Home Nasional Ini Jawaban PLN, Soal Keluhan Masyarakat Listrik Naik

Ini Jawaban PLN, Soal Keluhan Masyarakat Listrik Naik

TELENEWS. id, JAKARTA – Executif Vice President Cirporate Communication dan CSR PT PLN (persero),  I Made Suprateka menjawab keluhan masyarakat soal tagihan listrik yang dianggap naik dalam dua bulan terakhir. 

Made mengatakan,  kenaikan tagihan listrik itu disebabkan lantaran perilaku konsumen yang berubah. Selama masa pandemi Covid-19, penggunaan aktivitas di rumah meningkat,  hal  ini otomatis semakin banyak dam penggunanaan listrik. 

“Tidak benar PLN melakukan kenaikan tarif. Kenaikan ini karena perilaku konsumen yang berubah selama masa PSBV, ” kata Made dalam konfrensi pwrs virtual di Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Dia menjelaskan,  pada bulan Maret,  PLN tidak melakukan pencatatan meter. Tetapi menggunakan  kebijakan rata-rata pemakaian pada tiga bulan sebelumnya yaitu Desember, Januari dan Februari. 

“Sebagai contoh,  apabila tiga bulan terakhir pemakaian sebesar 50 Kwh,  maka pada Maret 2020 akan di dapar tagihan sebesar 50 Kwh. Tapi karena masyarakat mulai bekerja dari rumah,  sehingga tagihan listrik ada yang naik menjadi 70 Kwh, ada sisa 20 Kwh belum dibayarkan,” jelasnya. 

Kemudoan pada April,  tagihan listrik memuncak karena aturan PSBB,  semakin ketat sehingga diasumsikan tagihan listrik Naik 90 Kwh. 

Sehingga,  tagihan tersebut akan ditambahkan dengan 20 Kwh pada Maret 2020, sehingga totalnya menjadi 110Kwh. 

“Jadi inilah terkesan masyarakat merasakan kenaikan listrik berkali-kali lipat dari pemakaian normal, ” ungkapnya. 

Sementara itu, ia menyebutkan,   terkait tarif dasar listrik seluruh golongan tarif tidak mengalami kenaikan,  termasuk rumah tangga daya 900 Volt Ampere ( VA)  Rumah Tangga Mampu (RTM) dan diatasnya. (Panjaitan).

Baca juga :  Saat ini PLN Sebagai OS dan Humas Kartel Listrik Swasta !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...