Home Gaya hidup Kenali 'Doorway Effect', Gejala Mendadak Lupa Saat Hendak Melakukan Sesuatu

Kenali ‘Doorway Effect’, Gejala Mendadak Lupa Saat Hendak Melakukan Sesuatu

TELENEWS.ID – Pernahkah anda seketika lupa hendak melakukan sesuatu sesaat setelah melewati ambang pintu dapur, kamar mandi atau kamar tidur anda? Tenang, itu belum tentu gejala pikun. Bisa jadi anda tengah mengalami suatu fenomena yang disebut ‘Doorway Effect’. Seperti apakah fenomena tersebut?

Menurut para ilmuwan, Doorway Effect adalah kondisi dimana pikiran kita teralihkan sepersekian detik dan membuat kita melupakan hal-hal yang hendak kita buat. Dalam sebuah studi terbaru, fenomena ini memang nampak nyata dan bisa terjadi khususnya ketika otak kita sedang sibuk bekerja.

Dilansir dari media Science Alert, sejumlah pakar meneliti Doorway Effect melalui serangkaian eksperimen VR (Virtual Reality) pada hari Jumat (12 Maret) silam. Sebanyak 74 relawan diminta bergerak melalui ruang tiga dimensi (3D) yang dihasilkan (generate) oleh komputer sembari mencoba mengingat objek tertentu dari ruang sebelumnya seperti kerucut berwarna biru atau salib kuning.

Pada mulanya, tidak ada satupun relawan yang mengalami Doorway Effect. Para pakar kemudian menambahkan instruksi bagi para relawan untuk melakukan sejumlah kegiatan secara bersamaan (multitask) seperti menghitung mundur sambil berpindah ruang untuk mengisi memori kerja dalam otak mereka.

Setelah percobaan lanjutan tersebut, para pakar kemudian menyimpulkan bahwa muatan memori berlebih yang dialami para relawan membuat mereka lebih rentan terkena efek Doorway.

Hal menarik tentang Doorway Effect juga ditemukan dalam penelitian lain yang dilakukan tim dari Universitas Notre Dame, Amerika Serikat dalam jurnal bertajuk “Quarterly Journal of Experimental Psychology” tahun 2011 silam. Pintu alias doorway itu sendiri digambarkan sebagai “batas acara” yang bisa memisahkan antara aktivitas sebelum dan sesudahnya.
Ketika melewati batas tersebut, memori akan dikotak-kotakkan. Sehingga, rencana C yang Anda buat di situasi dan lokasi A, seperti tertinggal di lokasi A. Ketika Anda sudah berada di lokasi serta situasi C (tujuan utama), Anda justru tak bisa mengingat apa-apa.

Baca juga :  8 Ramuan Herbal Ampuh Atasi Asam Urat Tanpa Obat

Ingatan umumnya bersifat episodik sehingga wajar jika kita sering lupa, apalagi bila sedang banyak pikiran atau hal yang mengalihkan perhatian. Penelitian juga membuktikan bahwa memori manusia terpecah dalam beberapa segmen. Ketika berpindah dari satu pintu ke pintu yang lain, otak memberi sinyal kepada memori bahwa kita memasuki ruang baru. Alhasil, karena dianggap sebagai ruang baru, maka ingatan seperti di-’reset’.

Baca juga :  Vaksinasi Tahap II di Yogyakarta, Pedagang Pasar Bringharjo dan Malioboro Jadi Prioritas

Kendati cukup mengganggu, para ahli sepakat bahwa Doorway Effect ini bukanlah gangguan fungsi otak yang perlu dikhawatirkan. Terdapat sejumlah kiat yang bisa meminimalisir Doorway Effect serta mempertajam ingatan; diantaranya dengan melakukan permainan asah otak seperti mengisi teka teki silang (TTS), bermain scrabble, puzzle, menulis dan juga bermain musik. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dihadiri Penggemar, Final Liga Champions UEFA Resmi Pindah ke Portugal

TELENEWS.ID - Final Liga Champions UEFA untuk musim 2020-21 antara Manchester City dan Chelsea, yang dijadwalkan pada 29 Mei di Istanbul (Turki),...

Pantai Perasi, Pesisir Timur Bali dengan ‘Pasir Perawan’ Nan Eksotis

TELENEWS.ID - Jika anda menginginkan destinasi pantai di Bali yang masih relatif baru dan jarang tersentuh, Pantai Perasi bisa jadi alternatif yang...

Van Dijk Pastikan Diri Absen Di EURO 2020

TELENEWS.ID - Punggawa andalan Liverpool, Virgil Van Dijk, akhirnya resmi memutuskan untuk absen membela Belanda di ajang EURO 2020 mendatang. Bek sentral...

Terungkap! Jeff Bezos Sempat Iri Pada Elon Musk

TELENEWS.ID - Kendati telah memegang predikat sebagai orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos rupanya pernah kuatir dengan perkembangan perusahaan SpaceX...