Home Internasional Kasus Covid-19 Bertambah, AS Wajibkan Masyarakat Gunakan Masker

Kasus Covid-19 Bertambah, AS Wajibkan Masyarakat Gunakan Masker

Ilustrasi pengunaan masker (ist)

TELENEWS.id, AS– Penanganan lebih dari 3 juta kasus dan 37.000 lebih kematian, COVID-19 menjadi ancaman besar di Amerika sementara jumlah infeksi baru terus meningkat.

Di Elkhart Lake, Wisconsin, ribuan penggemar balap mobil IndyCar berkumpul dalam acara pertama yang ditonton publik, sejak virus corona menutup jalur-jalur balap di seluruh AS.

Penggunaan masker di acara itu disarankan namun tidak wajib.

Pebalap Matt Berg mengatakan, “Elkhart Lake adalah salah satu jalur balap terbaik di dunia. Jadi mereka mengambil tindakan berjaga-jaga, semua orang berhati-hati, saya tidak khawatir untuk pergi menonton.”

Jim Cossaart mengatakan, “Seluruh staf dan para pebalap mengenakan masker, tapi saya kira para penggemar kurang memahami hal itu.”

Di Florida, salah satu negara bagian di AS yang mengalami lonjakan kasus COVID-19, resor DisneyWorld yang popular, dibuka kembali bagi pengunjung untuk pertama kalinya setelah beberapa bulan ditutup dengan mewajibkan penggunaan masker di sebagian besar area taman hiburan itu.

Laksamana Brett Giroir, Wakil Menteri Kesehatan mengatakan, “Berdasarkan data yang kita miliki sekarang, tidak ada dampak buruknya memakai masker.” kata Brett seperti dikutip dari VOA Amerika.

Brett Giroir menekankan masker bisa mencegah penyebaran virus lebih lanjut, terutama di daerah-daerah di mana COVID-19 sedang meningkat.

Setelah berminggu-minggu menolak, Presiden Donald Trump untuk pertama kalinya mengenakan masker di depan umum ketika mengunjungi petugas layanan kesehatan dan pekerja perawatan kesehatan di Walter Reed Army Medical Center di pinggiran kota Washington DC.

“Saya rasa ketika kita berada di rumah sakit, terutama di tempat khusus di mana kita berbicara dengan banyak tentara dan orang yang baru saja keluar ruang operasi. Saya kira ini hari yang tepat untuk menggunakan masker. Saya tidak pernah menentang penggunaan masker melainkan berpendapat ada waktu dan tempatnya untuk itu,” ujar Trump .

Baca juga :  Angkatan Antariksa AS Telah Meluncurkan Pesawat Antariksa Militer ke Orbit

Dalam sesi tanya jawab online dari kediamannya di 10 Downing Street di London, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengisyaratkan pembatasan ketat di seluruh Inggris sementara undang-undang baru di Skotlandia mewajibkan penggunaan masker di toko-toko.

“Tapi penutup muka ya, kita semakin yakin harus sangat tegas di tempat-tempat, di tempat-tempat tertutup dimana kita bertemu orang-orang yang biasanya tidak mengadakan kontak dengan kita; transportasi, toko, gunakan penutup muka,” kata Johnson.

Para ahli medis mengatakan memakai masker bukan satu-satunya langkah penting yang bisa menghentikan penyebaran infeksi.

Wakil menteri kesehatan AS mengatakan orang harus berhenti ke bar, mengurangi kapasitas restoran dan menjaga jarak fisik, mengenakan masker di tempat umum dan mencuci tangan.

Baca juga :  Trump Tidak Akan Biarkan Petagon Tutup Koran Militer 'Stars and Stripes'

Wakil menteri kesehatan dan pejabat kesehatan lainnya di seluruh Amerika Serikat berharap langkah-langkah itu akan mengekang infeksi di AS yang mencatat rekor harian umumnya kasus baru COVID-19 beberapa kali selama minggu lalu. (VOA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...