Home Gaya hidup Jatuh Cinta Bermanfaat untuk Memperkuat Imun

Jatuh Cinta Bermanfaat untuk Memperkuat Imun

TELENEWS.ID – “Jatuh cinta berjuta rasanya” mungkin banyak diantara kita yang sudah sangat akrab dengan ungkapan ini. Ya jatuh cinta itu memang indah, dan memicu timbulnya rasa bahagia yang ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita juga.

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa rasa bahagia yang dirasakan ketika jatuh cinta memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Karena itulah kamu akan melihat teman atau siapapun yang sedang jatuh cinta, tampak fit, termotivasi dan selalu penuh semangat menjalani hari-harinya.

Ketika kamu pertama kali jatuh cinta dengan seseorang, hidup terasa sedikit berbeda. Kamu mungkin merasakan euforia yang luar biasa saat bersama orang yang kamu cintai, dan kamu mungkin sangat merindukannya saat tak ada di dekatnya.

Perasaan ini terjadi karena otak berperilaku berbeda ketika kamu merasakan cinta. Peristiwa jatuh cinta memicu aliran bahan kimia yang memicu perasaan menyenangkan yang membuat seseorang merasa seperti berada di puncak dunia.

Helen Riess, direktur Program Empati dan Ilmu Relasional di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan penulis buku yang “The Empathy Effect”, mengungkapkan bagaimana jatuh cinta dapat membantu kesehatan, baik secara mental maupun fisik.

  1. Jatuh cinta membuat perasaanmu tenang dan bahagia
    Saat pertama kali jatuh cinta, dopamin atau zat kimia otak yang membuat perasaan senang menjadi sangat aktif. “Itu adalah penguat suasana hati, sehingga orang merasa sangat positif dan sangat dihargai,” kata Riess. Tingkat dopamin mungkin tetap tinggi bahkan saat kamu cukup lama bersama pasanganmu. Tetapi kamu mungkin akan melihat kadar kortisol dan serotonin kembali normal, sehingga membantumu menjadi lebih tenang dan bahagia.
  2. Jatuh cinta juga dipercaya membuat panjang umur juga
    Sebuah meta-analisis tahun 2015 yang melibatkan 72.000 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang melaporkan kualitas perkawinan yang tinggi, atau kepuasan hubungan yang tinggi dan perasaan positif terhadap pasangan mereka; dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan dan risiko kematian yang lebih rendah. Selain itu, sebuah studi tahun 2020 terhadap lebih dari 164.000 warga lanjut usia menemukan bahwa mereka yang menikah memiliki harapan hidup yang sedikit lebih lama daripada mereka yang tidak.
  3. Penelitian juga menemukan bahwa jatuh cinta membantu memperkuat imun
    Sebuah penelitian tahun 2019 menemukan bahwa, jatuh cinta dapat memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh. Dalam studi selama dua tahun, peserta yang jatuh cinta mengalami peningkatan aktivitas gen kekebalan tertentu, sedangkan gen ini tidak ditemukan pada mereka yang tidak jatuh cinta. Ini berarti bahwa partisipan yang jatuh cinta, mungkin memiliki pertahanan tubuh yang lebih kuat terhadap infeksi.
  4. Membantu menurunkan risiko anxiety
    Cukup banyak penelitian yang menunjukkan bagaimana kesepian dapat merusak kesehatan. Mulai dari meningkatkan risiko peradangan, hingga mengaktifkan pusat rasa sakit. “Perasaan kesepian merangsang kecemasan, yang dimediasi oleh neurotransmiter yang berbeda, seperti norepinefrin,” kata Riess. Selain itu, kadar kortisol dan adrenalin meningkat ketika orang merasa tidak aman dan terancam, yang memicu respons stres tubuh. Jatuh cinta dan merasa dekat dengan orang lain dapat mengurangi kecemasan karena otak memproduksi lebih banyak hormon kortisol.
  5. Jatuh cinta juga bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung
    Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa orang yang menikah berusia 35 hingga 64 tahun lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung, daripada mereka yang berada dalam kelompok usia yang sama yang tidak menikah. Selain itu sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa kehadiran pasangan, atau bahkan hanya memikirkan pasangan saja; dapat menurunkan tekanan darah pemicu serangan jantung.
Baca juga :  Tanpa Disadari, Kamu Mungkin Telah Melakukan 6 Kesalahan Ini Saat Mencuci, Apa Saja Itu?
Baca juga :  Harganya Mulai Naik Jelang Ramadan, Ini 5 Tips Menyimpan Cabai Agar Segar Lebih Lama

Itulah beberapa manfaat jatuh cinta untuk kesehatan, yang mungkin selama ini jarang diketahui. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...