Home Gaya hidup Ini Waktu dan Cara yang Tepat Untuk Mencuci Muka agar Wajah Glowing...

Ini Waktu dan Cara yang Tepat Untuk Mencuci Muka agar Wajah Glowing dan Sehat

TELENEWS.ID – Mencuci muka adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh siapa dan kapan saja. Mencuci muka juga jadi salah satu cara yang direkomendasikan oleh banyak dokter kulit dan ahli kecantikan untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Namun tentu saja mencuci wajah berbeda dengan mencuci anggota tubuh yang lainnya. Ini karena kulit wajah cenderung lebih sensitif sehingga sabun atau pembersih tubuh pada umumnya, kurang cocok jika dipakai untuk wajah. Karena itulah sekarang kita bisa jumpai berbagai merk facial foam atau busa pembersih wajah dengan formula yang lembut dan bisa mengangkat kotoran hingga ke pori-pori wajah.

Akan tetapi facial foam saja tidak cukup untuk menjaga kulit selalu sehat dan glowing. Mungkin menurutmu mencuci muka nampaknya cukup mudah. Cukup percikan air, gosokkan sedikit pembersih wajah yang lembut, dan bilas. Tetapi mencari tahu cara mencuci wajah yang benar membutuhkan sedikit usaha. Faktanya, jenis kulit tertentu hanya bisa mendapat manfaat dari rutinitas mencuci wajah tertentu juga.

Membersihkan kulit secara menyeluruh penting untuk membersihkan kotoran, mengangkat sel kulit mati, sisa riasan, dan hal lain yang mungkin menyumbat pori-pori atau menyebabkan kulit kusam. Dan tergantung pada jenis pembersih yang digunakan, itu juga dapat membantu merawat kondisi kulit tertentu, seperti jerawat, komedo dan sebagainya.

Kapan waktu yang tepat untuk mencuci wajah?
Bagi kebanyakan dari kita, harus mencuci wajah sebanyak dua kali sehari yaitu di pagi dan sore hari. Atau minimal cucilah muka setiap malam. Mencuci muka di malam hari pada dasarnya adalah hal awal yang harus dilakukan untuk perawatan kulit, dan itu berlaku bahkan jika kamu tidak memakai riasan di malam hari.

“Pada siang hari, minyak alami dan keringat menumpuk di kulit,” kata Joshua Zeichner, M.D., direktur Riset Kosmetik Klinis dan Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City. “Kulit kita terpapar lingkungan setiap hari, yang berarti kotoran dan polusi menumpuk di lapisan kulit luar kita” tambahnya lagi.

Baca juga :  Wanita Ini Hasilkan Rp190 Juta dari Jual ASI Khusus untuk Binaragawan, Tuai Pro-Kontra Warganet

Karena itulah menurutnya lagi untuk mengatasi kulit kering dan kusam, kamu wajib untuk mencuci muka di malam hari meskipun tidak ada riasan yang kamu pakai di malam itu. Sementara itu menurut Rachel Nazarian, M.D., dokter kulit di Schweiger Dermatology Group di New York dan New Jersey; waktu kedua yang tepat untuk mencuci muka adalah pagi hari.

Hal ini lantaran saat tidur mungkin wajahmu terkena air liur atau keringat dan minyak, yang bercampur dengan bakteri pada bantal sehingga bisa menyebabkan masalah pada kulit jika dibiarkan begitu saja. “Saat kamu tidur di malam hari, bakteri dari air liur dan minyak dari rambut dengan mudah berpindah ke wajah dan mata” begitu kata Dr. Nazarian.

Cara yang tepat mencuci muka
Singkatnya cara yang tepat untuk mencuci muka adalah dengan cepat, namun lembut dan menyeluruh.

Baca juga :  Membantu Tumbuhkan Rasa Empati, Ini 4 Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih Seperti Easy On Me dari Adele

Untuk mencuci wajah dengan benar, Jerome Garden, M.D., direktur Physicians Laser and Dermatology Institute di Chicago, merekomendasikan untuk membasahi wajah dengan air hangat (bukan air panas), dan menggunakan ujung jari untuk mengoleskan pembersih dengan gerakan melingkar.

“Pastikan untuk mencuci zona-T dan zona-U (di sekitar garis rahang), karena ini adalah area yang cenderung diabaikan orang,” tambah Dr. Garden. Dan tentang suhu air, memang menggunakan air panas di kamar mandi untuk mencuci muka terasa sangat menyenangkan, tetapi sebenarnya hal itu dapat merusak kulit di wajah.

Itulah cara dan waktu yang tepat untuk mencuci wajah agar kulit mukamu tetap sehat dan glowing. Selamat mencoba! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...