Home Gaya hidup Ingin Sehat dan Panjang Umur? Coba 6 Tips Berhenti Merokok dari Dokter...

Ingin Sehat dan Panjang Umur? Coba 6 Tips Berhenti Merokok dari Dokter Ini!

TELENEWS.ID – Merokok memang erat kaitannya dengan gaya hidup yang tidak sehat. Berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga parah dan mematikan, dikaitkan dengan kebiasaan merokok yang dilakukan oleh seseorang.

Merokok adalah penyebab utama kematian, penyakit, dan kecacatan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Merokok dapat merusak hampir setiap organ dalam tubuh. Dengan demikian perokok lebih berisiko mengalami penyakit jantung, kanker paru-paru, dan stroke.

Percayalah sejatinya banyak perokok yang mengetahui efek buruk dari kebiasaan mereka ini. Hanya saja, banyak dari mereka yang sangat sulit sekali untuk berhenti merokok. Padahal menurut Dr. Nate Hatton, seorang spesialis paru-paru, berhenti merokok sesegera mungkin bisa memperpanjang harapan hidup seseorang.

“Semakin cepat seseorang berhenti merokok, semakin sedikit penyakit paru-paru yang akan mereka derita, yang berarti kualitas hidup juga akan selalu lebih baik” ujar Dr. Horton.

“Akan tetapi sebaliknya, semakin banyak kamu merokok, semakin kamu berpotensi mengalami kerusakan paru-paru. Jadi berhenti merokok lebih awal sebelum seseorang mengalami gejala atau masalah kerusakan paru-paru, jelas akan meningkatkan kualitas hidup mereka” tambahnya lagi.

Berhenti merokok bukan hal yang mudah dilakukan. Ini karena nikotin yang merupakan senyawa kimia dalam rokok, sangat adiktif. Nikotin mengaktifkan reseptor di otak yang melepaskan dopamin kimia yang membuat seseorang merasa lebih baik.

Ketika mereka berhenti merokok, reseptor tersebut tidak lagi menerima respons kesenangan yang sama. Hal ini membuat para perokok mengalami gejala yang tidak menyenangkan seperti kecemasan, lekas marah, suasana hati yang tertekan, dan kesulitan fokus dan tidur, yang dapat memotivasi mereka untuk menyulut rokok lagi agar merasa lebih baik.

Namun dokter Wolfram Schwarz, MD, seorang dokter penyakit dalam, punya kiat berhenti merokok yang mungkin sangat layak untuk dicoba!

  1. Miliki motivasi yang kuat
    Dr. Schwarz menyarankan agar para perokok memiliki motivasi yang kuat untuk berhenti merokok. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa kebanyakan orang berhenti merokok baik karena kondisi kesehatan saat ini atau untuk menghindari masalah kesehatan di masa depan.
  2. Lakukan pelan-pelan
    Menghilangkan rokok secara tiba-tiba dan sepenuhnya mungkin tidak realistis, terutama jika kamu seorang perokok berat atau telah lama merokok. Ada banyak cara untuk mengurangi kebiasaan merokok secara bertahap, dan mungkin diperlukan beberapa percobaan untuk menemukan cara yang cocok untuk mengurangi rokok.
  3. Jalani pola hidup aktif
    Studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik terutama aktivitas kardio seperti berlari, bersepeda, menari, dan berenang, dapat mengurangi keinginan untuk merokok. Sebuah studi tahun 2018 terhadap wanita yang merokok setiap harinya, menemukan bahwa latihan aerobik mengurangi kecemasan dan keinginan mereka untuk merokok.
  4. Sibukkan mulut dan tanganmu
    Hobi seperti merajut, menulis jurnal, menjahit, berkebun, membuat scrapbook, memasak, bisa membuat tangan sibuk sehingga menghindari keinginan untuk meraih rokok. Ketika kamu ingin merokok, cobalah mengunyah permen karet, permen mint, lolipop, atau menggigit tusuk gigi dengan lembut. Kamu juga dapat menyimpan camilan sehat seperti wortel, seledri, apel, dan almond yang bisa dikonsumsi saat keinginan merokok muncul lagi.
  5. Cobalah terapi
    Dr. Schwarz menyarankan terapi atau bantuan medis profesional bagi mereka yang benar-benar kesulitan untuk berhenti merokok. Penelitian telah menunjukkan bahwa terapi perilaku kognitif yang ditujukan untuk mengubah kebiasaan dan perilaku yang tidak diinginkan dengan menantang pola pikir negatif, mungkin sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin berhenti merokok.
  6. Jauhi pemicu keinginan untuk merokok
    Penting untuk mengidentifikasi peristiwa, aktivitas, atau pemicu lain yang meningkatkan keinginan untuk merokok. Menurut Dr. Schwarz, menjauhi pemicu keinginan merokok adalah bagian tersulit untuk berhenti, tetapi juga yang paling penting untuk mencegah keinginan kembali merokok.
Baca juga :  Ini Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Baca juga :  Selalu Ada Saat Dibutuhkan, Inilah 5 Zodiak yang Paling Tulus dan Perhatian pada Sahabat Mereka

Itulah 6 hal yang bisa kamu coba untuk berhenti merokok, demi hidup lebih sehat dan harapan hidup yang lebih panjang. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...