Home Ekonomi Kemendag Genjot Ekspor Dua Komoditas Unggulan Indonesia

Kemendag Genjot Ekspor Dua Komoditas Unggulan Indonesia

TELENEWS.ID – Dalam upaya menggenjot ekspor sarang burung walet, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan bersinergi dengan Kementerian Pertanian (Kementan). Pertimbangannya, komoditas sarang burung walet memiliki nilai luar biasa dan Indonesia bisa menjadi produsen utama.

Menteri Perdagangan, M. Lutfi dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (4/5) mengatakan bahwa hampir 80 persen kapasitas dunia dari sarang burung walet disuplai dari Indonesia. inilah yang menjadikan Indonesia dinilai sebagai produsen utama sarang burung walet untuk dunia.

Pada tahap awal, baik Kemendag maupun Kementan akan mengharmonisasi regulasi dengan menyatukan ide dengan mencoba menggalakkan ekspor kekayaan Indonesia untuk mendapatkan hasil terbaik bagi petani dan industri dalam negeri.

Diketahui pada tahun 2020 ekspor sarang burung walet telah mencapai sekitar 1.316 ton dengan nilai ekspor US$540 juta. Hal ini sebab, menurut Lutfi terdapat adanya disparitas harga yang luar biasa dari komoditas ini, pun masing-masing negara tujuan utama mempunyai nilai berbeda seperti di Hong Kong.

Mengutip laman situs Sekretariat Kabinet, Indonesia menjual hampir lebih dari 85 persen dari ekspor sarang burung walet ke Hong Kong. Dimana harga per kilogram sarang burung walet hanya 88 dolar (AS) sedangkan di RRT harga satu kilogram menyentuh lebih dari 1.500 dolar

Untuk itu, Kementerian Perdagangan akan mengadakan streamlining dari proses-proses perizinan ekspor mengingat Presiden Joko Widodo telah memerintahkan anak buahnya memastikan Indonesia mendapat harga terbaik dalam ekspor sarang burung walet ini.

Selain sarang burung walet, Kemendag akan melibatkan Kementan serta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam memperluas pasar ekspor tanaman porang. Setiap instansi diharapkan bertugas di bidang masing-masing.

“Kita akan kerjakan bersama-sama. Menteri Pertanian dari hulunya, kemudian menteri perindustrian untuk prosesnya, dan juga dari Kementerian Perdagangan untuk menjualnya di pasar dunia.” Lanjut M. Lutfi, Selasa (4/5)

Baca juga :  Wah! Rupanya Bitcoin Sempat Dijadikan Alat Transaksi Narkoba Di Indonesia

Ia menambahkan, tanaman porang merupakan produk substitusi tepung terigu dan cenderung digemari karena dinilai lebih sehat. tanaman porang juga merupakan tren dan harga di pasaran cukup menjanjikan.

Pemerintah akan mengejar nilai peningkatan nilai ekspor bagi dua komoditas unggulan Indonesia di pasar dunia, yakni sarang burung walet dan tanaman porang.

Peningkatan nilai ekspor tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan harga terbaik dari pasar dunia yang akan memberikan keuntungan lebih baik bagi para petani dan industri dalam negeri. (Uswatun)

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...