Home Gaya hidup Inilah Pola Makan yang Membantu Turun Berat Badan dengan Cepat

Inilah Pola Makan yang Membantu Turun Berat Badan dengan Cepat

TELENEWS.ID – Proses menurunkan berat badan memang butuh perjuangan panjang dan kesabaran. Namun dengan adanya berbagai macam pola diet, kini seseorang bisa memilih metode apa yang paling nyaman ia gunakan dalam program penurunan berat badannya.

Jika menurunkan berat badan yang sehat dalam waktu singkat adalah pilihan ideal untukmu, maka ada satu kebiasaan makan yang harus kamu pertimbangkan.

Dalam ulasan yang diterbitkan di Nature Review: Endocrinology, para peneliti melihat 21 penelitian berbeda dan menemukan bahwa puasa adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, “setidaknya dalam jangka pendek,” menurut Medscape.

Ketika berfokus pada uji coba yang berlangsung sekitar lima sampai 12 minggu, dari 10 sampai 150 peserta terutama Amerika menunjukkan puasa alternatif, makan di waktu terbatas, dan diet 5:2 “semua dapat menghasilkan sekitar 3. % hingga 8% penurunan berat badan selama 8 hingga 12 minggu.”

“Manfaat puasa jauh melampaui penurunan berat badan semata, tetapi penelitian ini meletakkan dasar yang bagus untuk mendorong para pelaku diet untuk mengambil bagian dalam cara penurunan berat badan yang aman dan berkelanjutan” kata Trista Best, Ahli Diet Terdaftar di Balance One Supplements, Spesialis Kesehatan Lingkungan, dan Asisten Profesor Nutrisi.

Salah satu strategi yang menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir disebut intermittent fasting atau puasa intermiten. Puasa intermiten adalah pola makan yang melibatkan puasa jangka pendek yang teratur.

Kebanyakan orang memahami puasa intermiten sebagai intervensi penurunan berat badan. Puasa untuk waktu yang singkat membantu orang makan lebih sedikit kalori, yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Selain itu, puasa intermiten juga dapat membantu memodifikasi faktor risiko untuk kondisi kesehatan seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular, dengan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Baca juga :  Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

Alasan utama puasa intermiten berhasil menurunkan berat badan adalah karena puasa membantu seseorang untuk makan lebih sedikit kalori. Prinsipnya jika kamu tidak kalap saat berbuka atau pada waktu jendela makan, kamu akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Menurut review 2014, puasa intermiten mengurangi berat badan sebesar 3-8% selama 3-24 minggu.

Saat memeriksa tingkat penurunan berat badan, puasa intermiten dapat menghasilkan penurunan berat badan dengan kecepatan sekitar 0,55 hingga 1,65 pon (0,25-0,75 kg) per minggu. Orang-orang juga mengalami pengurangan lingkar pinggang 4-7%, yang menunjukkan bahwa mereka kehilangan lemak perut juga.

Mengenai apa yang harus dilakukan orang jika mereka ingin menggunakan puasa untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang relatif singkat, Best menjelaskan bahwa “saat berpuasa, penting untuk makan makanan seimbang selama jendela makan” begitu katanya.

Meski begitu, Best menyarankan agar tak melakukan puasa intemiten sesuai dengan kemampuan dan tak memperpanjang waktu puasa jika memang sudah benar-benar merasa lapar.

Baca juga :  Kenali Guillain Barre Syndrome, Penyebab Guru Asal Sukabumi Lumpuh Usai Vaksin

“Tergoda untuk bertahan lebih lama tanpa asupan kalori atau makan lebih sedikit kalori daripada yang kamu , bisa saja terjadi selama jendela makan. Namun ini akan mengakibatkan metabolisme yang melambat, penurunan berat badan yang tidak stabil, dan pada akhirnya justru meningkatkan kenaikan berat badan.”

Adapun menggunakan metode puasa untuk menjaga berat badan dalam jangka waktu yang lebih lama, Best mengatakan bahwa puasa dapat digunakan jangka panjang untuk menurunkan berat badan bersama dengan banyak manfaat kesehatan lainnya. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...