Home Gaya hidup Jarang Sekali Diketahui, Ini 5 Efek Buruk Bagi Rambut Jika Terlalu Sering...

Jarang Sekali Diketahui, Ini 5 Efek Buruk Bagi Rambut Jika Terlalu Sering Keramas

Telenews.id- Keramas atau cuci rambut menjadi salah satu cara untuk merawat rambut yang paling mudah, dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Meski kini banyak salon yang menyediakan jasa cuci rambut, namun tetap saja kamu tetap bisa melakukan aktivitas ini di rumah tanpa dipungut bayaran.

Akan tetapi rupanya terlalu sering keramas juga memberikan efek yang kurang baik bagi rambut kita. Mungkin banyak yang berfikir dengan sering keramas, akan membuat rambut jadi sehat dan berkilau. Faktanya, mencuci rambut terlalu sering justru mengakibatkan kerusakan rambut dan masalah pada kulit kepala.

Lalu berapa kali sebaiknya kita melakukan keramas, agar mendapat rambut yang indah dan berkilau? Menurut penata gaya selebriti Tonya Le, sebenarnya tidak ada jumlah yang pasti berapa kali kita harus mencuci rambut dalam seminggu. “Itu semua tergantung pada tekstur rambut, produksi minyak alami di kulit kepala dan sebagainya. Tetapi dengan memperhatikan tanda-tanda kecil yang diberikan rambut, dapat membantu kamu untuk mengetahui saat terbaik guna mencuci rambut” ujar Tonya.

Tidak yakin kalau kamu berlebihan atau tidak dalam keramas? Nah berikut ini ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan kalau kamu selama ini berlebihan dalam mencuci rambut.

  1. Warna rambut memudar dengan cepat
    Kalau kamu memiliki rambut yang diwarnai, keramas terlalu sering akan membuat warna rambut memudar dengan cepat. Seharusnya warna sintetis pada rambut akan bertahan beberapa bulan lamanya. Namun ketika baru sebentar rambut kamu warnai namun sudah memudar, maka itu tandanya selama ini kamu terlalu sering keramas. Tonya Le menyarankan untuk mencuci rambut yang diwarnai tiga atau empat kali dalam seminggu, dan sebaiknya menggunakan sampo khusus untuk rambut yang diwarnai.
  2. Rambut jadi kering dan kusam
    Salah satu tanda lain kamu terlalu sering keramas adalah perubahan tekstur pada rambut. Jika rambutmu jadi kering dan kusam, maka bisa jadi selama ini kamu terlalu sering keramas. Tonya menyebut bahwa keramas terlalu sering membuat minyak alami pada kulit kepala menjadi menghilang. Hal ini mengakibatkan rambut menjadi kering dan warnanya kusam. Selain mengurangi frekuensi keramas, ada baiknya kamu juga menggunakan kondisioner untuk mengembalikan minyak dan kelembaban alami rambut.
  3. Keramas terlalu sering juga sebabkan rambut bercabang
    Alih-alih menjadikan rambut sehat, keramas terlalu sering malah menyebabkan kerusakan pada rambutmu. Salah satu tandanya adalah rambut menjadi bercabang pada ujungnya. Menurut Tonya, rambut yang basah rentan mengalami kerusakan dan pecah pada ujungnya. Dan terlalu sering keramas, akan membuat rambut jadi sering basah sehingga ujungnya pun kemudian jadi pecah dan bercabang.
  4. Ketombe jadi muncul di kulit kepala
    Jika beberapa waktu terakhir ini tiba-tiba kamu mengalami ketombe, maka bisa saja itu adalah tanda bahwa kamu keramas secara berlebihan. Terlalu sering mencuci rambut dengan sampo menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan mengelupas. Dengan mengurangi frekuensi keramas, maka memberikan kesempatan bagi kulit kepala untuk memproduksi minyak alami, sehingga kulit kepala menjadi kembali lembab dan tak kering lagi.
  5. Rambut kamu jadi rontok
    Kerontokan rambut memang disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kamu terlalu sering keramas, maka akar rambut menjadi lebih lemah dan kutikula terbuka sehingga rambut jadi rapuh dan mudah patah. Kalau kamu menyisir rambut dan menemukan banyak rambut rontok, maka sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan keramasmu.
Baca juga :  Harus Tahu, Ternyata Begini 6 Tips Mengatur Keuangan Menjelang Perayaan Natal
Baca juga :  Mahasiswa UB Ciptakan Biskuit Berbahan Dasar Ulat untuk Obati Stunting

Keramas berlebihan memang tidak disarankan. Ketika rambutmu mulai terasa berminyak, kulit kepala gatal dan berbau kurang sedap; maka itulah saat yang tepat untuk keramas. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...