Home Metropolitan Pembangunan Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID – Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital intensive dan juga labour intensive, proyek ini juga memiliki muatan politis. Setidaknya, ada 5 orang Gubernur sejak era Fauzi Bowo hingga Anies Baswedan yang terlibat langsung dalam proyek besar negara ini.

Mengikuti standar FIFA dan juga standar internasional, proses desain dan juga konstruksinya saja memakan waktu sampai 11 tahun. Yang artinya, proyek ini sudah ada sejak eks Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo terakhir menjabat pada tahun 2012 dan rencananya baru akan diresmikan pada tahun 2022 nanti di masa akhir kepemimpinan Anies Baswedan.

Selama kurun waktu 11 tahun tersebut, tentu saja ada banyak perubahan masterplan, seperti misalnya di awal perancangannya, JIS dibangun untuk menampung 50.000 orang, namun pada tahun 2019 daya tampung Stadion JIS ini menjadi 82.000 orang dengan tambahan kursi 32.000 buah. Teknologi dari JIS ini juga dibuat sangat maju.

Bagian atap bisa dibuka dan ditutup secara otomatis, dan juga memiliki beberapa fasilitas olahraga untuk atletik. Stadium ini didesain untuk lapangan sepakbola saja, dan sekilas teknologi yang dimilikinya mirip dengan Stadion Johan Cruyff Arena yang ada di Amsterdam, Belanda. Beberapa kontraktor juga ikut terlibat dalam pembuatan dan juga pembangunan stadium ini.

Seperti misalnya PT Jakarta Konsultindo, PT Malmass Mitra Teknik, Timmy Setiawan, Buro Happold dan juga PDW Architects. Pada tahun 2020 yang lalu, pembangunan konstruksi fisik baru dimulai dengan menggunakan skema KSO atau Kerja Sama Operasi. Dalam KSO tersebut ada beberapa nama kontraktor seperti misalnya PT Penta Rekayasa, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk, dan juga PT PP (Persero).

Baca juga :  Underpass Senen Extension Siap Digunakan

Di balik kemegahan dan juga konstruksi yang memakan biaya yang besar, tentu saja ada muatan politis yang juga ikut mewarnai dibangunnya stadium ini. Dalam Ingub atau Instruksi Gubernur yang dirilis oleh Anies pada bulan Agustus 2021 yang lalu, peresmian Jakarta International Stadium disebut akan diresmikan pada akhir Desember tahun 2021.
Namun, hingga batas waktu yang ditentukan, belum ada perintah lebih lanjut, dan rencananya bulan Desember 2021 nanti baru akan diadakan Soft Launching. Sementara untuk Grand Launchingnya sendiri ditargetkan akan dilaksanakan pada bulan Maret 2022 nanti.

Jika memang Jakarta International Stadium ini akan diresmikan pada 2022, waktunya akan bersamaan dengan akhir masa jabatan Anies Baswedan. Para pihak yang terlibat tersebut pastinya diminta untuk menyelesaikan 100 persen pembangunan sebelum tanggal 17 Oktober 2022, jika memang nantinya stadium megah ini diresmikan oleh Anies Baswedan sekaligus akan mengakhiri pembangunan JIS yang sudah melewati 5 orang Gubernur selama proses konstruksinya. (Latief)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...