Home Nasional Jokowi Harap Lulusan Kampus Ciptakan Lapangan Kerja

Jokowi Harap Lulusan Kampus Ciptakan Lapangan Kerja

TELENEWS.ID – Nadiem Makarim mengklaim sebanyak 160 korporasi disebut telah menawarkan sebanyak 20.000 posisi untuk magang bersertifikat selama satu semester di luar kampus. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini juga menyebut bahwa dukungan perusahaan bertaraf internasional ini sangat berpengaruh besar dalam Program Kampus Merdeka yang telah ia gagas tersebut.

“Hari ini, kami luncurkan Program Kampus Merdeka Festival. Partisipasi dunia luar biasa, ada 160 perusahaan kelas dunia bergabung untuk menawarkan 100 posisi per perusahaan untuk magang bersertifikat satu semester di luar kampus,” katanya dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Selasa (15/6).

Nadiem sesumbar, tawaran perusahaan kelas dunia tersebut merupakan suatu kesempatan luar biasa. Sebelumnya, ada perusahaan menawarkan 100 posisi.

Dalam acara peluncuran festival itu, ia menerangkan bahwa Program Kampus Merdeka menjadi wadah untuk mencapai visi sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Kemendikbud Ristek disebut ingin memerdekakan kampus dari berbagai jenis sekat baik sekat antara academia dan industri, riset dan pembelajaran, serta sekat antar fakultas dan antar prodi.

Di sisi lain, Kemendikbud Ristek juga telah mempersiapkan rancangan 8 indikator kinerja utama (IKU) yang digunakan untuk memberikan insentif keuangan kepada perguruan tinggi negeri (PTN) dalam memaksimalkan jumlah mahasiswa yang keluar kampus, mendapatkan pembelajaran di universitas lain, ke luar negeri, kewirausahaan, magang bersertifikat, mengajar, hingga mencari pengalaman di dunia industri.

Nadiem juga mengatakan bahwa pihaknya juga menerima masukan dari Komisi X tentang pentingnya mengukuhkan Program Kampus Merdeka dalam regulasi dan turunannya seperti guru penggerak, sekolah penggerak, SMK Pusat Keunggulan, revitalisasi SMK, KIP dan KIP-K atau KIP Kuliah, pengadaan APK dan TI, event kebudayaan, dan lain sebagainya.

Adanya program ini, Presiden Joko Widodo berharap agar lulusan perguruan tinggi dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Ia mengklaim bahwa keterlibatan dunia industri dalam pendidikan di perguruan tinggi sangat penting untuk transfer iptek.

Baca juga :  Misteri S.S. Ourang Medan, Kisah Kapal Hantu di Selat Malaka

Selain itu, sambung Presiden Jokowi, antar perguruan tinggi dirasa perlu bekerja bersama dan berkolaborasi dalam mempercepat pengembangan dan penguasaan iptek terbaru. Dalam diskusi Festival Kampus Merdeka 2021 pun ia menyatakan jika Iptek yang terbaru pun mungkin saja belum dikuasai oleh kampus namun sudah berkembang di dunia industri.

Presiden Jokowi juga mengingatkan agar lulusan perguruan tinggi selalu meningkatkan skill dan wawasan terhadap iptek yang terbaru. Alasannya, masa depan bakal penuh dengan disrupsi yang menuntut lulusan perguruan tinggi mampu beradaptasi terhadap arus perubahan yang cepat dan kompetitif.

“Tanpa belajar terus-menerus, lulusan kita akan tertinggal oleh perkembangan iptek, yang sekali lagi sangat pesat,” jelas Presiden Jokowi.

Oleh karena itu, lulusan perguruan tinggi harus memiliki kemampuan berinovasi bukan hanya kelebihan dari segi akademik. Lulusan perguruan tinggi juga diminta mampu menyelesaikan masalah sosial dalam masyarakat.

Baca juga :  Pemerintah Kota Lhokseumawe – Aceh, Bangun Rumah Dinas Kajari Di Atas Lahan Sengketa

Menurut Politikus asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini, karya yang dihasilkan bukan hanya sebatas karya ilmiah, namun juga memecahkan masalah sosial melalui pemanfaatan teknologi, inovasi dan kewirausahaan.

Presiden Jokowi pun menginginkan agar lulusan perguruan tinggi dapat menyelesaikan masalah sosial dalam masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan. Dari hal tersebut, dibutuhkan juga pentingnya pendidikan kewirausahaan, interaksi, dan intensif dalam dunia industri sebagai kunci yang penting bagi karya-karya inovatif bagi lulusan di negara Indonesia.

Di sisi lain, Jokowi juga berharap, lulusan perguruan tinggi memiliki dedikasi kuat untuk kemajuan bangsa, kemanusiaan, dan toleransi dalam kebhinekaan. Itu watak yang tidak boleh ditawar. (Uswatun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...