Home Gaya hidup Kamu Harus Waspada, Kenali Ciri-ciri Teman Suka Pansos Yang Bakal Merugikanmu

Kamu Harus Waspada, Kenali Ciri-ciri Teman Suka Pansos Yang Bakal Merugikanmu

Telenews.id-Pansos alias panjat sosial menjadi sebuah istilah yang trend belakangan ini. Pansos sendiri memiliki stigma negatif karena hal ini digunakan untuk menggambarkan perilaku seseorang yang ingin menaikkan namanya dan bahkan status sosial mereka, agar dikenal oleh banyak orang.

Pansos dicap negatif, karena tak jarang pelakunya akan melakukan segala cara agar keinginan mereka dikenal dan naik status sosialnya itu terpenuhi. Salah satunya tak jarang mereka tega untuk memanfaatkan orang lain agar keinginan tersebut bisa terpenuhi. Umumnya pertemanan yang mereka lakukan itu adalah suatu modus, agar mereka bisa mendapatkan keuntungan saat berteman dengan orang-orang yang populer atau dikenal secara luas oleh orang banyak.

Pelaku pansos adalah orang-orang yang ambisius dan kompetitif, karena yang mereka fikirkan adalah bagaimana caranya agar mereka selalu diatas dan mengungguli orang lain. Mereka tak akan pernah puas, kalau ada orang lain yang posisinya berada lebih tinggi di lingkaran kehidupan mereka. Tujuan tukang pansos untuk selalu menjadi yang teratas ada kalanya membuat mereka menjadi orang yang egois, dan tak pernah bersyukur dengan apa yang mereka miliki.

Pelaku pansos kadang tak terlihat dan mungkin saja menyaru menjadi salah satu teman kita. Jika sudah begitu, maka bisa saja kamu akan dimanfaatkan untuk menggapai tujuan dan keinginan mereka agar selalu unggul. Memang pelaku pansos tidak memiliki modus yang sama satu dengan lainnya, namun kamu bisa mendeteksi seseorang pansos atau tidak dari ciri-ciri berikut ini:

  1. Hanya berteman dengan yang status sosialnya tinggi saja
    Salah satu ciri si tukang pansos adalah kebiasaan mereka yang berteman dan mendekati mereka yang punya status sosial tinggi saja. Jika salah satu temanmu menolak untuk berkumpul dengan teman lain yang mungkin status sosialnya lebih rendah dari kalian, bisa saja dia hanya berteman denganmu karena tahu status sosialmu yang tinggi dan bisa meningkatkan pamor mereka juga.
  2. Boros uang demi beli barang branded
    Pelaku pansos ingin selalu terlihat lebih dan diatas dari orang-orang disekitarnya. Salah satunya hal itu mereka tunjukkan dengan membeli barang-barang branded, yang sebetulnya diluar daya beli mereka. Mereka tak segan menggelontorkan banyak uang demi barang branded, bahkan meskipun itu KW super dan bukan yang asli. Hati-hati ketika sudah kehabisan uang, mereka tak segan akan memaksa berhutang padamu demi memenuhi keinginanya membeli barang-barang branded.
  3. Gemar merendahkan orang lain
    Para pelaku pansos juga tak jarang punya perilaku untuk merendahkan atau membicarakan keburukan dari orang lain. Mereka tak segan untuk merendahkan seseorang, demi terlihat lebih tinggi atau lebih baik dari mereka. Kalau tidak waspada, kamu juga bisa menjadi objek untuk dia rendahkan ketika ia berkumpul dengan orang lain pula.
  4. Suka pamer di medsos
    Mereka yang pansos juga punya kecenderungan untuk memamerkan kehidupan mewah mereka di media sosial. Ada yang melakukannya secara langsung, namun ada juga yang pamer dengan cara humblebrag atau merendah untuk meninggi. Tujuannya jelas, mereka haus akan pengakuan orang lain. Tak jarang, orang-orang seperti ini nekat berhutang untuk sekedar bergaya mewah di depan kamera, kemudian memamerkannya di media sosial.
  5. Kurang rasa empati
    Para pelaku pansos juga tak jarang menggunakan kesusahan orang lain untuk menaikan pamor mereka. Kurangnya rasa empati membuat pelaku pansos kadang menggunakan kesusahan orang, untuk membuat mereka terlihat baik dimata orang lain. Salah satunya melakukan kegiatan amal, namun terus-terusan memposting aksi mereka di media sosial sambil menyebutkan apa-apa saja yang telah mereka sumbangkan kepadq orang lain. (Yuyun)
Baca juga :  Selain Kanker Usus Seperti Pelawak Qomar, Makan Mie Instant Bisa Tingkatkan Resiko Sakit Jantung Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...