Home Gaya hidup Kenali Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda

Kenali Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda

TELENEWS.ID – Rambut putih atau dikenal dengan uban akan identik sebagai penanda seseorang sudah mulai tua. Uban biasanya akan muncul di usia sekitar 40 hingga 50 tahun, ini tergantung dari kondisi seseorang.

Uban merupakan kejadian ilmiah yang terjadi karena perubahan warna rambut dari warna aslinya menjadi putih atau keabu-abuan. Ini hal normal yang terjadi pada semua orang. Dilansir dari Healthline, tubuh memiliki folikel rambut, folikel ini yang memiliki sel pigmen yang memberikan warna pada rambut.

Terjadinya perubahan kondisi tubuh dan pertambahan usia, folikel ini semakin hari akan hilang, sehingga membuat rambut menjadi putih atau dikenal sebagai uban. Dahulu munculnya uban dikenal sebagai tanda penuaan, tetapi yang terjadi sekarang siswa yang masih duduk di bangku sekolah mulai terdapat uban

Berikut ini beberapa faktor penyebab munculnya uban di usia muda :

  1. Faktor Keturunan (Genetika)

Dilansir dari Indian Journal of Dermatology, sesuai dengan penelitian Venereology and Leprology di tahun 2013, munculnya uban di usia dini bisa dipengaruhi oleh faktor genetika dari keluarga, bukan itu saja beberapa faktor seperti etnis dan ras juga turut berperan. Dimana faktor genetika ini tidak bisa dirubah dan akan diturunkan pada keturunan selanjutnya.

  1. Penggunaan Produk Perawatan Rambut Berlebih

Pernah anda berpikir kalau produk perawatan rambut yang digunakan merupakan penyebab timbulkan uban di usia dini? Padahal produk tersebut diharapkan bisa merawat rambut agar tetap kuat dan sehat, nyatanya banyak produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya yang merugikan bagi rambut.

Bahan berbahaya inilah yang membuat produksi melanin sebagai pewarna rambut alami semakin berkurang. Ini diakibatkan oleh kandungan Hidrogen peroksida, zat kimia inilah yang paling banyak ditemukan dalam produk perawatan rambut. Alih-alih menyehatkan, kandungan produk ini justru akan memicu timbulnya uban secara cepat.

  1. Penyakit Autoimun

Penyakit ini memang tergolong langka dan hanya menjangkit 1 : 1.000.000 orang, ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang terlalu tinggi sehingga menyerang sel tubuh lainnya. Penyakit ini juga dapat memicu timbulnya uban secara cepat.

Hal ini terjadi karena sistem imun berlebih akan menyerang rambut sehingga menyebabkan pigmen yang jadi pewarna rambut semakin berkurang, hal inilah yang membuat rambut putih secara prematur. Kasus ini memang terbilang langka karena hanya terjadi pada penderita autoimun dengan kasus alopesia dan vitiligo yang menyebabkan rambut mengalami uban di usia muda.

  1. Kekurangan Vitamin
Baca juga :  Pakai Bahan Alami, Begini Cara Untuk Merawat Kulit Sensitif dan Berminyak

Dilansir dari International Journal of Technology pada 2016, ditemukan fakta bahwa kurangnya kadar vitamin B12, kolesterol HDL dan serum ferritin ini akan membuat responden di usia di bawah 25 tahun akan cenderung beruban lebih cepat.

Hal ini juga didukung dengan penelitian dari Jurnal Development yang menemukan kekurangan vitamin B12 dan Vitamin D3 ini akan membuat rambut beruban lebih cepat.

  1. Merokok

Kebiasaan merokok bukan hanya buruk untuk kondisi kesehatan yang dapat menimbulkan penyakit kanker, jantung, hipertensi hingga stroke. Perokok juga dapat mengalami ubanan lebih cepat dari seseorang yang tidak merokok.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian dari Italian Dermatology Online Jurnal pada 2013 lalu, dimana perokok memiliki resiko 2,5 kali lebih tinggi munculnya uban di usia 30 tahun jika dibandingkan mereka yang tidak merokok. Bahkan ini diperkuat dengan penelitian lanjutan yang menyebutkan, pria cenderung akan lebih cepat beruban dibandingkan wanita.

  1. Gangguan Kelenjar Tiroid
Baca juga :  Ini 5 Faktor Risiko Penyebab Kanker Prostat

Kondisi ini yang terbilang serius ini diawali dengan munculnya rambut putih di usia muda. Gangguan kelenjar tiroid atau hipotiroidisme atau hipertiroidisme ini merupakan kelenjar yang berbentuk kupu-kupu dna biasanya akan muncul pada pangkal leher.

Kelenjar ini memang memiliki fungsi kompleks, terlebih lagi untuk metabolisme tubuh. Namun untuk khusus uban, kelenjar tiroid berpengaruh pada kontrol warna rambut. Saat kelenjar tiroid ini aktif, akan menyebabkan produksi melanin (pewarna rambut alami) berkurang dan menyebabkan rambut beruban.

  1. Stres Terus Menerus

Faktor utama yang menyebabkan uban muncul di usia muda adalah stres. Rasa gelisah berlebih yang menyebabkan anda kesulitan tidur, nafsu makan terganggu dan menyebabkan tekanan darah naik secara cepat. Kondisi ini akan memperburuk sel induk pada folikel rambut.

Stres berkepanjangan akan membuat penipisan pada sel induk tersebut, hal ini akan mengurangi produksi melanin yang berfungsi untuk memberikan warna pada rambut. Maka dari itu, sebaiknya mulai atasi stres dengan baik dan usahakan untuk mencari ketenangan. Ini akan jadi solusi jangka panjang, jika dibandingkan mengkonsumsi obat atau skincare rambut. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...