Home Gaya hidup Kamu Wajib Coba, Inilah 6 Cara Sehat Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

Kamu Wajib Coba, Inilah 6 Cara Sehat Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

TELENEWS.ID – Waktu berbuka adalah saat yang dinantikan selama bulan Ramadan seperti sekarang ini. Bagaimana tidak karena sudah lebih dari 14 jam, kita berpuasa dengan menahan rasa lapar dan haus.

Namun sayangnya banyak orang yang kemudian menjadikan momen buka puasa sebagai ajang “balas dendam”. Segala jenis makanan akan disantap dalam jumlah besar saat berbuka puasa.

Padahal bulan Ramadan seharusnya jadi momen yang tepat untuk menerapkan pola makan sehat dan seimbang. Namun memang menahan diri dari semua makanan dan minuman di siang hari, dapat mempersulit untuk mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang. Terutama karena banyak makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa dapat mengandung gula atau lemak yang tinggi.

Namun ternyata ada loh kebiasaan sehat berbuka puasa yang bisa kamu coba dan mulai terapkan dari sekarang.

  1. Jangan menunda waktu berbuka
    “Menyegerakan berbuka dan mengakhirkan makan sahur” merupakan sunnah yang sebaiknya kita ikuti di bulan Ramadan ini. Namun selain sunnah, menyegerakan berbuka bermanfaat untuk kesehatan tidak makanan untuk jangka waktu yang lama itu tidak sehat. Terutama karena kita tinggal di negara tropis, puasa menguras nutrisi melalui keringat dan dapat membuat kita sangat lelah. Karena itulah segera berbuka, ketika waktunya tiba.
  2. Mulai dengan segelas air dulu
    Selama Ramadhan ketika seseorang tidak bisa minum air sepanjang hari, penting untuk menghidrasi tubuh dengan benar selama berbuka puasa. “Idealnya konsumsi jumlah air yang sama seperti jika kamu tidak berpuasa, jadi sekitar 2 liter untuk rata-rata orang dewasa. Asupan air harus ditingkatkan jika kamu cukup aktif di siang hari,” kata pakar nutrisi Hadeel Turkmani.
  3. Konsumsi buah secara rutin
    Disarankan agar menjauhi makanan dengan pengawet dan tambahan gula untuk berbuka puasa. Sebaliknya pilihlah buah-buahan dan salah satu yang ideal untuk berbuka puasa adalah kurma. Buah ini memiliki nilai gizi tinggi dan memiliki gula alami di dalamnya.
Baca juga :  Membantu Tumbuhkan Rasa Empati, Ini 4 Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih Seperti Easy On Me dari Adele

“Kurma memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka dicerna dan diserap pada tingkat yang lebih lambat di dalam tubuh, sehingga memungkinkan gula darah naik secara perlahan” ujar Turkmani yang menyarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 3 butir kurma saat berbuka. Selain kurma kamu juga bisa mengkonsumsi ceri, leci, anggur, dan buah jeruk lainnya, yang sehat untuk kulit dan tubuh selama musim panas.

  1. Makan sup dulu saat berbuka
    Memulai buka puasa dengan sup adalah pilihan yang bagus. Sup dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan yang sering dihadapi setelah perut kosong, dan makan secara tiba-tiba setelah seharian berpuasa. Sup juga merupakan cara sederhana untuk tetap terhidrasi. Kamu dapat memilih sup sayuran dengan ayam atau daging yang bernutrisi tinggi di dalamnya.
  2. Jangan skip karbohidrat
    Jangan melewatkan karbohidrat karena itulah yang akan menggantikan energi yang telah terpakai selama berpuasa. “Keseimbangan karbohidrat seperti kentang, pasta, nasi atau roti harus memenuhi seperempat piring saat berbuka. Sumber protein yang baik seperti ayam, ikan, atau daging harus memenuhi seperempat piring lagi. Sisanya adalah campuran sayuran yang ideal” begitu saran Hadeel Turkmani.
  3. Pastikan keseimbangan nutrisi ya guys!
    Menjalani pola makan seimbang selama Ramadhan adalah penting. Karena itu, pilihlah makanan kaya protein untuk makan sehat dan menjaga massa otot. Kamu juga bisa makan ikan, kacang-kacangan dan buah-buahan seperti alpukat untuk menjaga keseimbangan pola makan.
Baca juga :  8 Ramuan Herbal Ampuh Atasi Asam Urat Tanpa Obat

“Jangan terlalu ketat pada diri sendiri, tetapi jangan juga terlalu memanjakan diri ketika berbuka puasa, sehingga kamu masih bisa menikmati makanan yang kamu sukai. Cobalah untuk tetap seimbang, yang memang membutuhkan kesabaran namun tidak mustahil untuk dilakukan” tambah Turkmani lagi. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...