Home Uncategorized Kenali Gejala Awal Sepsis, Penyakit Yang Bikin Chicco Jerikho Sempat Kritis di...

Kenali Gejala Awal Sepsis, Penyakit Yang Bikin Chicco Jerikho Sempat Kritis di Rumah Sakit

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID-Kabar kurang mengenakan datang dari aktor ganteng Chicco Jerikho. Suami artis cantik Putri Marino baru-baru ini mengunggah sebuah poto di akun Instagram miliknya, yang menunjukkan dirinya sedang dirawat di rumah sakit dan dikelilingi oleh alat-alat medis yang rumit.

Melalui caption fotonya, bapak satu anak ini mengungkapkan bahwa belum lama ini dia sempat kritis dan dirawat di rumah sakit lantaran menderita Sepsis. Namun Chico tak tahu apa yang menjadi penyebab utama dia mengalami Sepsis, sehingga membuat kondisi tubuhnya drop secara tiba-tiba.

“Setelah dilakukan pengecekkan, dokter mendiagnosis ada infeksi virus (sepsis). Itu yang bikin badan gue drop dalam waktu cepat sampai akhirnya harus dibawa ke rumah sakit. Tapi penyebabnya karena apa, sampai sekarang belum ada jawabannya,” tutur Chicco Jerikho.

Gara-gara Sepsi yang dideritanya, aktor film “Filosofi Kopi” inipun sempat kritis sehingga dirawat intensif di High Care Unit (HCU). “Saat itu kondisi heart rate gue dibawah 50 dan tensi rendah sampe 60/40. Jujur dengarnya aja gue takut. Hal yang nggak pernah dibayangin sebelumnya masuk ruang HCU,” imbuhnya.

Beruntung kondisi Chicco kemudian membaik sehingga ia bisa segera keluar dari rumah sakit. “Puji Tuhan gue bisa lewati itu semua. Dokter yang menangani sempat kaget karna proses pemulihannya yang dibilang cukup cepat. Dokter gue bilang, ini pasti karena pola hidup yang sehat, olahraga dan multivitamin yang gue konsumsi selama ini,” ungkapnya lagi.

Sepsis yang diderita oleh Chicco memang menunjukkan gejala mirip COVID. Gangguan kesehatan ini cukup berbahaya, apalagi jika tidak segera mendapatkan penanganan medis.

Sepsis sendiri adalah suatu kondisi respon tubuh terhadap infeksi yang merusakn jaringan tubuh. Ketika tubuh melawan infeksi, membuat organ fungsi organ tubuh menjadi menurun dan tidak normal. Bahkan Sepsis bisa memicu syok septik atau penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, yang bisa memicu masalah serius pada organ tubuh bahkan kematian.

Infeksi bakteri, virus atau jamur menjadi faktor utama yang menyebabkan seseorang terkena Sepsis. Selain itu pneumonia, infeksi pada saluran pencernaan, ginjal dan aliran darah juga berbagai faktor yang memicu terjadinya Sepsis ini.

Selain gaya hidup yang sehat yang dijalaninya selama ini, Chicco juga selamat dari infeksi Sepsis sebab segera dilarikan ke rumah sakit. Karena itulah, kita patut mewaspadai gejala dini terjadinya Sepsis, seperti:

  1. Kebingungan atau disorientasi
    Gejala awal sepsis ditandai dengan seseorang yang mendadak kebingungan atau mengalami disorientasi. Selain itu penderitanya juga akan mengalami kesulitan bicara atau seperti melantur yang tidak jelas.
  2. Demam serta menginggil
    Selain disorientasi, penderita sepsis juga akan mengalami demam atau menggigil, dimana suhu tubuhnya diatas 38′ celcius atau dibawah 36′ celcius. Ini adalah salah satu tanda umum infeksi virus atau bakteri di dalam tubuh juga
  3. Detak jantung yang meningkat
    Detak jantung penderita Sepsis juga akan meningkat pesat saat terjadinya serangan penyakit ini. Umumnya detak jantung mereka akan meningkat hingga 90 kali permenit.
  4. Nafas yang menjadi lebih pendek
    Mirip dengan penderita COVID, penderita Sepsis juga mengalami masalah pada pernafasan mereka. Mereka akan mengalami kesulitan bernafas, atau nafas mereka jadi lebih pendek dan terngeh-engah.
  5. Asam laktat yang tinggi
    Pada kasus Sepsis yang parah, penderitanya akan mengalami pengingkatan kadar asam laktat dalam darah. Tingginya asam laktat menjaid tanda bahwa sel dalam tubuh, tidak bisa menggunakan oksigen secara maksimal.

Selain itu gejala lain Sepsis yang patut diwaspadai meliputi perubahan warna kulit menjadi pucat kebiruan, kelelahan hebat, tubuh menjadi melemah secara tiba-tiba dan juga hilang kesadaran alias pingsan. (Yuyun)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...