Home Travel Agenda Wisata Kalender Even Pariwisata Akhir Tahun dan Even Terbaik Kementerian Pariwisata

Kalender Even Pariwisata Akhir Tahun dan Even Terbaik Kementerian Pariwisata

TELENEWS.ID – Bagi pecinta dan pelaku bisnis pariwisata dan budaya, ada beberapa even bertaraf internasional yang ditunggu-tunggu kehadirannya dan biasanya selalu diadakan di akhir tahun.

International Tourism Studies Association (ITSA) Biennial Conference

Konferensi Biennial ITSA ini merupakan wadah bertukar pikiran dan penelitian di bidang pariwisata. Tujuannya, untuk mengembangkan jaringan akademisi sekaligus memberikan kesempatan bertemunya para delegasi peneliti dari berbagai negara berkumpul dan berdiskusi dengan topik bertema Budaya, Manusia dan Teknologi sebagai kekuatan penggerak pariwisata.

Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Universitas Pancasila dan James Cook University Singapore. Konferensi akan diadakan dalam format hybrid (on site dan online).

Konferensi utama diselenggrakan di Jakarta pada tanggal 2-3 Desember 2020 di JS Luwansa Hotel & Convention Centre, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta.

Kemudian akan diikuti oleh Singapore Paper Hackathon pada tanggal 5 Desember 2020 di JCU Singapore Campus, 149 Sims Drive, Singapore 387380 (gratis bagi peserta online yang berminat).

Konferensi Internasional tentang Ekonomi Kreatif, Pariwisata & Manajemen Informasi

Lengkapnya adalah sebuah konferensi Internasional tentang Ekonomi Kreatif, Pariwisata dan Manajemen Informasi. Even ini akan mengangkat bidang-bidang seperti Ekonomi, Pariwisata, Perhotelan, Inovasi Bisnis, Kewirausahaan, Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Representasi Pengetahuan dan Ontologi.

Konferensi ini akan diadakan pada tanggal 18-19 Desember 2020 di Horison Ultima Riss Malioboro Yogyakarta, Jetis, Indonesia.

Seperti dilansir dari laman indonesia.go.id, selain even di atas, ada 100 acara pariwisata unggulan lain yang digelar setiap tahunnya.

Kementerian Pariwisata juga menetapkan 10 Top Calendar of Events (CoE) berskala internasional yang dianggap terbaik, dan telah berhasil mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) dalam jumlah besar.

10 even tersebut adalah :

  1. Pesta Kesenian Bali

Pesta Kesenian Bali (PKB) adalah festival seni tahunan di Bali, yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya Bali. Festival ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1979 dan telah menjadi festival seni terlama di Indonesia.
Acara yang diadakan selama sebulan ini diawali dengan parade pengukuhan yang biasanya digelar di pelataran Monumen Bajra Sandhi dan berlanjut di venue utamanya, Bali Arts Center, Denpasar. Festival ini juga menampilkan kompetisi, seminar, pameran seni, kerajinan tangan, dan masakan khas Bali.

  1. Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval (JFC) merupakan karnaval tahunan yang diadakan di kota Jember Jawa Timur.

JFC merupakan acara kemeriahan pada umumnya, kurang lebih mengikuti gaya Brazil, dengan prosesi penari dengan kostum mewah dengan menampilkan motif tradisional Indonesia bertema dunia atau bertema alam.

JFC awalnya adalah sebuah pekan mode bertema dunia yang direalisasikan oleh perancang busana lokal bernama Dynand Fariz pada tahun 2001. Idenya tercipta dengan mengusung seni Reog Ponorogo dan parade berjalan dengan menggenakan kostum yang menarik, lincah, warna cerah namun memiliki jati diri khas kota Jember.

  1. Banyuwangi Ethno Carnaval

Banyuwangi Ethno Carnaval (BEC) adalah sebuah karnaval berupa festival parade
busana etnik yang setiap tahun digelar dalam rangkaian Banyuwangi Festival, yaitu perpaduan budaya Jawa, Madura, Bali, Padalungan, dan Osing bercampur menjadi suatu ekspresi seni yang unik dan menarik. Karnaval juga disertai alunan suara dan gerak Gandrung Sewu yang menjadi ikon Kabupaten Banyuwangi.

Baca juga :  Karakter Kopi Nusantara yang Mendunia

Dan rute parade yang dilalui adalah dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi melewati jalan-jalan protokol Kota Banyuwangi sepanjang 2,2 kilometer.

  1. Art Jog

ArtJog adalah pameran seni kontemporer yang diadakan setiap tahun di Taman Budaya Yogyakarta, Indonesia. Pameran ini dimulai sejak tahun 2008 sebagai bagian dari Festival Seni Yogyakarta. Berkolaborasi dengan praktisi dokumenter, ARTJOG berusaha untuk merekam realita dan menghadirkannya ke publik.

