Home Gaya hidup Ingin Menikah Beda Agama Seperti Ayu Kartika Dewi? Pertimbangkan 4 Hal Ini...

Ingin Menikah Beda Agama Seperti Ayu Kartika Dewi? Pertimbangkan 4 Hal Ini Dulu Guys!

TELENEWS.ID – Nama staf khusus Kepresidenan, Ayu Kartika Dewi mendadak ramai jadi perbincangan publik. Ayu jadi pembicaraan khalayak ramai karena menikah beda agama dengan pasangannya, Gerald Sebastian.

Bukan karena pernikahan beda agama yang membuat heboh, Ayu rupanya melakukan akad sekaligus pemberkatan saat menikah dengan Gerald. Selain melakukan akad nikah di Hotel Borobudur Jakarta secara Islam, Ayu dan pasangannya kemudian melakukan misa pemberkatan di Katedral Jakarta.

Ayu juga sempat menyiarkan prosesi pernikahannya ini di kanal YouTube miliknya. Selain itu melalui akun media sosial miliknya, Ayu juga meminta doa dari semua orang.

“Dengan penuh syukur, kami memohon dukungan dan doa dari keluarga, sahabat, teman, dan semuanya untuk kelancaran pernikahan kami hari ini,” tulis Ayu di akun Instagram miliknya.

Sosok Ayu sendiri menjadi salah satu staff Kepresidenan yang kerap membicarakan mengenai toleransi. Ayu agaknya juga sudah siap dengan segala kontroversi mengenai pernikahannya dengan Gerald ini.

Di Indonesia sendiri pernikahan beda agama atau “interfaith marriage” masih menjadi salah satu hal yang tabu dan kontroversial. Akan tetapi agaknya seiring dengan perkembangan zaman, banyak generasi muda yang nekat melakukan pernikahan beda agama seperti yang dilakukan Ayu Kartika Dewi ini.

Akan tetapi tentu saja banyak hal yang perlu dipertimbangkan masak-masak jika ingin menikah dengan seorang yang berbeda keyakinan denganmu.

Charles Joanides, seorang terapis pernikahan yang berbasis di Newburgh, New York, mengatakan bahwa salah satu masalah paling umum yang dia lihat muncul dalam praktik pernikahan beda agama adalah bahwa pasangan tidak jujur satu sama lain; dengan diri mereka sendiri tentang perbedaan agama dengan pasangannya.

“Banyak yang akhirnya mengorbankan atau memisahkan bagian-bagian penting dari diri mereka untuk melindungi hubungan dan/atau menjaga perdamaian dengan pasangan” kata Joanides.

Baca juga :  Bahayanya Hand Sanitizer untuk Anak-Anak

“Mereka berhenti berpartisipasi dalam ritual dan perayaan yang signifikan dalam agama mereka sendiri, dan menerima cara yang tidak terlalu ofensif dan mudah untuk mengakui perayaan keagamaan lain seperti Paskah, Natal, Hanukkah atau Ramadan,” lanjutnya lagi.

Karena itulah ada beberapa hal penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum menikah beda agama, seperti:

  1. Pandangan masyarakat dan keluarga. Tentu saja menikah beda agama akan membuatmu menjadi pusat perhatian diantara keluarga dan lingkungan sekitarmu. Kamu harus memikirkan apakah sudah siap dengan omongan dan juga tantangan dari keluarga atau masyarakat, terkait pernikahan beda agamamu ini.
  2. Ritual keagamaan seperti apa yang akan kamu gunakan dalam prosesi pernikahan?. Kamu juga perlu memikirkan hal ini sebab di Indonesia sendiri, belum melegalkan secara pasti pernikahan beda agama. Artinya kamu bisa saja diminta untuk memilih ritual pernikahan seperti apa yang akan digunakan dalam pernikahanmu nantinya.
  3. Jangan pernah mencoba memaksakan keyakinanmu pada pasanganmu. Kamu harus berhenti berpikir untuk mengubah agama pasangan. Kamu harus menghargai latar belakang dan kepribadian mereka. Jangan mengkritik keyakinan dan praktik keagamaan pasangan. Ingat, keyakinan mereka adalah bagian penting dari hidup mereka.
  4. Tradisi agama seperti apa yang akan diajarkan pada anak kalian kelak?. Terlepas dari tantangan yang datang dengan membesarkan keluarga beda agama, penelitian menunjukkan bahwa banyak pasangan tidak membahas bagaimana mereka akan membesarkan anak-anak mereka sebelum mereka menikah. Kamu wajib membicarakan hal ini secara baik dan menghormati dengan pasanganmu. Banyak keluarga yang menikah beda agama membiarkan anak mereka memilih sendiri agama yang akan dianutnya. Ada juga pasangan beda agama memutuskan untuk mengikuti salah satu tradisi dari kedua agama mereka.
Baca juga :  Bukan Operasi Plastik, Ini 7 Cara Alami Mengatasi Payudara yang Kendur

Itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan masak-masak dan mendalam sebelum memutuskan menikah beda agama. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...