Home Gaya hidup Kesehatan Inilah 5 Makanan Yang Dipercaya Mengurangi Efek Tidak Enak Badan Setelah Vaksin...

Inilah 5 Makanan Yang Dipercaya Mengurangi Efek Tidak Enak Badan Setelah Vaksin COVID-19

TELENEWS.ID-Minat masyarakat untuk mendapatkan suntikan Vaksin COVID-19 memang semakin meningkat pesat. Agaknya masyarakat sudah mulai aware dan memahami manfaat dari suntikan vaksin di masa pandemi ini. Namun tetap saja ada yang masih ragu-ragu untuk medapatkan suntikan vaksin COVID-19 ini.

Salah satunya ada sejumlah orang yang mengalami efek kurang mengenakan setelah menjalani vaksin. Mulai dari demam, sakit kepala, badan terasa pegal, pusing dan juga kelelahan. Hal ini membuat banyak orang merasa enggan untuk melakukan vaksin, karena mengkhawatirkan efek yang akan mereka rasakan setelah menerima suntikan vaksin COVID-19 ini.

Dr Nitin Desai, CEO and Chief Marketing Officer Covid PreCheck mengungkapkan sejatinya manusia tak perlu mengkhawatirkan efek seperti demam atau kurang enak badan yang mereka rasakan setelah vaksin. Menurut Dr. Nitin, demam ini menjadi pertanda bahwa tubuh sedang berperang melawan virus. Selain itu suhu tubuh yang tinggi membuat virus menjadi kesulitan dan tak bisa terus tinggal di dalam tubuh manusia.

Selain itu vaksin juga memicu respon peradangan imun tubuh yang menghasilkan protein bernama sitoksin. Sitoksin inilah yang memberikan efek kurang enak badan setelah vaksin. Karena itulah agar tak terjadi badai sitoksin yang membuat tubuh justru semakin drop, kamu perlu melawannya dengan mengkonsumsi makanan yang semakin membantu memperkuat imun tubuh setelah vkasin COVID-19, apa sajakah itu?

  1. Mengkonsumsi sup
    Tubuh wajib dan harus tetap terhidrasi setelah mejalani vaksin. Selain banyak minum air putih dan konsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi, kamu juga disarankan untuk mengkonsumsi sup. Sup sayuran, sup daging atau kombinasi keduanya menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuhmu setelah menjalani vaksin. Sup sayuran dan daging sangat bermanfaat karena membantu mengatasi terjadinya peradangan di dalam tubuh, dan akan membuatmu merasa nyaman dan segar kembali.
  2. Perbanyak konsumsi sayuran hijau
    Berbagai jenis sayuran terutama yang berdaun hijau jadi makanan super yang direkomendasikan bagi kamu yang baru saja menerima suntikan vaksin. Selain itu kamu juga disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, bok choy atau kale yang memiliki kandungan anti oksidan sangat tinggi, sehingga membantu mengurangi efek inflamasi setelah vaksin.
  3. Tambahkan bawang putih atau bawang bombai di dalam masakanmu
    Bawang putih menjadi bumbu wajib pada kebanyakan masakan di tanah air. Namun selain melezatkan dan menambah aroma, bawang putih juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kita. Bawang putih dan bawang bombai adalah prebiotik alami yang menjadi makanan untuk bakteri sehat di dalam usus. Selain itu kedua jenis bawang ini memiliki kandungan selenium dan Vitamin C, yang membantu untuk meningkatkan imun tubuh juga.
  4. Konsumsi ikan laut
    Berbagai jenis ikan laut seperti salmon, makarel dan sardin juga bisa jadi rekomendasi makanan sehat yang bisa kamu santap setelah vaksin. Ikan laut ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang membantu untuk mengurangi efek peradangan di dalam tubuh. Karena itulah untuk mengurangi efek seperti demam setelah vaksin, maka perbanyaklah konsumsi ikan laut ini.
  5. Perbanyak konsumsi tomat juga
    Selain memiliki rasa yang manis asam segar, tomat juga merupakan salah satu buah yang tinggi kandungan nutrisi di dalamnya. Tomat diketahui memiliki kandungan vitamin C, potasium dan likopen. Likopen dalam tomat juga berfungsi sebagai anti oksidan yang membantu mengurangi efek peradangan atau inflamasi di dalam tubuh.
Baca juga :  Mantap!!, Warga Apartemen Cibels Cinere Mendapatkan Vaksinasi Covid-19
Baca juga :  Potensi Herbal dan Jamu dalam Mengatasi Pandemi COVID-19

Kamu bisa menyantap tomat segar yang sudah dicuci bersih, atau menjadikannya sebagai jus, campuran salad serta sup. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...