Home Nasional Kapal KMP Yunice Tenggelam Di Selat Bali, Berikut Fakta-Faktanya

Kapal KMP Yunice Tenggelam Di Selat Bali, Berikut Fakta-Faktanya

TELENEWS.ID – Setelah tragedi yang menimpa KRI Nanggala beberapa waktu silam, lautan sekitar Pulau Bali kembali memakan korban. Kali ini, Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunice diketahui tenggelam di perairan Gilimanuk, Jembrana. Berikut sejumlah fakta terkini musibah tersebut.

  1. Kapal Kemungkinan Besar Overload atau Kelebihan Muatan
    Berdasarkan data manifest yang berhasil diperoleh, terdapat total 57 orang penumpang dalam KMP Yunice, yang terdiri dari 41 penumpang biasa dan 16 Anak Buah Kapal (ABK). Namun Gubernur Bali, I Wayan Koster, mengungkap bahwa pihak berwenang menemukan selisih dari jumlah data manifest dengan kondisi sebenarnya. Pasalnya saat ini saja telah proses evakuasi masih berjalan dan telah menemukan 59 orang penumpang, 6 diantaranya dalam keadaan meninggal dunia.
  2. Pihak Kepolisian Bali Menyiapkan Posko Evakuasi
    Musibah tenggelamnya KMP Yunice membuat pihak kepolisian daerah Bali bergerak cepat dengan menyiapkan posko evakuasi korban di sejumlah titik terdekat dari perairan kejadian perkara. “Di Pelabuhan Gilimanuk, kami siapkan posko. Selain itu, persiapan juga dilakukan di puskesmas dan RSU Negara,” kata Kapolres Jembrana Ajun Komisaris Besar Polisi I Ketut Gede Adi Wibawa di Gilimanuk. Ketut juga menyebut bahwa pihaknya telah menyiapkan ruang ASDP di pelabuhan Gilimanuk untuk menampung para korban yang berada dalam keadaan sehat.
  3. Adanya Arus Laut Deras
    Seorang peneliti Laboratorium Data Laut dan Pesisir Badan Riset dan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, Widodo Setiyo Pranowo menyebut bahwa ada indikasi arus laut yang berkecepatan lebih dari 1 meter per detik saat KMP Yunice tenggelam hari Selasa (29 Juni) malam. Widodo juga menuturkan bahwa saat KMP Yunicee tenggelam, kondisi elevasi muka laut di Laut Bali lebih tinggi daripada elevasi muka laut di sekitar perairan rute Feri Ketapang-Gilimanuk hingga menyebabkan arus yang cukup deras.
  4. Disebabkan Oleh Kapal Oleng
    Dari hasil penyelidikan lebih lanjut, diduga KMP Yunice tenggelam setelah oleng dan tak mampu menjaga keseimbangan. Penyebabnya adalah ketika kecepatan kapal yang diturunkan atau dikurangi pada saat proses merapat ke Pelabuhan Gilimanuk, ada arus kencang dari arah utara menuju ke selatan yang mendorong lambung kapal, sehingga menyebabkan stabilitas kapal terganggu kemudian kapal oleng dan miring.
Baca juga :  Kala Marinir Jerman Beri Penghormatan Terakhir Pada Awak KRI Nanggala

Beban di atas kapal pun sebagian besar bergeser dan menumpuk di sisi miring yang kemudian menyebabkan kapal tenggelam. Tak hanya itu, indikasi kelebihan muatan penumpang secara ilegal yang diangkut oleh KMP Yunice juga menjadi dugaan sementara penyebab KMP itu tenggelam di selat Bali. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...