Home Nasional Kemendagri Rancang E-KTP Langsung dari HP

Kemendagri Rancang E-KTP Langsung dari HP

TELENEWS.ID – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuat rencana besar dalam hal penyimpanan data, khususnya untuk Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau E-KTP. Dimana nantinya E-KTP akan dirancang supaya bisa dijadikan digital sehingga dapat disimpan secara langsung di ponsel pemiliknya.

Hal ini disampaikan oleh Zudan Arif Fakrulloh, selaku Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Kemendagri. Dimana rencana ini memang jadi salah satu perwujudan dari sistem satu data kependudukan, dimana sering kali mengalami hambatan dengan adanya persoalan data penduduk non permanen.

“Kami memang telah menyiapkan solusinya, berupa inovasi digital id (identitas digital) yang pada dasarnya memindahkan informasi data KTP-el dari blangko fisik menuju digital dan dapat disimpan di handphone penduduk” Ujarnya yang dikutip dalam pernyataan resmi tertulis pada Selasa (08/06/2021)

Zudan bahkan menambahkan, gagasan ini memang sudah lama diinginkan. Bahkan bisa jadi inovasi untuk membantu upaya pemerintah guna mewujudkan satu data kependudukan.

Inovasi E-KTP dalam ponsel ini diharapkan bisa memberikan kemudahan dalam memantau pergerakan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Sehingga pemerintah bisa tahu, berapa jumlah penduduk satu wilayah dalam satu periode tertentu.

Zudan bahkan menegaskan ada banyak kemudahan yang didapatkan dengan mengubah e-ktp fisik menjadi ktp digital dalam ponsel. Nantinya ini akan mendeteksi pemilik ponsel berada di mana. Misalkan penduduk di Sumedang, namun memiliki e-ktp di Sukabumi, padahal terpantau sudah lebih dari satu tahun berada di Sumedang.

Maka bisa disimpulkan, penduduk tersebut termasuk non-permanen di Sumedang. Hal ini karena berada di Sumedang namun masih tercatat di Sukabumi. Ini nantinya akan bermuara ke de facto dan de jure, dimana selalu ada perbedaan jumlah penduduk di satu wilayah.

Baca juga :  Kaleidoskop 2020: Pahit Manis Peristiwa di Tengah Pandemi

Adanya e-ktp digital ini diharapkan bisa menjembatani data yang selalu saja mengalami pergeseran. Sehingga untuk mencapai satu data kependudukan bukan hal yang sulit, tinggal amati saja dimana pergerakan penduduk tersebut maka bisa dilihat berapa jumlah penduduk di satu wilayah secara konkret.

Sebelumnya pemerintah memang membuat mega proyek untuk menjalankan adanya KTP elektronik pada 2010 lalu, ini memang berjalan dengan baik, namun sayangnya tidak sesuai sasaran. Pasalnya proyek ini menjadi sasaran empuk tindak korupsi yang dilakukan secara bersama-sama sehingga proyek senilai Rp5,9 triliun ini mangkrak dan tidak kunjung usai.

Hal ini jelas membuat program e-KTP semakin terhambat, bahkan hingga kini belum semua masyarakat terdata dan memiliki rekam data dalam KTP elektronik. Kembali masyarakat yang mengalami imbasnya, pasalnya masih banyak penduduk di Indonesia yang kesulitan mengakses KTP elektronik, padahal setiap tahunnya ada proyek untuk menyelesaikan mega proyek E-KTP tersebut. (Chairunisa)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...