Home Nasional KemenPUPR Selesaikan 25 Unit Rusun Khusus Bagi Nelayan di Sumbar

KemenPUPR Selesaikan 25 Unit Rusun Khusus Bagi Nelayan di Sumbar

TELENEWS. id, JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selesaikan pembangunan 25 unit Rumah Khusus (Rusus) di wilayah Carocok Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Tempat tinggal ini diperuntukkan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

“Kami (Kementerian PUPR-red) telah menyelesaikan pembangunan 25 unit rumah khusus untuk nelayan di Kabupaten Pesisir Selatan Carocok Terusan. Pembangunannya sudah kami laksanakan pada tahun anggaran 2019 dan saat ini tinggal memasuki proses penghunian,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Nursal seperti dikutip InfoPublik, Selasa (28/4/2020)

Nursal menjelaskan, seluruh dana pembangunan 25 unit rumah khusus nelayan tersebut bersumber dari APBN senilai Rp2,64 miliar. Pembangunannya dilaksanakan oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR dengan kontraktor pelaksana yakni PT. Rony Putra Abadi sekitar lima bulan yakni sejak 19 Agustus 2019 sampai dengan 31 Desember 2019.

“Setelah seluruh proses pembangunan rumah khusus nelayan ini telah selesai maka kami melanjutkan dengan menyerahterimakan kunci rumah tersebut kepada Pemerintah daerah setempat. Selanjutnya Pemda yang akan menentukan siapa saja nelayan yang berhak menghuni rumah khusus tersebut tentunya sesuai dengan peraturan yang ada yakni nelayan yang belum memiliki hunian,” terangnya.

Adapun spesifikasi rumah khusus yang dibangun untuk nelayan di Kabupaten Pesisir Selatan Carocok Tarusan itu antara lain tipe bangunan 28 meter persegi kopel. 25 rumah khusus nelayanan tersebut dibangun di atas lahan seluas 3,7 hektar.

Setiap rumah memiliki dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi. Seluruh rumah juga sudah dalam kondisi siap huni karena SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat telah melengkapi kompleks perumahan nelayan dengan fasilitas jalan lingkungan, saluran drainase, listrik, dan jaringan air bersih dari PDAM.

Nursal menambahkan, peruntukkan rumah khusus ini adalah untuk para nelayan yang memang benar – benar layak mendapatkan bantuan rumah dari pemerintah.

Baca juga :  Museum Purbakala Sangiran, Salah Satu Situs Arkeolog Terbaik di Dunia

Adapun sifatnya hanya sementara karena kami berharap setelah mereka bisa meningkatkan kesejahteraannya maka mereka dapat membeli rumah sendiri di masa mendatang.

“Kami berharap dengan menempati rumah yang layak huni ini akan berdampak pada kesejahteraan para nelayan. Para nelayan bisa lebih meningkatkan kualitas hidup keluarga dan fokus dalam mencari ikan di laut. Jadi kami berharap para penghuninya bisa menjaga kebersihan rumah dan lingkungan agar nyaman untuk ditempati,” harapnya. (Info Publik).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...

Kompetisi Sepak Bola Dalam Negeri Malah Meredam Prestasi di Kancah Internasional

TELENEWS.ID – Sepak Bola merupakan salah satu olahraga peringkat pertama yang menjadi favorit bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Pesta sepak bola di...