Home Metropolitan Karena Covid-19, 343 Napi Rutan Cipinang Bebas

Karena Covid-19, 343 Napi Rutan Cipinang Bebas

TELENEWS.id, JATINEGARA – Sebanyak 343 narapidana di Rutan Klas I Cipinang hari ini resmi menghirup udara bebas karena mendapat hak asimilasi dan integrasi dari pemerintah.

Karutan Klas I Cipinang Muhammad Ulin Nuha mengatakan pembebasan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Kemenkumham Nomor 10 tahun 2020.

“Dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19. Pada Rutan Cipinang akan dikeluarkan warga binaan sebanyak 343 untuk asimilasi atau pun integrasi di rumah,” kata Ulin di Rutan Klas I Cipinang, Rabu (1/4/2020).

Berdasarkan Permen yang diteken Menkemhuam Yasonna H. Laoly, napi yang dapat asimilasi sudah menjalani setengah masa pidana.

Sementara bagi yang berhak atas integrasi diharuskan sudah menjalani dua per tiga masa pidana sesuai vonis Pengadilan.

“Untuk sementara 343, nanti kita sesuaikan dengan putusan Pengadilan. Karena yang sudah ada putusan 343, yang lain masih proses sidang,” ujarnya.

Lewat pembebasan 343 narapidana, Ulin menuturkan jumlah tahanan di Rutan Klas I Cipinang yang tadinya berjumlah 4.350 susut jadi 4.007.

Menurutnya pembebasan napi mengurangi risiko penularan Covid-19 di Rutan Klas I Cipinang yang sudah daya tampungnya sudah melampaui batas.

“Kalau misal ada keputusan dari Pengadilan kita sudah melaksanakan sidang secara online. Kalau ada putusan baru kita sesuaikan dengan ketentuan dengan pelaksanaan daripada Permen tersebut,” tuturnya.

Baca juga :  Pemprov DKI Klaim Pasien Covid-19 Sembuh Sebanyak 1.689 Orang
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...

Kompetisi Sepak Bola Dalam Negeri Malah Meredam Prestasi di Kancah Internasional

TELENEWS.ID – Sepak Bola merupakan salah satu olahraga peringkat pertama yang menjadi favorit bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Pesta sepak bola di...