Home Gaya hidup Inilah 5 Tips untuk Memilih Softlens yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Inilah 5 Tips untuk Memilih Softlens yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

TELENEWS.ID – Softlens atau lensa kontak jadi pilihan banyak orang selain karena dianggap lebih praktis, bisa menunjang penampilan lantaran tersedia dengan berbagai warna. Karena itulah banyak generasi millenial dan kaum Hawa, yang lebih senang menggunakan lensa kontak atau softlens dibandingkan dengan kacamata konvensional pada umumnya.

Namun ternyata memilih softlens yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bukanlah hal yang mudah dan bisa dianggap remeh. Ingat bahwa ini adalah lensa yang akan bersentuhan langsung dengan mata, sebagai salah satu organ yang cukup sensitif di mata kita. Kurang tepat atau salah memilih lensa kontak bisa berakibat fatal juga pada mata kita guys.

Sebelum memilih softlens yang tepat, kamu harus tahu bahwa lensa kontak sendiri dibedakan menjadi dua jenis. keras atau lunak. Lensa kontak keras diperkenalkan ke masyarakat sebelum lensa kontak lunak. Tapi hari ini, hanya sekitar 10% dari pemakai softlens, masih memakai lensa yang keras.

Sebaliknya, 2 dari 3 orang memilih lensa kontak lunak. Alasannya adalah softlens jenis ini memiliki lebih sedikit risiko infeksi, lebih mudah dirawat, dan lebih nyaman dipakai. Jika kamu belum pernah memiliki lensa kontak sebelumnya, sejumlah ahli mata atau Opthalmologis akan merekomendasikan lensa lunak, kecuali jika kamu memiliki kondisi khusus yang mengharuskan untuk memakai lensa keras.

Selain itu, softlens juga tersedia dalam berbagai pilihan warna sesuai dengan warna mata penduduk dunia ini. Lensa berwarna dapat membantu meningkatkan atau mengubah warna mata. Beberapa jenis softlens berwarna, bahkan dapat mengubah tampilan mata yang gelap secara alami. Lensa berwarna juga dapat memberikan efek khusus, seperti mata kucing atau mata yang besar.

Namun sebelum memilih untuk memakai softlens jenis apa dengan warna yang sesuai keinginanmu, kamu harus tahu beberapa tips memilih kontak lensa berikut ini.

  1. Pertama pastikan kamu sudah mengikuti dan menyelesaikan tes mata
    Untuk memulainya, dokter mata akan melakukan pemeriksaan yang pada dasarnya sama dengan pemeriksaan kesehatan mata biasa. Ini dilakukan untuk memastikan kamu tidak memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya, yang berpotensi mengganggu pemakaian lensa kontak yang nyaman dan sehat. Dokter mata akan melakukan pemeriksaan slit lamp untuk memeriksa jaringan bagian dalam mata dengan hati-hati.
  2. Konsultasikan jenis lensa kontak sesuai dengan kebutuhanmu
    Saat ini ada begitu banyak jenis sotlens di pasaran, dokter mata perlu mengetahui tentang gaya hidup dan aktivitas untuk menentukan lensa mana yang paling tepat untuk kamu gunakan. Mereka akan menanyakan beberapa hal seperti apakah kamu ingin pakai sotlens sekali pakai, atau kontak yang dapat dipakai untuk waktu yang lebih lama? Apakah kamu ingin mengubah warna mata? Apakah kamu berencana untuk memakai softlens setiap hari, atau hanya untuk acara dan aktivitas khusus? dan sebagainya.
  3. Menyesuaikan softlens dengan kebutuhan mata
    Tergantung pada mata, berbagai teknologi dapat digunakan selama pemasangan softlens. Pemasangan lensa kontak yang tidak tepat dapat menyebabkan rasa sakit atau kerusakan pada mata Anda, itulah mengapa sangat penting untuk memiliki pemasangan yang tepat dan menyeluruh yang pastinya harus dilakukan oleh ahli yang profesional.
  4. Pastikan kamu bersedia merawat softlens dengan hati-hati
    Untuk menghindari masalah serius terkait lensa kontak termasuk infeksi mata jamur dan ulkus kornea, penting bagi kamu untuk menggunakan cairan lensa kontak yang direkomendasikan oleh dokter mata. Meskipun kontak sekali pakai telah mengurangi risiko beberapa infeksi mata, perawatan lensa setiap hari tetap penting untuk menjaga kesehatan mata saat memakai softlens. Namun jika kamu merasa tidak sanggup untuk membersihkan dan mendisinfeksi lensa setiap hari, pertimbangkan lensa sekali pakai yang bisa dibuang setelah digunakan seharian.
  5. Pertimbangkan pula harganya
    Saat memilih lensa kontak, kamu akan menemukan bahwa harganya bervariasi berdasarkan banyak faktor. Jenis lensa, merek, lama keausan dan efek softlens akan mempengaruhi harganya. Ada baiknya untuk mendapatkan gambaran tentang biaya lensa kontak sebelum kamu memutuskan untuk memakainya. Persiapkan diri dengan meneliti softlens yang kamu inginkan, dan menghitung berapa biaya yang akan kamu habiskan. Jika kamu membutuhkan softlens yang ramah anggaran, bicarakan dengan dokter untuk menemukan merek yang lebih murah namun dengan kualitas terbaik. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Meski Banyak Promo, Inilah Tips Agar Kamu Tidak Kalap Saat Belanja Online
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...