Home Infrastruktur KemenPUPR Pembangunan Jalan Jalan Tol Cimanggis - Cibitung sepanjang 26,18 Km untuk...

KemenPUPR Pembangunan Jalan Jalan Tol Cimanggis – Cibitung sepanjang 26,18 Km untuk Melengkapi struktur Jaringan JORR

TELENEWS.id, JAKARTA– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan pembangunan Jalan Tol Cimanggis – Cibitung sepanjang 26,18 Km untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR) I yang sudah operasional dan JORR-2 yang tengah dalam proses konstruksi.

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways secara keseluruhan memiliki total panjang 26,18 Km dan merupakan bagian dari salah satu akses tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Jalan Tol ini terdiri dari 2 seksi, yaitu Seksi 1a ruas Junction Cimanggis – On/Off Ramp Jatikarya / Transyogi (3,17 Km). Seksi 1a ini progresnya pembangunannya telah mencapai 99 % dan telah dilakukan perbaikan- perbaikan setelah dilakukan uji coba Uji Laik Fungsi (ULF) yang dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Sedangkan untuk Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya – Junction Cibitung (23,01 Km) yang saat ini progres konstruksinya telah mencapai 73,2% ditargetkan konstruksinya selesai pada Maret 2021 mendatang.

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung merupakan salah satu akses yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Setelah pembangunan 6 ruas jalan tol yang terintegrasi di dalam akses Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 rampung, harapannya dapat menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan di jalan tol JORR 1 yang sudah terbangun.

Kehadiran Jalan Tol Cimanggis – Cibitung memberikan peran penting dalam mendukung jalur logistik menuju ke kawasan industri.

Dukungan jalan Tol ini adalah untuk memperlancar lalu lintas/ memangkas waktu perjalanan, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi megapolitan Jakarta. Ruas jalan tol Cimanggis – Cibitung dibangun dua arah dan masing-masing arah terdiri dari 3 lajur dengan menggunakan jenis perkerasan beton (rigid pavement).

Baca juga :  KemenPUPR Selesaikan 25 Unit Rusun Khusus Bagi Nelayan di Sumbar

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung merupakan bagian dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II), yang terdiri dari Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran (14,2 Km), Jalan Tol Kunciran – Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong – Cinere (10,1 Km). Kemudian dilanjutkan Jalan Tol Cinere – Jagorawi (14,6 Km), Jalan Tol Cimanggis – Cibitung (25,2 Km), dan Jalan Tol Cibitung – Cilincing (34 Km).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...