Home Nasional Jokowi Reshuffle Enam Menteri

Jokowi Reshuffle Enam Menteri

TELENEWS.ID- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo umumkan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12).

Sebanyak enam nama yang diumumkan Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai menteri-menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Keenam nama tersebut antara lain, Tri Rismaharini yang menggantikan Juliari Batubara. Wali Kota Surabaya itu diangkat sebagai Menteri Sosial.

Kedua, ada Sandiaga Salahuddin Uno yang menggantikan Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ketiga, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto digantikan Budi Gunadi Sadikin.

Selanjutnya, menteri keempat yang bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju yakni Yaqut Cholil Qoumas. Ia menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama.

Kelima, Presiden Jokowi mengenalkan Wahyu Sakti Trenggono untuk menggantikan jabatan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KP). Dan terakhir, nama M Lutfi dipercaya menggantikan posisi Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan.

Bukan hanya, menteri baru dalam reshuffle kabinet yang diperkenalkan Jokowi. Ada tambahan lima nama yang menjadi wakil menteri di jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Kelimanya antara lain, Letjen TNI Muhammad Herindra yang diangkat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Kedua, ada nama Edward Komar Syarief yang dipercaya sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM.

Selanjutnya, nama Dante Saksono Harbuwono ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kesehatan. Nama keempat ada Harfiq Hasnul Qobri yang dipercaya di posisi sebagai Wakil Menteri Pertanian.

Terakhir nama Pahala Nugraha Mansury dipercaya sebagai Wakil Menteri BUMN. Pahala menggantikan Budi Gunadi Sadikin.

Bukan tanpa sebab Presiden Jokowi rombak jajaran kabinetnya. Keenam menteri tersebut digantikan karena memiliki sejumlah persoalan dalam kinerjanya.

Seperti halnya dua nama menteri yang terjerat kasus korupsi. Keduanya yakni Menteri Sosial Juliari Batubara serta Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Baca juga :  Kepala BNN Baru dengan Segudang Prestasi

Juliari Batubara diduga terlibat kasus penyalahgunaan pengadaan bantuan sosial. Sementara, Edhy Prabowo diduga terkait kasus korupsi ekspor benur atau bibit lobster.

Keduanya dibekuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam waktu yang tidak lama di tahun 2020 ini.

Selain itu, keempat menteri lainnya dicopot karena kinerjanya kurang maksimal dalam pemerintahan. Presiden Jokowi pun menyoroti nama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Menkes Terawan dinilai kurang tanggap dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Sementara, nama Wishnutama dinilai kurang maksimal dalam mengendalikan pemerintahan bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal tersebut pun sama, tak lepas dalam kondisi pandemi Covid-19.

Rombakan Kabinet Indonesia pun tak lepas dari tanggapan dari beberapa pihak. Seperti Burhanuddin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik yang memberikan apresiasi atas keputusan terbaik Presiden Jokowi dalam reshuffle kali ini.

Ia memiliki harapan kepada menteri baru agar kinerja mereka sesuai apa yang diinginkan oleh publik.

Tak ketinggalan, nama Fadli Zon ikut memberi tanggapan dengan ucapan selamat kepada para menteri baru. Fadli pun menaruh harapan dalam perbaikan dan kemajuan di kementerian yang dipimpin oleh menteri baru.

Baca juga :  Polemik Pesawat Kepresidenan: dari Anggaran Hingga Warna Pesawat

“Selamat bekerja kepada semua menteri baru yg tadi diumumkan Presiden Jokowi. Semoga amanah, terjadi perbaikan dan kemajuan di kementerian-kementerian ini. Gentle reminder, tak ada visi misi menteri, yg ada visi misi Presiden,” tulis Fadli di akun Twitternya, @fadlizon. (Dion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...