Home Nasional Hukum Kakorlantas Himbau Anggotanya Kedepankan Humanis dan Persuasif di Masa New Normal

Kakorlantas Himbau Anggotanya Kedepankan Humanis dan Persuasif di Masa New Normal

TELENEWS. id,  JAKARTA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas)  Polri Irjen Istiono menyampaikan bahwa segenap jajaran Korps Lalu Lintas (Kakorlantas)  diminta untuk mengedepankan tindakan yang humanis dan persuasif di lapangan selama masa news normal pandemik virus corona atau Covid-19.

“Situasi new normal kita harud menyesuaikan diri pada tataran pelaksanaan di lapangan,  utamakan tindakan kemanusiaan,  persuasif,  dan humanis. Pedomani format polisi sipil.” kata Istiono saat memimpin upacara penutupan Operasi Ketupat 2020 di Markas Korlantas, MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020).

Istiono mengungkapkan,  setiap personel Korlantas harus mempunyai empati,  jangan mudah terpancing dan emosi. Karena, kata dia di lapangan personel menghadapi berbagai macam latar belakang orang baik budaya,  suku dan pendidikannya. 

Meski dinamika di lapangan begitu dinamis, Istiono meminta kepada jajaranya untuk mempedomani bahwa tindakan hukum yang tegas adalah pilihan terakhir. “Bahwa sesuai arahan Kapolri keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi. Jadilah polisi berkarakter baik, jangan arogan di lapangan,” imbau Istiono. 

Namun,  dia menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Ketupat 2020 dimana saat masa pandemi Covid-19 ini berbeda seperti Operasi Ketupat dari tahun ke tahun yang hanya dilakukan selama 14 hingga 15 hari. 


Dia menambahkan, operasi Ketupat 2020 situasinya lain dan belum ada contoh bagaimana menyusun langkah dan memajeman Operasi Ketupat 2020 ditengah pandemi ini.

“Sampai saat ini semua berjalan dengan aman, lancar, kondusif gak ada ekses apapun ini berkat peran rekan-rekan yang terlibat dalam Operasi Ketupat,” pungkasnya. 


Di masa pandemik virus corona baru atau Covid-19 ini, gelaran Operasi Ketupat 2020 memang berbeda. Operasi digelar cukup panjang. Dimulai pada 24 April hingga 31 Mei, dan diperpanjang tujuh hari hingga 7 Juni 2020 atau 45 hari. Operasi pun digelar serentak di 34 Polda seluruh jajaran dengan melibatkan 175 ribu personel gabungan.

Baca juga :  Diam diam Indonesia dan Tesla Telah Tanda Tangani Perjanjian Kerahasiaan

 Bukan hanya waktu operasi yang panjang, dalam Operasi Ketupat 2020 ini jajaran Korlantas juga menjalankan penerapan larangan mudik yang telah ditetapkan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Sementara itu, dari catatan Korlantas Polri, sebanyak 78.455 ribu kendaraan diputar balik selama Operasi Ketupat 2020 karena mencoba mudik. Dari 146 titik pos penyekatan atau check point yang dibentang mulai dari Polda Lampung hingga Jawa Timur.


 Kemudian,  untuk arus balik, sebanyak 77.448 ribu kendaraan dipaksa putar balik sehingga gagal masuk ke Jakarta. Dan di hari terakhir pelaksanaan Operasi Ketupat 2020, Korlantas menghalau 1.763 kendaraan karena pemudik tidak memiliki surat izin keluar masuk (SIKM). 

Baca juga :  Jadi Menristek Indonesia Terakhir, Bambang Brodjonegoro Mengaku Sedih


Dengan begitu, total selama 45 hari menggelar operasi sebanyak 157.666 ribu kendaraan dihalau oleh jajaran polisi sabuk putih .(panjaitan/rmol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...

Kompetisi Sepak Bola Dalam Negeri Malah Meredam Prestasi di Kancah Internasional

TELENEWS.ID – Sepak Bola merupakan salah satu olahraga peringkat pertama yang menjadi favorit bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Pesta sepak bola di...