Home Daerah Jokowi Klaim Tol Semarang-Demak Bisa Kendalikan Banjir

Jokowi Klaim Tol Semarang-Demak Bisa Kendalikan Banjir

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke proyek pembangunan tol Semarang – Demak menyebut jika jalur bebas hambatan Semarang – Demak, Jawa Tengah ini istimewa. Pasalnya, jalur bebas hambatan yang terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut tersebut dapat mengendalikan banjir rob yang biasanya meluap.

Menurut Presiden Jokowi, jalan tol Semarang – Demak akan berfungsi untuk pengendalian banjir dengan adanya fungsi kolam retensi, adanya nanti tanggul laut dan pengembangan area yang tadinya terendam bakal menjadi kering.

Selain itu, adanya jalur tol ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan arus lalu lintas yang dilewati oleh kendaraan-kendaraan besar terutama dari Kaligawe menuju ke Bandara Ahmad Yani Kota Semarang.

Adapun jalur tol Semarang – Demak ini bakal memiliki panjang sekitar 26,7 kilometer dan terbagi menjadi dua seksi. Seksi pertama dari Kaligawe – Sayung sepanjang 10,39 kilometer dan Seksi kedua dari Sayung ke Demak yang ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi dan rombongan sekitar 16,31 kilometer.

Fasilitas jalan berbayar itu bakal menghubungkan beberapa lokasi dari Semarang, Demak, Rembang di Jawa Tengah hingga Tuban dan Gresik di Jawa Timur. Adapun untuk ruas Gresik Surabaya telah terhubung jalan tol dan telah dioperasikan.

Sementara itu, Presiden Jokowi berharap agar kawasan di sekitar Seksi 2 tol Semarang – Demak yang kini masih terendam rob yang meluap, kelak akan menjadi kering. Kemudian nantinya bisa dimanfaatkan menjadi kawasan industri serta pendukungnya. Sehingga, muncul pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru.

“Kita harapkan ini segera bisa diselesaikan sehingga sekali lagi, mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah,” sambung Jokowi.

Di sisi lain, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa pembangunan proyek strategis nasional (PSN) ini menghadapi kendala dalam pelaksanaannya berupa lahan. Diketahui bahwa status tanah warga yang berada di perbatasan Kota Semarang – Demak adalah salah satu yang terdampak.

Baca juga :  Alasan DPRD Padang Belum Sahkan Ranperda Perumda PSM

Oleh karena itu, politikus asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berharap adanya ketegasan dari pemerintah sehingga tidak ada masyarakat yang dirugikan. Pasalnya, warga terdampak serta terancam takkan mendapat biaya pembebasan lahan sebab lahannya tenggelam air laut serta dinyatakan musnah akibat kondisi alam yang rawan bencana.

“Tol yang sebagai tanggul laut ternyata masih terjadi perdebatan yang menentukan tanah musnah. Siapa yang berwenang agar rakyat tidak dirugikan? Karena kalau dinyatakan tanah musnah, tidak dapat ganti rugi,” tuturnya, beberapa waktu lalu. (Uswatun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...