Home Gaya hidup Fashion Inilah 5 Jenis Baju Cheongsam yang Harus Diketahui oleh Para Fashionista

Inilah 5 Jenis Baju Cheongsam yang Harus Diketahui oleh Para Fashionista

TELENEWS.ID – Imlek sebentar lagi akan tiba. Semarak Imlek yang jatuh pada Selasa, 1 Februari 2022 esok, bahkan sudah terasa sejak beberapa hari yang lalu. Selain dekorasi dan hidangan khas Imlek, busana Cheongsam juga kini mulai menjadi trend yang banyak ditawarkan di berbagai pusat perbelanjaan.

Cheongsam menjadi busana etnis Tionghoa yang selalu tampak menonjol dan dikenakan oleh kaum wanita pada perayaan Imlek. Cheongsam, juga dikenal sebagai qipao, adalah jenis busana khas etnis Tionghoa berleher tinggi, pas badan, seringnya berlengan pendek, dengan belahan rok di bagian samping.

Cheongsam adalah versi modifikasi dari pakaian dinasti Qing, dan merupakan pakaian formal selama tahun 1900-an. Potongan untuk kerah samping melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Panjang cheongsam juga mewakili status sosial pemakainya, karena pakaian yang lebih panjang tidak cocok untuk pekerjaan kasar. Di era Republik, cheongsam adalah pakaian para sarjana terpelajar.

Cheongsam menjadi penanda budaya pada perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek. Para wanita etnis Tionghoa akan mengenakan cheongsam berwarna merah, karena warna merah melambangkan kebahagiaan, keberuntungan, kecukupan dan kemakmuran.

Cheongsam adalah pilihan pakaian yang populer untuk perayaan Tahun Baru Imlek. Di negara-negara dengan populasi etnis Tionghoa yang signifikan seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong dan Taiwan; sangat umum bagi wanita untuk memiliki cheongsam baru yang disesuaikan untuk persiapan Imlek.

Perbedaan utama dari setiap cheongsam adalah bahan yang digunakan. Selain itu, desainnya terserah pilihan designernya, dan berikut adalah berbagai jenis Cheongsam yang harus diketahui oleh para fashionista:

  1. Cheongsam berbahan sutra
    Sutra adalah jenis kain mewah untuk gaun cheongsam yang terkenal dengan teksturnya yang halus dan lembut. Banyak cheongsam yang elegan dibuat dengan sutra. Karena sutra mengkilap dan dapat diwarnai dengan mudah, cheongsam sutra sering kali tersedia dalam berbagai warna. Cheongsam berbahan sutra sendiri harganya cukup mahal, dan perlu perawatan ekstra bagi mereka yang memilikinya.
  2. Cheongsam brokat
    Brokat adalah kain tradisional untuk sebagian besar pakaian khas Cina. Kain ini adalah simbol kekayaan, serta digunakan oleh sebagian besar bangsawan di zaman kuno. Kain brokat adalah kain tenun yang kuat dan memiliki desain berpola rumit yang menampilkan simbol keberuntungan seperti naga, burung phoenix atau bunga sakura; dengan benang emas dan perak. Banyak brokat cheongsam juga dipasangkan dengan simpul pankou atau kancing katak yang rumit.
  3. Cheongsam kain renda atau lace
    Kain renda atau lace kini serig dipakai untuk Cheongsam modern yang memberikan kesan romantis, dan terlihat bagus saat dikenakan. Cheongsam dari kain ini lebih transparan dan ringan saat disentuh, dan pemakainya bisa merasa nyaman. Kain renda memberikan cheongsam nuansa ringan dan terbuka, dengan sentuhan romantis yang elegan.
  4. Cheongsam katun
    Katun mungkin bahan yang paling populer untuk cheongsam yang lebih santai dan dipakai sehari-hari. Banyak orang memilih cheongsam berbahan katun, karena harganya yang terjangkau dan awet. Selain itu kain katun lebih menyerap keringat, dan lembut untuk disentuh. Untuk perayaan Imlek, banyak juga jenis cheongsam berbahan katun yang simpel namun tetap elegan.
  5. Cheongsam beludru
    Velvet atau beludru adalah jenis kain melar yang biasanya terbuat dari bahan katun, sutra, atau rayon. Kain ii memiliki bulu kecil di permukaan dengan tekstur halus dan lembut. Permukaan yang mengkilap dan tidak berbulu saat digunakan untuk cheongsam, memberikan kesan kemewahan dan kebangsawanan. Cheongsam beludru ringan tapi hangat dan biasanya dipakai di musim gugur atau musim dingin.
Baca juga :  Heboh Proyek Gorden DPR 48 Miliar, Ini Tips Merawat Gorden Agar Awet
Baca juga :  Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19

Itulah beberapa tipe cheongsam yang harus diketahui oleh para fashionista, menjelang perayaan Imlek seperti sekarang ini. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...