Home Nasional Kasus Mafia Tanah Kian Marak Terjadi, Menkumham Fokus Atasi Oknum Notaris Nakal

Kasus Mafia Tanah Kian Marak Terjadi, Menkumham Fokus Atasi Oknum Notaris Nakal

TELENEWS.ID – Kasus mafia tanah sebenarnya sudah sering terjadi di berbagai daerah. Tidak hanya terjadi di daerah terpencil saja, tetapi di kota besar seperti Jakarta pun masih kerap terjadi oknum mafia tanah yang menggunakan kuasa untuk mengambil hak tanah dari masyarakat setempat.

Mengatasi banyak masalah dari kaitan mafia tanah tersebut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly telah meminta secara tegas untuk memberi sanksi kepada oknum notaris yang tidak profesional dan tidak bertanggung jawab.

Seperti halnya kasus mafia tanah yang sudah merugikan keluarga besar artis Nirina Zubir yang mana tiga sampai lima orang tersangka sudah ditahan polisi yang mana masih berprofesi sebagai notaris dan juga Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)
Tidak hanya itu, Yasonna sendiri telah menilai adanya persaingan cukup tinggi di kalangan notaris juga membuka godaan bagi oknum notaris untuk bisa melakukan perbuatan yang sudah melanggar kode etik profesi. Bahkan Yasonna sendiri melihat peran aktif dari notaris ini masih diperlukan pada proses pembuatan administrasi di masyarakat.

Dilansir dari Yasonna pada Kamis (17/3/2022) menjelaskan kembali bahwa masih banyak persoalan mengenai badan hukum dimana pergantian pemilikan tanah yang mana sangat tinggi baik dari nilai ekonominya dan aspek lainnya.

Maka dari itu dari pihak Yasonna sendiri telah meminta kepada majelis pengawas notaris untuk bisa bertindak secara profesional, amanah, dan juga tidak memihak dalam memberi layanan kepada semua masyarakat.

Diperlukan tindakan pengawasan lebih efektif dan ketat terhadap semua kinerja notaris terutama untuk bisa menaati dalam melakukan peraturan perundang-undangan yang sekarang masih berlaku. Dari pihak Majelis Pengawas Notaris di daerah maupun pusat perlu mencermati beberapa kasus dan juga bertindak profesional dalam mengawasi semua kinerja notaris dalam bertindak.

Baca juga :  Din syamsuddin Minta Agama dan Pancasila tidak Saling di Pertentangkan

Bila terjadi pelanggaran di pihak notaris diharapkan ada sanksi berat seperti pencabutan hak dan juga tidak dapat menggunakan fungsi kerja sebagai notaris dalam kurun waktu tertentu.

Yasonna juga menjelaskan kembali bahwa tugas dan jabatan dari notaris ini adalah jabatan mulia sehingga dari pengawas notaris inilah butuh kejujuran, ketulusan dan juga disiplin. (Stefanus Bernadi)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...