Home Daerah Kemendikbud Dorong Kuliner Garut Jadi Destinasi Wisata Edukasi Budaya

Kemendikbud Dorong Kuliner Garut Jadi Destinasi Wisata Edukasi Budaya

TELENEWS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) rencananya akan mengembangkan produk kuliner khas Garut menjadi tujuan wisata edukasi budaya. Restu Gunawan selaku Direktur Kemendikbud Ristek menuturkan bahwa komunitas usaha kuliner yang ada di Garut harus didukung agar produknya bisa berkembang menjadi sebuah produk yang memiliki value yang tinggi serta menjadi ciri khas bangsa ini.

“Banyak sekali komoditas yang sangat potensial di Garut ini yang masih bisa berkembang. Kami kali ini akan mendukung bidang kuliner terlebih dulu. Salah satu caranya adalah dengan menggerakkan komunitas,” ujarnya.

Restu kembali mengungkapkan bahwa kuliner Garut ini akan menjadi ciri khas tersendiri dan akan menjadi identitas bangsa.

“Para guru nanti akan memberikan edukasi kepada anak-anak perihal kuliner di negeri ini yang sangat beragam dan kaya. Yang terpenting adalah bagaimana caranya menanamkan rasa bangga terhadap produk kuliner dalam negeri terlebih dulu kepada mereka,” ujarnya.

Restu menuturkan bahwa saat ini beberapa tempat keramaian seperti Mall lebih banyak menawarkan dan menyediakan kuliner dari luar negeri dibandingkan kuliner khas dalam negeri. Dirinya pun berharap agar kuliner khas Garut bisa berbicara banyak di pertokoan atau tempat keramaian seperti Mall. Namun dirinya pun harus mengakui bahwa kuliner dalam negeri masih kalah bersaing dengan makanan Asia lainnya seperti kuliner Jepang, China, Korea, dan Thailand.

Bekerja sama dengan DPR RI Komisi X yang juga menjadi mitra kerja dari Kemendikbud tentu saja akan menyokong program tersebut agar terus bisa melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia dengan cara mengembangkan kuliner khas nusantara.

Ferdiansyah selaku Anggota DPR RI Komisi X menuturkan bahwa produk masakan khas dalam negeri yang terdapat di beberapa wilayah tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing yang berkunjung.

Baca juga :  Curug Sawer, Air Terjun Tersembunyi yang Jadi Primadona

Pihaknya pun harus mengedukasi warga Garut terlebih dulu untuk memahami kebudayaan dan juga bagaimana cara mengembangkan budaya itu sendiri khususnya di bidang kuliner agar bisa menarik banyak pengunjung.

Ferdiansyah menambahkan bahwa pihaknya juga sedang mengembangkan rempah-rempah yang ada di pelosok negeri agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal selain juga mengembangkan kuliner khas untuk menarik banyak wisatawan.

Bukan hanya jalur saja yang akan dikembangkan, namun juga lokasi yang memproduksi rempah tersebut agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...