetapi ada dua hal yang perlu diingat sebelum melakukannya. Pertama kamu harus memastikan peningkatan aktivitas dari yang ringan menuju sedang hingga berat. “Indikasi terbaik kamu melakukan aktivitas sedang atau berat adalah napas yang relatif pendek, di mana kamu akan kesulitan untuk melakukan percakapan,” kata Mercedes Carnethon, PhD, profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg

Baca juga :  PTM Terbatas Mulai Dilaksanakan, Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Anak Saat Kembali Sekolah

Yang kedua apa pun bentuk aktivitas fisik yang kamu pilih, pastikan untuk tetap melakukannya secara rutin dan konsisten. “Orang-orang yang berhasil dalam membangun kebiasaan mengintegrasikannya ke dalam gaya hidup mereka pada waktu dan tempat yang cocok untuk mereka. Yang terbaik adalah memastikannya akan kamu lakukan rutin setiap hari” imbuh dokter Carnethon lagi.

Untuk memulai kebiasaan jalan kaki selama 10 menit setiap harinya, kamu tidak perlu berkomitmen untuk berjalan-jalan yang jauh. Kamu bisa memulainya dengan berkeliling sekitar rumah atau tempat tinggalmu. Kamu juga bisa menggabungkan dengan aktivitas menyenangkan lainnya seperti sambil membawa anjing atau kucingmu berjalan-jalan.

Lebih banyak berjalan kaki secara rutin setiap hari telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti kondisi jantung yang lebih baik, kualitas tidur yang lebih baik, dan kesehatan mental yang lebih positif. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...