Home Gaya hidup Jika Terus Dipakai Bisa Sebabkan Iritasi, Kenali 4 Tanda Sederhana Parfum Favoritmu...

Jika Terus Dipakai Bisa Sebabkan Iritasi, Kenali 4 Tanda Sederhana Parfum Favoritmu Sudah Kadaluarsa

TELENEWS.ID-Parfum memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini. Bahkan seiring dengan perkembangan zaman, parfum seolah menjadi salah satu benda penunjang penampilan yang wajib ada dan digunakan bahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi sekarang parfum memang sangat mudah untuk didapat. Mulai dari pasar tradisional hingga gerai di pusat perbelanjaan besar, menjual aneka jenis parfum yang aromanya bisa dipilih sesuai dengan selera Anda. Mau yang harganya puluhan ribu hingga puluhan juta pun ada, tergantung dengan budget dan juga kemampuan Anda.

Berbagai kriteria pun dipertimbangkan orang untuk memilih parfujm favorit mereka. Salah satunya tak tal boleh dilupakan tentu saja tanggal kadaluarsa parfum tersebut. Ya mungkin tak banyak yang menyadari bahwasanya parfum juga memiliki tanggal kadaluarsanya sendiri.

Ketika parfum dibuka dari pembungkusnya dan segelnya, serta digunakan meskipun baru sekali, maka parfum tersebut pasti akan kadaluarsa suatu saat nanti. Namun berita baiknya, parfum biasanya akan kadaluarsa setelah dua tahun lamanya.

Namun menurut Clement Gavarry seorang ahli parfum yang telah bekerjsama dengan sejumlah merk ternama seperti Giorgio Armani, Calvin Klein, Tom Ford and Chloé, parfum akan berumur lebih panjang jika disimpan di tempat yang terlindung dari sinar matahari secara langsung.

“Jika wewangian dijauhkan dari sinar matahari dan suhu tinggi, mereka akan bertahan lebih lama,” tambah Gavarry. “Namun jika wewangian disimpan dalam suhu hangat, cairannya akan berubah lebih cepat, dan hanya akan memiliki umur simpan tiga hingga enam bulan.” ujarnya kemudian.

Gavarry juga mengingatkan adanya resiko yang tak boleh disepelekan, ketika kita nekat memakai parfum yang sudah expired atau kadaluarsa. Iritasi kulit dan alergi, menjadi dua hal yang harus diwaspadai ketika menggunakan parfum yang kadaluarsa. Hal ini tentu akan semakin parah jika dialami oleh mereka yang memiliki kulit sensitif.

Baca juga :  Solvo Berinovasi Di Tengah Pandemi Lewat Kolaborasi

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa parfum favorit kita sudah kadaluarsa?

  1. Pertama tentu saja dari aromanya
    Salah satu cara sederhana dan paling kentara kalau parfum favorit kita sudah kadaluarsa tentu dari aromanya. Beberapa parfum akan mengeluarkan aroma mirip besi berkarat jika sudah kadaluarsa. Namun sebaliknya ada juga parfum yang justru pudar aroma harumnya jika sudah expired atau tak layak digunakan lagi.
  2. Kedua dari warna cairannya yang berubah
    Kalau Anda memiliki parfum di wadah kaca yang bening, cara mengetahui apakah wewangian tersebut sudah kadaluarsa atau belum tentu dilihat dari warna cairannya. Indikasi lain bahwa parfum telah kedaluwarsa adalah perubahan warna pada cairannya. Gavarry sendiri membagikan tips mengetahui warna parfum yang sudah kadaluarsa dengan menyemprotkannya ke tisue terlebih dahulu. “Jika warnanya terlihat lebih gelap atau memiliki noda kuning saat disemprotkan ke tisue, itu biasanya berarti wewangiannya telah teroksidasi,” begitu kata Gavarry.
  3. Melihat tanggal kadaluarsanya
    Beberapa orang mengalami kesulitan melihat tangga; kadaluarsa parfum favorit mereka, karena sudha terlanjur membuang dus kemasan wewangian tersebut. Padahal biasanya pada kemasan parfum, sudah ditulis sampai kapankah parfum itu bisa digunakan dan bagaimana cara menyimpannya agar aromanya tetap harum dan juga tak berubah warna. karena itulah sebaiknya sebelum membuang kemasan parfum favoritmu, catat dulu tanggal kadaluarsa dari wewangian yang kamu beli itu.
  4. Minta tolong temanmu
    Mintalah temanmu untuk mencium parfum tersebut, untuk mengetahui apakah aromanya telah berubah atau tidak. Ini karena hidung kita yang biasa menggunakan parfum tersebut, akan menjadi kurang sensitif sehingga tak peka dengan perubahan aroma pada parfum favorit kita.
Baca juga :  Penting di Masa Pandemi, 3 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Anak untuk Meningkatkan Imun Tubuh Mereka

Nah itulah beberapa cara sederhana yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah parfum favorit kita sudah kadaluarsa atau belum. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...