Home Gaya hidup Kesehatan Jangan Vaksin Saat Perut Kosong, 5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin...

Jangan Vaksin Saat Perut Kosong, 5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin COVID-19

TELENEWS.ID-Vaksin COVID-19 kini menjadi suatu hal yang tengah digalakan oleh pemerintah. Demi untuk semakin menekan penyebaran COVID-19, pemerintah menyarankan setiap warga negara untuk mendapatkan dua kali suntikan vaksin demi memperkuat tubuh dan imunitas dari serangan virus yang mematikan ini.

Meskipun banyak pro dan kontra mengenai vaksin COVID ini, namun antusiasme masyarakat terlihat semakin meningkat. Banyak warga masyarakat yang kemudian berbondong-bondong ke berbagai pelayanan kesehatan publik, untuk mendapatkan vaksin baik tahap satu atau dua.

Akan tetapi tetap saja banyak orang yang mengaku merasa tegang dan bingung, tentang apa yang harus mereka lakukan sebelum menjalani vaksin. Sejatinya tak ada treatment khusus yang harus kamu lakukan sebelum mendapatkan suntikan vaksin. Kamu hanya harus memastikan dalam kondisi sehat, dan tidak memiliki penyakit bawaan yang berbahaya.

Namun untuk agar vaksin bekerja lebih maksimal dan kamu tidak mendapatkan efek yang kurang nyaman setelah mendapat suntikan vaksin, beberapa hal berikut ini bisa kamu lakukan sebelum menjalani vaksin.

  1. Jangan vaksin saat perut kosong
    Sangat disarankan untuk kamu mengisi perut terlebih dahulu sebelum menjalani vaksin. Dr. Louis Malinow, M.D., seorang dokter dan penasehat kesehatan untuk Persona Nutrition mengatakan bahwa mereka yang biasa mengkonsumsi makanan bergizi, membantu efek dari vaksin yang disuntikan menjadi lebih optimal.

“Makan-makanan bergizi dapat membantu respon imun dan melawan infeksi secara lebih baik dan kemungkinan besar meningkatkan respon imun terhadap vaksin” ujar Dr. Louis.

Dr. Louis juga menyarankan agar sebelum vaksin, sebaiknya mengisi perut terlebih dahulu dengan mengkonsumsi makanan yang alami dan bukan yang diawetkan. “Saran saya sebaiknya mengkonsumsi makanan rumahan dengan sesedikit mungkin makanan olahan. Yogurt dan buah atau telur dan buah adalah pilihan tepat” tambahnya lagi.

  1. Minum banyak air
    Banyak dokter setuju bahwa tetap terhidrasi sebelum dan sesudah vaksin adalah sesuatu yang snagat penting. Dr. Louis menyebut bahwa mengkonsumsi banyak air sebelum vaksin membantu tubuh untuk merespon vaksin lebih baik daripada yang tidak. Selain itu mereka yang takut jarum suntik atau pernah pingsan saat disuntik, akan merasa lebih baik dan tidak terlalu nervous saat datang ke tempat vaksin dengan kondisi bugar dan terhidrasi.
  2. Tidur yang cukup
    Sangat disarankan bagi kamu untuk tidak begadang dan cukup tidur sebelum mendapatkan suntikan vaksin keesokan harinya. Ini karena kurang tidur bisa melemahkan imun tubuh hingga 70%. “Tidur malam yang buruk mampu menurunkan fungsi imun hingga 70%. Tubuhmu menggunakan tidur untuk membangun pertahanan dan kurang tidur yang kronis, sejatinya mebebani sistem imun mu” begitu penjelasan Dr. Louis.
  3. Olahraga ringan
    Olahraga ringan sebelum melakukan vaksin juga bisa jadi alternatif yang sangat direkomendasikan. Jalan cepat atau joging di pagi hari, bisa jadi pilihan sebelum kamu menjalani vaksin. Selain makana-makana bergizi dan istirahat cukup, olahraga memang punya fungsi dan manfaat untuk membantu meningkatkan imun dan memaksimalkan kinerja vaksin di tubuh kita.
  4. Jangan mengkonsumsi alkohol
    Sejauh ini memang belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol membuat vaksin COVID menjadi kurang efektif. Namun meski begitu, alkohol memang membuat kemampuan tubuh untuk melawan infeksi menjadi melemah. Mengkonsumsi alkohol juga meningkatkan resiko komplikasi dan vaksin akan sulit bekerja ketika kamu jatuh sakit.
Baca juga :  Bisa Menurunkan Kolesterol, 6 Alasan Biji Selasih Cocok untuk Menu Buka Puasa
Baca juga :  Empat Jaminan Kesehatan Gratis yang Diberikan Pemprov DKI Jakarta Bagi Warganya

Salah satu syarat untuk mendapatkan vaksin adalah memastikan bahwa tubuhmu dalam kondisi fit dan prima. Karena itu memang snagat disarankan kamu untuk cukup isirahat, mengkonsumsi makanan dan minuman bergizie, serta menjalani olahraga agar vaksin yang akan disuntikan jadi semakin optimal khasiatnya. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...