Home Hiburan Seleb Jane Callista Meraih Gelar Juara Dunia dalam Kompetisi Menyanyi Internasional di Italia

Jane Callista Meraih Gelar Juara Dunia dalam Kompetisi Menyanyi Internasional di Italia

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID- Tidak hanya berkiprah di dalam negeri, asa Jane Callista dalam meraih juara menyanyi pun kembali mengharumkan nama tanah air di kancah internasional. Tahun ini, gadis kelahiran Jakarta, 1 Januari 2008 baru saja menjadi pemenang di ajang kompetisi menyanyi internasional ‘SanremoJunior World Finals’ ke-13.

Kompetisi tersebut berlangsung di Teatro Ariston, Sanremo – Italia, 1-8 Mei 2022. Diketahui ajang kompetisi internasional bergengsi di dunia tarik suara yang berada di bawah naungan UNICEF, di mana pesertanya adalah perwakilan terpilih dari masing-masing negara yang telah melalui proses seleksi ketat dari panitia dan juri.

Bak sekali mendaki gunung, Jane langsung menyabet dua gelar sekaligus. Sebut saja World Grand Prix Winner 2022 yang merupakan gelar tertinggi sekaligus juara dunia dan 1st winner Alice Artemis Vigano Award 2022.

Jane menjadi pemenang pertama dan World Grand Prix Champion dengan suara bulat dari para Juri mengalahkan pesaing dari Israel dan Belarus, dan para finalis lainnya yang merupakan representatif terpilih dari berbagai negara, meliputi 20 negara dari tiga benua.

“Indonesia Juara! Sangat bersyukur atas pencapaian ini sebagai Juara Dunia World Grand Prix Winner of SanremoJunior 2022, dan juga Juara 1 Alice Artemis Vigano Award di Teatro Ariston, Sanremo- Italia,” tulis Jane Callista melalui akun Instagram resminya, @janecallista dan akun instagram Kedutaan Besar RI di Roma @indonesiainrome.

Meski sudah beberapa kali memenangkan kompetisi bernyanyi di dalam dan luar negeri, kemenangan ini tetap membanggakan bagi Jane Callista karena level kompetisi SanremoJunior yang sangat prestise.

Jane mengaku memiliki banyak pengalaman menarik sekaligus berharga selama mengikuti kompetisi menyanyi di “SanremoJunior World Finals 2022”.

“Sungguh pengalaman yang tak terlupakan bertemu para finalis yang sangat berbakat dari berbagai negara di dunia. Selain mendapat teman baru, kami juga saling bertukar cenderamata dari negara kami masing-masing,” tutur Jane Callista yang telah menyiapkan tas lukis dari Klaten dan boneka wayang sebagai cenderamata.

Jane pun merasa sangat bahagia bisa menyanyi dan berkompetisi langsung di hadapan para juri dan banyak penonton secara live, setelah dua tahun terakhir mengukir prestasi internasional secara online, kini bisa kembali ke panggung yang sesungguhnya.

Sebelum berangkat ke Italia, Jane Callista juga sempat menjuarai kompetisi solo vokal online internasional yaitu American Music Talent Award 2022 – Vocal division, USA. Selain itu Jane juga telah meraih juara 1 di Finland JS Sibelius Vocal Competition 2021, dan berbagai kompetisi vokal online di Eropa, Asia, dan Amerika.

“Kalau kompetisi online memiliki tingkat kesulitan tersendiri karena tidak langsung berhadapan dengan penonton, berbeda dengan di kompetisi offline yang bisa berinteraksi dan melihat langsung reaksi penontonnya. Penonton Italia luar biasa sangat antusias, dan ikut bertepuk tangan serta memberi applause yang sangat meriah sambil meneriakkan kata-kata Bravo, Brava, Bravissima saat aku selesai menyanyi,” ujar Jane bersemangat. Dukungan dan antusiasme penonton tersebut membawa kesan tersendiri yang sangat istimewa bagi Jane.

Saat kompetisi, para finalis diiringi oleh orchestra Sanremo Symphony Orchestra dengan 32 musisi dan konduktor handal Maestro Alessandro Scaglione.

Pengumuman dan penobatan gelar juara World Grand Prix Winner dilakukan oleh pimpinan SanremoJunior World Finals, Mr. Paolo Alberti dan presiden dewan juri Mr. Franco Fasano, yang merupakan sosok musisi ternama di Italia.

Beliau menyampaikan dalam wawancara dengan berita koran nasional Italia La Stampa, “Peserta asal Indonesia ini, Jane Callista, adalah yang paling mengesankan saya dalam beberapa tahun terakhir. SanremoJunior, sangat impresif, memiliki aksi panggung dan cara menyanyi yang sangat baik. Selain selaras, dia juga seorang aktris, mengingatkan saya kepada sosok artis legendaris Judy Garland.

Menurut Franco yang dikutip dari media cetak nasional Italia, meskipun usia Jane yang masih muda, akan tetapi ia juga cukup memiliki rasa percaya diri.

Jane dan keluarganya menempuh perjalanan 11.000 kilometer untuk mencapai Italia dan berpartisipasi dalam SanremoJunior World Finals 2022. Sebuah perjalanan yang sangat panjang tetapi sangat bermanfaat mengingat Jane Callista Saweago menang dengan suara bulat, serta mampu mengalahkan pesaing dari Israel dan Belarus.

Pengumuman dilakukan pada penutupan event GEF, Festival Kreativitas Dunia, yang menampilkan peserta dari berbagai penjuru negara ke atas panggung, baik karena telah ikut dalam kompetisi maupun karena keluar sebagai juara. Acara GEF dan SanremoJunior World Finals 2022 melibatkan lebih dari seribu peserta ke Sanremo dari sekitar dua puluh negara di tiga benua.

Jane Callista Saweago yang berusia 14 tahun menyampaikan, “Saya sangat senang dan berterima kasih kepada orkestra yang mengiringi saya menuju kemenangan. Saya juga menyukai tari, teater, dan musikal”, seperti dikutip dalam wawancaranya dengan La Stampa, koran nasional Italia. Uniknya lagi, Jane mempersembahkan lagu Tyrolean dengan nada tinggi yang khas pada kompetisi dunia ini.

Jane membalut gaunnya dengan Bendera Merah Putih saat tampil dengan gelar juaranya.

Dengan prestasi ini, tak lupa Jane Callista mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberinya dukungan untuk tampil di ajang kompetisi Sanremo Junior World Finals 2022.

“Terima kasih juga untuk Kedutaan Besar RI di Roma, Italia. Saya sangat tersanjung dan terhormat atas doa dan dukungan yang diberikan,” tutur Jane Callista menutup wawancara jarak jauhnya. (Dion)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Thomas Cup 2022 Usai, Ternyata Ada Skor Tertukar Sampai Pamitnya Mohammad Ahsan

TELENEWS.ID – Thomas Cup 2022 telah usai, secara mengejutkan Tim Thomas Cup India dan Tim Uber Cup Korea Selatan berhasil keluar sebagai...

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...