Home Internasional Jepang Perpanjang Status Darurat Covid-19 Selama 30 Hari

Jepang Perpanjang Status Darurat Covid-19 Selama 30 Hari

TELENEWS.id, JEPANG – PM Jepang Shinzo Abe tampaknya cenderung akan memperpanjang situasi darurat yang diberlakukan karena pandemi virus corona hingga satu bulan lagi.

Dekrit situasi darurat 30 hari yang dikeluarkan PM Abe pada 7 April lalu, yang mencakup Tokyo dan enam prefektur lainnya, akan berakhir pekan depan, pada penghujung liburan Minggu Emas di negara itu.

Jepang telah melaporkan 14 ribu kasus COVID-19 terkonfirmasi dengan 415 kematian, situasi yang telah membuat kewalahan sistem layanan kesehatan negara itu, membuat pincang perekonomian dan memaksanya untuk menangguhkan Olimpiade Tokyo selama setahun.

Seperti dikutip dari VOA, pada Rabu (30/2020). PM Jepang,  Abe,  memberitahu para anggota parlemen bahwa ia akan berkonsultasi dengan para pakar penyakit menular mengenai situasi ini sebelum membuat keputusan akhir. Sumber-sumber pemerintah menyebutkan Abe akan bertemu dengan para pakar itu hari Jumat.

Deklarasi darurat sekarang ini memberi pihak berwenang setempat kekuatan hukum untuk meminta warganya tinggal di rumah dan meminta sekolah serta bisnis untuk tutup, tetapi tidak menyebut tentang pemberlakuan lockdown nasional yang mengikat secara hukum.

Konstitusi Jepang pasca-Perang Dunia II, yang sangat mendukung kebebasan sipil, tidak memberi pemerintah kewenangan untuk memberlakukan karantina wajib.

Pemerintah Abe dikritik karena responsnya yang lambat terhadap wabah virus corona dan kegagalannya membuat program pengujian yang agresif. (sumber VOA). 

Baca juga :  Ucapkan Hari Raya Nyepi, Jokowi Harap Pandemi Covid -19 Cepat Berakhir
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...