Home Nasional Karamnya Nanggala-402, Inilah 6 Laut Paling Berbahaya di Indonesia

Karamnya Nanggala-402, Inilah 6 Laut Paling Berbahaya di Indonesia

TELENEWS.ID – Baru-baru ini Indonesia tengah berduka akibat musibah kapal Nanggala-402 yang menimpa sejumlah TNI AL yang kala itu sedang berlatih di perairan laut Bali.

Ditemukan di kedalaman 838 meter dengan kondisi kapal yang terpecah menjadi tiga bagian, membuat pemerintah mengambil kesimpulan bahwa 53 awak kapal di dalamnya telah gugur, karena di kedalaman sejauh itu, tubuh manusia akan mengalami tekanan air yang sangat dahsyat dan mampu menghancurkan organ tubuh dalam waktu beberapa detik. Untuk itu, tentunya sangat kecil kemungkinan jika awal kapal selamat di dalamnya.

Berbicara tentang laut Bali yang memiliki arus relatif kuat dan dalam sehingga menjadi salah satu spot terbaik untuk latihan TNI AL yang meliputi kapal selam, sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak lautan luas yang memisahkan beberapa pulau. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 laut paling berbahaya di Indonesia.

  1. Laut China Selatan

Beberapa wilayah di Indonesia masuk ke Laut China Selatan. Dalam beberapa tahun ini, sejumlah kecelakaan kapal kerap terjadi di lokasi tersebut. Menurut informasi, Kondisi iklim di Laut China Selatan ini tidak stabil sehingga sangat tidak bersahabat untuk pesawat hingga kapal yang melintas di perairan tersebut.

  1. Segitiga Masalembo

Lokasinya berada di antara Kalimantan, Sulawesi dan Jawa, Segitiga Masalembo kerap memakan korban. Diantaranya tenggelamnya kapal hingga jatuhnya pesawat. Di lautan ini sering muncul ombak serta badai besar secara misterius, Segitiga Masalembo bahkan dipercaya oleh warga sekitar sebagai kerajaan jin.

  1. Selat Karimata

Terletak di antara Sumatra dan Kalimantan, kerap kali terjadi sejumlah kecelakaan yang cukup menghebohkan di Selat Karimata. Terlepas dari mitos yang kerap dikaitkan dengan hal mistis, kondisi cuaca serta kuatnya arus laut di lautan ini disebutkan tergantung pada angin yang melintas. Sehingga jika kondisi angin sedang kencang, maka sebaiknya untuk lebih waspada dalam melakukan aktivitas di lautan ini.

  1. Selat Bali
Baca juga :  Kisruh Partai Demokrat: Ketika Moeldoko Melengserkan AHY

Selat Bali dikatakan sering kali memakan korban. Rumor menyebutkan jika Selat Bali menjadi lokasi makhluk gaib berada. Namun telah dibuktikan secara ilmiah, terkait kondisi perairan ini yang arusnya relatif kuat dan dalam kemudian menjadi penyebab kecelakaan terjadi.

  1. Perairan Natuna Utara

Terdapat ratusan kecelakaan kapal yang terjadi di Perairan Natuna Utara sejak 1999 lalu, yang entah apa penyebabnya. Selain itu, Kerap kali terjadi badai di perairan tersebut. Lagi-lagi mitos menyebutkan jika hal buruk ini terjadi akibat kekuatan makhluk gaib di Perairan Natuna Utara ini.

  1. Laut Selatan

Laut Selatan menjadi salah satu lautan paling berbahaya di Indonesia, yang juga terkenal akan tokoh legendaris, Nyi Roro Kidul. Terletak di bagian selatan Indonesia dengan perairan yang tidak stabil, Laut Selatan sering kali menelan korban tenggelam.

Baca juga :  Wabah Covid-19, KIPP Indonesia : Kekosongan Kursi Wagub DKI harus Segera diisi

Serangkaian kecelakaan terkait kejadian-kejadian tidak biasa di Laut Selatan membuat banyak orang berspekulasi tentang adanya hal mistis di perairan tersebut. Termasuk adanya larangan untuk mengenakan baju hijau ketika berkunjung ke Laut Selatan ini.

Kerap dikaitkan dengan mitos serta hal-hal ghaib, namun penelitian telah mengungkap bahwa itulah 6 laut yang paling berbahaya di Indonesia dan kerap menelan banyak korban, yang sebagian besar sebabnya karena kondisi perairannya itu sendiri, yang memang cukup berbahaya. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...