Home Ekonomi Kemenkraf Buka Pendaftaran Bantuan Insentif untuk Pelaku Ekonomi Kreatif

Kemenkraf Buka Pendaftaran Bantuan Insentif untuk Pelaku Ekonomi Kreatif

TELENEWS.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) kembali memberikan angin segar pada industri kreatif dan wisata yang belum bisa bangkit di tengah pandemi. Hal ini dengan cara kembali membuka Program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2021.

Pendaftaran Program BIP 2021 ini hanya akan dibuka selama 30 hari, mulai 4 Juni hingga 4 Juli 2021. Hal ini dilakukan sebagai peran aktif pemerintah untuk mendukung industri kreatif dan wisata bisa kembali bangkit dan tetap produktif di tengah pandemi.

Hal ini juga dikemukakan oleh Menteri Parekraf, Sandiaga Salahudin Uno yang mengatakan seluruh program BIP ini akan dilakukan dengan tata kelola yang baik atau mengarah pada good governance.

“Saya yakin dengan adanya BIP 2021, kita dapat memberikan sumbangsih positif pada bangsa. Dorongan ini kita berikan pada para pelaku usaha agar tetap bisa turut berpartisipasi dalam membangun kembali usahanya, ini akan menjadikan kita semua sebagai pemenang. Saya yakin bersama-sama kita pasti bisa” ujar Sandiaga yang dikutip dalam keterangan resminya di Kemenparekraf pada Sabtu (05/06/2021).

Namun Sandiaga Uno tetap berharap peran serta masyarakat untuk kembali aktif untuk mengembalikan industri kreatif dan pariwisata nusantara. Ini juga mengharapkan peran aktif pada media sebagai tempat publikasi untuk memperkenalkan produk unggulan karya anak bangsa.

Adanya Program BIP 2021 ini diharapkan Sandiaga Uno sebagai momentum untuk membangkitkan kembali industri parekraf, dana insentif ini memang diberikan sekarang, agar diharapkan bisa lebih bermanfaat dan tepat sasaran.

Sandiaga Uno juga menjelaskan, program BIP 2021 ini berbeda dengan dana hibah pariwisata yang tengah dipersiapkan oleh pemerintah. Dimana program BIP diharapkan bisa meningkatkan aspek digitalisasi, ini bukan sekadar meningkatkan penjualan dengan menawarkan produk secara online, namun membuat konten kreatif yang menarik perhatian masyarakat.

Inilah yang diharapkan Sandiaga untuk industri kreatif mendatang, bukan sekadar menjual produk saja, melainkan memberikan value lebih, sehingga bisa jadi transformasi usaha yang bisa menghasilkan pendapatan lebih. Bahkan bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Baca juga :  Sandi Sebut Gugus Tugas Covid-19,Pintu Pertama Dalam Sampaikan Informasi ke Publik

BIP ini nantinya akan diwujudkan dalam bentuk modal kerja yaitu modal tetap, bisa juga dalam bentuk beli atau sewa software dan hardware, adanya juga dalam bentuk sewa ruang kerja atau pembayaran barang dan jasa. Program BIP ini nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap industri terkait, asalkan sudah terdaftar resmi di Kemenparekraf.

Terkait dengan masalah teknik pendaftaran Program BIP 2021, Sandiaga Uno mengatakan semua informasi sudah tersedia di laman resmi Kemenparekraf yaitu https://bip.kemenparekraf.go.id/. Ia Berharap semua pelaku industri Parekraf akan mendapatkan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa tetap survive dan produktif di tengah pandemi.

Menurut informasi yang didapatkan dari laman resmi Kemenparekraf, nantinya untuk BIP 2021 akan dibagi menjadi dua bagian yaitu BIP Reguler dan BIP JPU (Jaringan Pengaman Usaha). Dimana masing-masing penerima BIP 2021 akan mendapatkan jumlah bantuan berbeda.

Selain itu juga sudah dijabarkan berapa jumlah bantuan yang bisa diberikan pemerintah melalui Kemenparekraf dalam Program BIP 2021. Tidak ada jumlah pasti berapa pelaku parekraf yang bisa mendapatkan BIP 2021, namun hanya terdapat kisaran jumlah bantuan yang didapatkan.

Baca juga :  Sandi Sebut Gugus Tugas Covid-19,Pintu Pertama Dalam Sampaikan Informasi ke Publik

Untuk BIP Reguler jumlah bantuan yang diberikan untuk setiap penerima berbeda, namun jumlah maksimal yang bisa diberikan adalah Rp200 juta untuk setiap pelaku industri parekraf. Sedangkan yang masuk dalam BIP JPU, nantinya penerima bantuan hanya akan mendapatkan Rp20 juta.

Belum ada kejelasan lebih lanjut, kenapa ada dua jenis program BIP di 2021 dengan kisaran nominal bantuan berbeda. Namun adanya program BIP ini diharapkan bisa memberikan uluran dana agar industri parekraf bisa tetap bertahan dan kembali bangkit di tengah pandemi. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....