Home Metropolitan Pembangunan Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Akan Tersambung Awal Tahun 2023

Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Akan Tersambung Awal Tahun 2023

TELENEWS.ID – Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero), Koentjoro dalam kesempatan di media tour Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Kamis (21/01/2022) lalu memastikan bahwa awal 2023 Jalan Tol Sigli – Banda Aceh akan tersambung seluruhnya. Jalan Tol ini memiliki panjang keseluruhan 74 kilometer.

Untuk jalan tol Sigli – Banda Aceh seksi 2 yaitu Seulimeum – Jantho sepanjang 7,6 km diperkirakan akan beroprasi pada akhir tahun 2022. Saat ini progress dari Jalan Tol Sigli – Banda Aceh sudah masuk 74,3 persen serta pembebasan lahan sudah selesai 96,3 persen. Namun PT Hutama Karya tetap masih mengupayakan izin dalam pelepasan kawasan hutan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Jalan Tol Sigli – Banda Aceh ini memiliki 6 seksi dengan 2 seksi diantaranya sudah beroperasi saat ini. Adapun seksi jalan tol yang sudah beroperasi adalah Seksi 3 Jantho – Indrapuri sepanjang 16 kilometer dan seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer.

Sedangkan 4 seksi lain yang belum beroperasi adalah Seksi 1 Padang Tiji – Seulimum sepanjang 24,3 kilometer. Seksi 2 Seulimum – Jantho sepanjang 7,6 kilometer. Lalu seksi 5 Blang Bintang – Kuta Baro sepanjang 7,7 kilometer dan seksi 6 Kuto Baro – Baitussalam sepanjang 5 kilometer.

Diketahui pula bahwa Tol Sigli – Banda Aceh ini merupakan salah satu bagian dari Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menjadi proyek proyek strategis nasional (PSN). Proyek ini merupakan proyek pemerintah yang menggandeng PT. Hutama Karya dengan nilai investasi 12,35 triliun rupiah dan biaya konstruksi 8,99 triliun rupiah, dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero).

Harapan dari dibangunnya Tol Sigli – Banda Aceh ini adalah memangkas jarak dan waktu perjalanan antara Sigli – Banda Aceh yang awalnya 2 – 3 Jam menjadi hanya 1 Jam perjalanan.

Baca juga :  Kominfo Mulai Hadirkan 5G di Indonesia Tahun Depan

Dikesempatan yang sama, Koentjoro juga menjelaskan bahwa tahun 2022 ini akan ada 4 ruas jalan tol Sumatera yang akan beroperasi. Hal ini sesuai dengan target perusahaan yang akan menyelesaikan 3 – 4 ruas jalan tol di tahun 2022.

Ruas tol pertama adalah Tol Binjai – Sabat sepanjang 12 kilometer yang rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 27 – 28 Januari 2022. Saat ini jalan tol masih melakukan Uji Layak Fungsi (ULF) sejak 14 Januari lalu. Kedua adalah ruas Tol Taba Penanjung – Bengkulu sepanjang 18 kilometer yang rencananya akan diresmikan pada akhir Maret 2022.

Baca juga :  Prespektif Ekonomi Dari Pembangunan Stasiun Kereta Cepat Di Padalarang

Ruas tol ketiga adalah Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 32 kilometer yang akan diresmikan pada akhir April 2022 mendatang. Ruas tol keempat adalah Tol Sigli – Banda Aceh seksi 2 Seulimum – Jantho. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...