Home Gaya hidup Kamu Harus Tahu, Inilah Manfaat Penting Berani Mengakui Kesalahan Seperti Rachel Vennya

Kamu Harus Tahu, Inilah Manfaat Penting Berani Mengakui Kesalahan Seperti Rachel Vennya

Telenews.id- Rachel Vennya akhirnya mengaku secara blak-blakan, bahwa ia memang tak menjalani karantina di Wisma Atlet setelah pulang dari Amerika beberapa waktu lalu. Sempat menuai hujatan dari warga net, ibu dua anak ini akhirnya mengakui kesalahannya yang tak menjalani karantina mengikuti anjuran pemerintah.

Di kanal YouTube milik Boy William, wanita yang kerap disapa dengan panggilan Buna ini secara terbuka mengakui kesalahannya. “Betul. Aku pulang dari Amerika dan aku enggak menjalani karantina seperti yang seharusnya pemerintah anjurkan,” jawab Rachel Vennya. Mantan istri Niko Al Hakim ini juga mengakui bahwa apa yang ia lakukan salah, dan tidak layak untuk dicontoh oleh orang lain.

“Perlakuan aku ini salah dan enggak ada pembenaran sama sekali. Alasan aku juga enggak bisa dibenarkan sama sekali. Alasan aku juga enggak bisa diterima,” ujarnya. Kangen anak jadi alasan Rachel, tidak mengikuti karantina sepulangnya ia dari luar negeri. Namun selebgram ini menyadari apa yang ia lakukan memang salah, terlepas apapun itu alasannya.

“Aku minta maaf apa pun itu alasannya. Mau aku bilang kangen sama anak-anak, aku enggak mau itu dijadiin pembenaran. Tapi saat itu kenyataannya memang seperti itu,” ujar Rachel Vennya lagi.

Memang perlu hati yang besar dan keberanian untuk mengakui kesalahan seperti apa yang dilakukan oleh Rachel Vennya. Namun tentu saja tak semua orang memiliki keberanian dan kebesaran hati untuk mengakui kesalahan mereka. Padahal ada banyak manfaat terutama untuk kesehatan psikologis, saat kita berani mengakui kesalahan kita.

  1. Mencegah masalah semakin membesar
    Daripada menunggu masalah menjadi berlarut-larut, lebih baik kamu berhati besar dan mengakui kesalahanmu sekarang. Dibandingkan secara terbuka mengakui, memperbaiki kesalahan membutukan banyak waktu dan tenaga. Mengakui dan menyelesaikan kesalahan dengan cepat, dapat mencegah banyak masalah di kemudian hari. Hampir selalu, semakin cepat kesalahan diperbaiki, semakin kecil dampaknya dan semakin cepat masalah diselesaikan.
  2. Membuat perasaanmu menjadi lega
    Akuilah bahwa perasaan bersalah, menjadi salah satu beban mental yang membuat perasaan kita was-was dan tidak tenang. Mungkin kamu bisa menghindar, namun jauh di sudut hatimu yang paling dalam, perasaan bersalah dan tak tenang akan mempengaruhi mental dan psikologismu juga. Dengan mengakui kesalahan, maka perasaanmu akan menjadi lebih lega dan kamu pun tak akan memiliki beban emosional lagi.
  3. Kamu tak perlu untuk terus-terusan berbohong lagi
    Semakin lama kamu menghindari untuk meminta maaf, maka akan semakin sering juga kamu melakukan kebohongan untuk menutupi kesalahanmu. Mungkin kamu tak menyadarinya namun semakin sering kamu berbohong, maka kepercayaan orang kepadamu juga akan semakin menipis. Hal ini akan berakibat buruk untukmu di kemudian hari, ketika orang-orang tak lagi percaya dan memiliki trust issue padamu akibat kebohongan yang kamu lakukan untuk menutupi kesalahanmu.
  4. Menyelamatkan reputasimu
    Mengakui kesalahan tidak pernah mudah. Hal ini membutuhkan kekuatan dan keberanian yang cukup besar. Hanya orang-orang hebat yang dapat menerima dan akhirnya mengakui, jika mereka melakukan kesalahan. Ketika orang menghindari untuk membuat alasan yang bertele-tele dan mengakui kesalahannya, kepribadian mereka yang kuat dan berani menjadi terlihat di depan orang lain. Hal ini membuat orang-orang semakin mempercayaimu karena kejujuran yang kamu tunjukkan, sekaligus dan menyelamatkanmu dari kehilangan reputasi juga.
Baca juga :  6 Kebiasaan Pagi Ini Hanya Bisa Dilakukan Oleh Orang Yang Bahagia, Kamu Termasuk?
Baca juga :  6 Kebiasaan Pagi Ini Hanya Bisa Dilakukan Oleh Orang Yang Bahagia, Kamu Termasuk?

Keberanian Rachel Vennya mengakui kesalahannya memang patut mendapat acungan jempol. Namun tentu saja, dia tetap harus mempertanggungjawabkan kesalahannya. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...