  1. Sanur Village Festival

Sanur tercatat sebagai salah satu kawasan pariwisata yang berkembang paling pesat di Bali. Untuk itulah Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) menyediakan wadah yang dapat menjembatani kepentingan warga dengan pelaku industri pariwisata dengan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar dan pelestarian lingkungan serta tradisi dan budaya. Satu bentuk kegiatan tersebut adalah Sanur Village Festival (SVF) yang digagas sejak tahun 2005.

Menurut ketua YPS, Ida Bagus Sidharta, dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut, SVF berhasil menarik sekitar 100.000 pengunjung dengan total transaksi sekitar 45 miliar rupiah.

  1. Iron Man 70.3 Bintan
Baca juga :  Mantan CEO PT Astra Otoparts TBK yang Sukses Membangun Pertanian Organik

Iron Man 70.3 merupakan salah satu kejuaraan triathlon yang diadakan di Pulau Bintan, Kepulauan Riau dan diselenggarakan oleh korporasi triathlon dunia (WTC).

  1. Borobudur Marathon

Borobudur Marathon adalah ajang lari marathon bertaraf internasional sejauh 42,195 kilometer. Kegiatan ini bertujuan untuk menyeimbangkan tubuh, jiwa dan alam secara harmonis

Diadakan di sekitar Kompleks Taman Lumbini, kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang menyuguhkan pesona alam yang begitu kental dengan budayanya.

  1. Java Jazz

Jakarta International Java Jazz Festival (JJF) atau lebih dikenal Java Jazz adalah salah satu festival jazz terbesar di dunia yang menyuguhkan berbagai genre musik jazz dan bisa dibilang yang terbesar di dunia yang diadakan di Jakarta, Indonesia.

Festival ini diadakan untuk pertama kalinya pada tahun 2005, yang didirikan oleh pengusaha Indonesia Peter F. Gontha.

  1. F8 Festival

Disebut F8 karena festival ini memadukan seluruh potensi kreatif dari Fashion, Food, Fiction Writers & Fonts, Fine Art, Folks, Fusion Music, Flora & Fauna dan Film, yang berakar pada tradisi dan budaya lokal.

Selain itu, acara-acara lain yang digelar pada festival tersebut diantaranya Flying Kite, Flying Board, Indonesia Creative Cities Conference dan masih banyak lainnya.

Acara ini digelar di kota Makassar, Ujung Pandang, Propinsi Sulawesi Selatan.

  1. Tomohon International Flower Festival

Festival Bunga Internasional Tomohon merupakan rangkaian acara seni dan budaya berskala internasional yang diadakan di sepanjang Jalan Tomohon oleh Pemerintah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara yang diikuti oleh peserta dari berbagai kota di Indonesia bahkan beberapa negara lainnya.

Acara tahunan ini pertama kali digelar pada 8 Februari 2006, dengan tujuan memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan seni dan budaya serta pariwisata Kota Tomohon ke mata masyarakat Indonesia dan dunia.

Festival ini menampilkan beberapa kendaraan hias yang dihias dengan menggunakan berbagai macam bunga dengan berbagai bentuk dan variasi sesuai dengan karakter masing-masing peserta dari Kota Tomohon dan juga daerah lain.

Tertarik untuk hadir? Nantikan kehadiran mereka di tahun 2021 ya.

Penulis : Dwi Eppy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

IBM Peringatkan Adanya Kelompok Spionase Sasar Distribusi Vaksin Covid-19

TELENEWS.ID – Perusahaan konsultan teknologi multinasional IBM memperingatkan adanya sekelompok peretas yang menargetkan perusahaan-perusahaan distributor vaksin Covid-19. IBM menuliskan...

Pemerintah Akan Datangkan Bus dari Indonesia untuk Layani Jemaah Umrah dan Haji

TELENEWS.ID - Dalam upaya mendukung pelaksanaan ibadah umrah dan haji pasca pandemi Covid-19, pemerintah berencana akan mengupayakan ketersediaan bus-bus buatan Indonesia yang...

Bank Indonesia Optimis Ekonomi Nasional Pulih Di Tahun 2021

TELENEWS.ID - Bank Indonesia menyatakan optimis, ekonomi Indonesia akan segera pulih di tahun 2021 dengan adanya penguatan sinergi di semua lini, lima...

Bawang Putih Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

TELENEW.ID - Adakah di antara Anda yang menjadikan bawang putih sebagai penyedap favorit dalam setiap masakan?  Ternyata, selain sebagai...