Home Internasional Asia Jepang Tetap Lanjutkan Olimpiade 2021 di Tengah Pandemi

Jepang Tetap Lanjutkan Olimpiade 2021 di Tengah Pandemi

TELENEWS.ID – Di saat masyarakat dunia tengah kelimpungan dan saling berpegangan di tengah pandemi, Jepang justru tetap mengusahakan untuk menggelar Olimpiade 2021 musim panas yang akan digelar pada 23 Juli nanti. Persiapan pun masih terus dilakukan oleh pihak terkait demi melancarkan pagelaran olahraga itu.

Sebelumnya muncul rumor bahwa Jepang memutuskan untuk tidak melanjutkan persiapan acara Olimpiade pada tahun ini, menyusul keadaan yang masih belum stabil akibat pandemi. Rumor ini datang dari sebuah pernyataan salah satu anggota dari koalisi yang berkuasa di Jepang yang dikutip oleh laman Times of London.

Merespon hal ini, Komite Olimpiade Internasional (IOC) membantah gagalnya Olimpiade dan mengatakan pemerintah Jepang tetap akan menggelar acara olahraga terbesar itu di tengah pandemi sekali pun.

Pemerintah Jepang juga membantah rumor tersebut melalui press rilis.

“Kami akan menerapkan semua kemungkinan penanggulangan terhadap COVID-19 dan akan terus bekerja sama dengan IOC, Komite Penyelenggara Tokyo 2020 dan Pemerintah Metropolitan Tokyo dalam persiapan kami untuk mengadakan Olimpiade yang aman dan terjamin musim panas ini,” jelas pemerintah Jepang dalam rilis yang dikutip Minggu (24/1/2021).

IOC mengiyakan pernyataan pemerintah Jepang dan menambahkan pihaknya akan terus bekerja sama dengan mitra dari Jepang dan terus berkominten untuk keberhasilan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2021.

Beberapa hari sebelumnya, IOC President Thomas Bach mengatakan tidak ada alasan untuk tidak menggelar Olimpiade Tokyo dan acara tersebut tetap akan berlangsung sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Kepala Komite Olimpiade Jepang Yasuhiro Yamashita bahkan mengatakan bahwa laporan Inggris The Times adalah palsu atau tidak benar.

Perdana Menteri Jepang Suga mengatakan Olimpiade Tokyo akan menjadi “simbol kemanusiaan untuk mengatasi virus corona baru, dan kesempatan untuk menampilkan rekonstruksi Jepang dari gempa bumi dan tsunami yang menghancurkan (2011) kepada dunia.”

Baca juga :  Divonis 10 Tahun Penjara, Pemerintah Iran Pindahkan Cendekiawan Australia ke Penjara yang Lebih Buruk

Pejabat Olimpiade lainnya juga segera menampik tudingan yang dimuat oleh Times.

“Sayangnya, saya perlu mengatasi rumor yang tidak berdasar bahwa Tokyo Games akan dibatalkan, rumor yang hanya membuat lebih banyak kecemasan bagi para atlet dalam olahraga kami,” jelas CEO Komite Olimpiade Australia Matt Carroll pada Jumat (22/1/2021).

Mereka menegaskan bahwa Olimpiade akan tetap berlangsung pada 23 Juli 2021, sebagaimana telah dikonfirmasi langsung oleh PM Jepang Suga.

Baca juga :  Akibat Pekerjakan Tenaga Asing, Trump Pecat Kepala Badan Pengelolah Listrik

Sebelumnya pada Kamis (21/01), Presiden IOC, Thomas Bach, mengakui belum ada plan B terkait gelaran pesta olahraga yang akan dimulai pada 23 Juli itu.

Begitu api Olimpiade dinyalakan pada 23 Juli mendatang, sekitar 15.000 atlet internasional akan bertarung di panggung pagelaran olahraga terbesar di dunia tersebut. (Ajeng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

6 Lagu Ciptaan Lady Gaga Yang Tidak Banyak Orang Tahu

TELENEWS.ID – Meskipun banyak bintang pop baru bermunculan, Lady Gaga selalu saja mendapatkan sorotan baik tentang karya maupun kisah-kisah kontroversialnya. Namun, yang...

Helm Berkamera, Senjata Baru Polantas Jateng Terapkan ETLE

TELENEWS.ID – Polda Jawa Tengah (Jateng) kini tengah mempersiapkan penerapan Electronic Traffic Law Enfercement (ETLE) atau tilang digital. Dimana...

Kisah Ritual Aneh di Dunia Sepak Bola

TELENEWS.ID – Dalam dunia sepak bola pemain dan pelatih akan melakukan segala hal yang membuat mereka memetik kemenangan atas lawan-lawan mereka.

PUBG New State Diluncurkan, Apa Bedanya Dengan PUBG Mobile ?

TELENEWS.ID - Para penggemar game mobile online, khususnya PUBG, sedang dihebohkan dengan peluncuran PUBG New State pada Kamis lalu (25/3/2021).