Home Gaya hidup Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID – Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menyambut Natal. Mulai dari busana, pernak-pernik dan dekorasi Natal, kue-kue kering, makanan , kado dan yang lainnya.

Banyaknya hal-hal yang harus dipersiapkan menjelang Natal terkadang membuat banyak orang mengalami stress dan perasaan cemas sebelum hari raya seperti sekarang ini. Kurangnya waktu dan uang, hutang kartu kredit, dan tekanan pemberian hadiah sering kali dapat menyebabkan stress menjelang Natal seperti sekarang ini.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini dimana banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan kesulitan ekonomi, membuat perayaan Natal seperti sekarang ini memicu stress dan juga tekanan mental. Mungkin kamu tak merasakannya secara langsung, namun stress menjelang perayaan hari raya seperti ini bisa berakibat fatal baik bagi psikis dan fisik kamu.

Sebagian besar dari kita tidak sadar akan efek buruk stress pada tubuh. Padahal kondisi ini dapat memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku, serta dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan obesitas jika dibiarkan.

Dengan semua kegiatan sebelum Natal seperti sekarang ini seperti memasak dan membuat kue kering, mendekorasi rumah, mengunjungi kerabat atau tetangga, dan memberi hadiah, Natal tampak lebih seperti mencoba memenuhi tenggat waktu yang penuh tekanan dan membuat orang melupakan esensi perayaan Natal ini.

Karena itu kamu bisa mencoba strategi menghilangkan stres menjelang Natal berikut ini:

  1. Jangan berlebihan membelanjakan uang
    Tak dapat dipungkiri finansial menjadi salah satu pemicu utama seseorang mengalami stress menjelang hari raya seperti Natal saat ini. Karena itulah kamu harus mulai mengatur mengenai budgeting atau anggaran yang akan kamu habiskan untuk Natal mulai dari sekarang. Tak perlu berlebihan membelanjakan uang untuk kue kering atau kado Natal. Pilihlah orang-orang yang akan kamu prioritaskan untuk diberi kado Natal. Manfaatkan juga diskon dan voucher pada online shop, yang bisa membantumu menekan pengeluaran belanja menjelang Natal.
  2. Turunkan ekspektasimu
    Siapapun pasti ingin merayakan Natal secara sempurna berkumpul bersama dengan orang dekat dan keluarga. Namun sebaiknya kamu tak menempatkan ekspektasi terlalu tinggi untuk Natal kali ini. Ini karena hampir semua orang terkena imbas pandemi jadi mungkin saja kamu tak akan bisa berkumpul dengan keluarga atau teman dekatmu, atau tak mendapatkan bingkisan dari mereka. Kamu juga tak perlu memaksakan diri untuk menciptakan Natal yang meriah dan sempurna untuk keluargamu. Ingatlah esensi Natal yang sebenarnya bukan sekadar hura-hura menikmati waktu berkumpul bersama keluarga bukan?
  3. Persiapkan semuanya jauh-jauh hari
    Dekorasi, kue kering dan kado merupakan dua hal yang bisa kamu siapkan sejak jauh-jauh hari. Jangan menunggu hitungan hari sebelum Natal baru kamu mempersiapkan semuanya. Hal itu akan membuat kamu stress lantaran melakukan banyak pekerjaan dan aktivitas dalam waktu yang bersamaan. Ingatlah untuk mempersiapkan segalanya lebih awal, sehingga menjelang Natal nanti kamu hanya tinggal membenahi hal-hal kecil yang dirasa kurang saja.
  4. Sisihkan waktu untuk dirimu sendiri
    Kamu boleh mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran untuk persiapan Natal, tapi jangan lupa kamu juga harus merawat dirimu sendiri. Jangan sampai stress membuatmu justru tak bisa menikmati Natal dengan gembira. Luangkan waktu untuk “me time” di sela-sela kesibukan mempersiapkan Natal kali ini. Lakukan meditasi, yoga atau pergi ke spa; sekadar untuk relaksasi agar tubuh dan pikiranmu menjadi segar dan siap menyambut Natal.
  5. Minta bantuan keluargamu
    Terkadang banyak orang yang memilih mempersiapkan Natal sendiri karena tak yakin anggota keluarganya bisa membantu mereka. Padahal tak ada salahnya kamu meminta bantuan keluargamu untuk mempersiapkan segala pernak-pernik Natal. Bahkan selain meringankan pekerjaan dan bebanmu, kamu juga bisa menciptakan bonding dan kebersamaan dengan mereka untuk bersama-sama mempersiapkan perayaan Natal tahun ini.
Baca juga :  Diet Pegan, Cara Hidup Sehat Ala Paleo + Vegan
Baca juga :  Hati-hati, Sering Tidur Siang Bisa Membuatmu Terkena Dua Penyakit Berbahaya Ini!

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membebaskan dirimu dari tekanan dan stress menjelang perayaan Natal seperti sekarang ini. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...