Home Daerah Kemendikbud Dorong Kuliner Garut Jadi Destinasi Wisata Edukasi Budaya

Kemendikbud Dorong Kuliner Garut Jadi Destinasi Wisata Edukasi Budaya

TELENEWS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) rencananya akan mengembangkan produk kuliner khas Garut menjadi tujuan wisata edukasi budaya. Restu Gunawan selaku Direktur Kemendikbud Ristek menuturkan bahwa komunitas usaha kuliner yang ada di Garut harus didukung agar produknya bisa berkembang menjadi sebuah produk yang memiliki value yang tinggi serta menjadi ciri khas bangsa ini.

“Banyak sekali komoditas yang sangat potensial di Garut ini yang masih bisa berkembang. Kami kali ini akan mendukung bidang kuliner terlebih dulu. Salah satu caranya adalah dengan menggerakkan komunitas,” ujarnya.

Restu kembali mengungkapkan bahwa kuliner Garut ini akan menjadi ciri khas tersendiri dan akan menjadi identitas bangsa.

“Para guru nanti akan memberikan edukasi kepada anak-anak perihal kuliner di negeri ini yang sangat beragam dan kaya. Yang terpenting adalah bagaimana caranya menanamkan rasa bangga terhadap produk kuliner dalam negeri terlebih dulu kepada mereka,” ujarnya.

Restu menuturkan bahwa saat ini beberapa tempat keramaian seperti Mall lebih banyak menawarkan dan menyediakan kuliner dari luar negeri dibandingkan kuliner khas dalam negeri. Dirinya pun berharap agar kuliner khas Garut bisa berbicara banyak di pertokoan atau tempat keramaian seperti Mall. Namun dirinya pun harus mengakui bahwa kuliner dalam negeri masih kalah bersaing dengan makanan Asia lainnya seperti kuliner Jepang, China, Korea, dan Thailand.

Bekerja sama dengan DPR RI Komisi X yang juga menjadi mitra kerja dari Kemendikbud tentu saja akan menyokong program tersebut agar terus bisa melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia dengan cara mengembangkan kuliner khas nusantara.

Ferdiansyah selaku Anggota DPR RI Komisi X menuturkan bahwa produk masakan khas dalam negeri yang terdapat di beberapa wilayah tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing yang berkunjung.

Baca juga :  Isu 'Pemecatan Sepihak' Unggahan Gaji Guru Honorer. Kemendikbud Turun Tangan

Pihaknya pun harus mengedukasi warga Garut terlebih dulu untuk memahami kebudayaan dan juga bagaimana cara mengembangkan budaya itu sendiri khususnya di bidang kuliner agar bisa menarik banyak pengunjung.

Ferdiansyah menambahkan bahwa pihaknya juga sedang mengembangkan rempah-rempah yang ada di pelosok negeri agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal selain juga mengembangkan kuliner khas untuk menarik banyak wisatawan.

Bukan hanya jalur saja yang akan dikembangkan, namun juga lokasi yang memproduksi rempah tersebut agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...

Tewas Bukan Karena Maling Mobil, Kakek Wiyanto Dianiaya Secara Brutal Gara-gara Serempet Motor di Jalan

TELENEWS.ID - Polisi mengungkap kronologi kematian Wiyanto Halim (89) yang tewas akibat dikeroyok massa di kawasan JIEF, Pulo Gadung, Cakung, Jakarta Timur...

Yuk Mampir ke Provinsi Berpenduduk Paling Bahagia di Indonesia, Dijamin Betah

TELENEWS.ID - Berbagai macam spot wisata di setiap daerah Indonesia mampu mengundang traveller lokal maupun mancanegara. Dalam beberapa waktu terdapat informasi bagaimana...