Home Internasional Inilah Tradisi Presiden Amerika Serikat di Akhir Masa Jabatannya

Inilah Tradisi Presiden Amerika Serikat di Akhir Masa Jabatannya

TELENEWS.ID – Presiden Amerika Serikat adalah salah satu tokoh yang paling berpengaruh di dunia, sehingga segala tindak-tanduk kegiatannya tidak lepas dari perhatian publik. Tidak hanya itu saja, segala kebijakan yang dilakukan ketika menjabat menjadi penentu arah pergerakan dunia, khususnya dalam bidang ekonomi dan juga politik. Namun, ada hal menarik yang menjadi tradisi Presiden Amerika Serikat menjelang akhir masa jabatan mereka.

Memberikan Amnesti atau Ampunan

Presiden Bill Clinton, menjelang akhir masa jabatannya memberikan ampunan terhadap mereka yang terjerat dalam kasus hukum di Amerika Serikat. Bill Clinton sendiri memberikan setidaknya 141 ampunan termasuk kepada Marc Rich, yang merupakan miliarder Amerika Serikat yang terjerat dalam kasus penipuan.

Begitu juga dengan Presiden George Walker Bush yang memberikan ampunan kepada agen patroli perbatasan yang dihukum dengan kasus penembakan tersangka narkoba. Yang menarik, Presiden Bush memberikan ampunan tersebut beberapa jam sebelum masa jabatannya berakhir secara resmi. Presiden Barack Obama memberikan ampunan kepada 64 orang dan memberikan keringanan kepada 209 orang termasuk 109 di antaranya adalah narapidana yang mendapatkan hukuman seumur hidup.

Memberi Sambutan Kepada Presiden Terpilih

Presiden Bush dan Ibu Negara Laura Bush memberikan jamuan kepada presiden terpilih Barack Obama dan juga wakilnya Joe Biden. Momen ini terjadi pada tanggal 20 Januari 2009 yang lalu dengan mengajak Obama, Michelle Obama dan juga juga Joe Biden untuk menikmati kopi dan juga teh di Gedung Putih.

Hal yang sama dilakukan juga oleh Obama ketika menjamu Presiden Donald Trump dan dalam kesempatan itu, Melania Trump memberikan hadiah kepada Michelle Obama sebelum rombongan tersebut menaiki limousine ke Capitol Hill untuk acara pelantikan Trump.

Baca juga :  Trump Hentikan Pendanaan Untuk WHO

Namun, tradisi ini tidak dilakukan oleh Trump ketika dirinya menolak mengakui kekalahan dalam Pemilu melawan Joe Biden. Saat itu, Trump langsung meninggalkan Washington DC pada pagi hari ketika pelantikan Biden. Padahal, saat itu ada beberapa mantan Presiden seperti Obama, Bush, dan juga Clinton beserta keluarga mereka.

Memberikan Catatan Khusus Kepada Presiden Baru

Tradisi berikutnya yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat ketika masa jabatannya usai adalah memberikan sebuah catatan kecil yang diletakkan di laci meja Oval Office. Oval Office sendiri adalah meja kerja pribadi yang digunakan oleh Presiden Amerika Serikat di dalam ruang kerjanya di Gedung Putih. Presiden Bush memberikan secarik kertas berisi catatan yang berisikan tentang ucapan selamat dan juga harapan untuk Presiden Obama.

Menghadiri Pelantikan Presiden dan Menaiki Marine One

Menghadiri pelantikan presiden baru bukan merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat yang masa jabatannya habis. Namun, tentu saja sebagai sebuah tradisi, momen ini tidak akan dilupakan baik itu bagi mantan presiden atau presiden terpilih. Mantan presiden yang habis masa jabatannya akan dikawal oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih dari Capitol Hill, dan melakukan upacara sumpah jabatan.

Baca juga :  Arkeolog Temukan Kota Kuno Berusia 3000 Tahun di Mesir

Setelah itu, mereka akan menaiki Marine One, atau Helikopter kepresidenan Amerika Serikat untuk diterbangkan ke kampung halaman dari mantan presiden yang baru saja jabatannya berakhir. Tradisi ini dimulai sejak tahun 1977 ketika Gerald Ford diterbangkan dari Capitol Hill ke Andrews Air Base yang berada di kampung halaman dari Gerald Ford. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...