Home Gaya hidup Kenali Penyebab Vagina Berbau Kurang Sedap dan 5 Cara Alami Untuk Mengatasinya

Kenali Penyebab Vagina Berbau Kurang Sedap dan 5 Cara Alami Untuk Mengatasinya

TELENEWS.ID – Vagina atau organ intim wanita memang memiliki aroma yang khas. Organ kewanitaan ini memang memiliki bau alami yang melambangkan bau feminin dan tentu saja sangat normal dan juga sehat, untuk memiliki bau yang khas pada organ kewanitaan

Namun ada beberapa hal yang menyebabkan seorang wanita memiliki bau menyengat yang kurang sedap dari organ intimnya. Menurut penelitian, kondisi organ kewanitaan yang lembap, menstruasi, kehamilan, hormon, jenis makanan yang dikonsumsi dan hingga infeksi bisa memicu timbulnya bau tak sedap pada organ kewanitaan.

Menurut Dr Tami Prince, ginekolog di Women’s Health and Wellness Center of Georgia, memiliki tingkat pH atau keasaman yang normal dan menimbulkan bau yang khas. Namun saat tingkat pH ini terganggu, muncullah bau tak sedap akibat bakteri yang tumbuh di sana.

“Vagina memiliki pH asam dan ketika keseimbangan pH asam normal dan bakteri baik terganggu, kondisi ini dapat bermanifestasi sebagai bau dan menandakan potensi infeksi” ujarnya. “Beberapa wanita sayangnya rentan terhadap infeksi bakterial vaginosis sementara yang lain cukup beruntung tidak pernah mengalami infeksi apapun,” tambahnya.

Lalu bagaimana cara alami untuk mengatasi bau yang kurang sedap dari alat vital ini?

  1. Konsumsi lebih banyak sayuran dan buah
    Ketika kamu mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran segar, kamu akan melihat perubahan signifikan pada bau vagina. Sayuran hijau dan buah-buahan memiliki banyak mineral dan vitamin yang membantu menjaga pH pada area kewanitaan.
  2. Banyak mengkonsumsi air putih
    Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya membantu untuk meredakan bau kurang sedap di bawah sana. Air adalah cara paling alami untuk melumasi area kewanitaan dari dalam, sehingga mengurangi bau busuk. Minumlah air yang cukup yang ditandai dengan air kencing yang berwarna jernih dan terang setiap kali kamu buang air kecil.
  3. Konsumsi makanan tinggi probiotik
    Tak hanya baik untuk pencernaan, makanan tinggi probiotik juga membantu untuk menyeimbangkan asam atau pH pada organ kewanitaan. Sayuran yang difermentasi, yogurt, kimchi, kefir, tempe dan sebagainya, adalah makanan super untuk menjaga vagina bebas bau tak sedap. Menambahkan makanan tinggi probiotik, adalah cara yang tepat untuk mengembalikan tingkat pH normal vagina.
  4. Pilih pakaian dalam yang tepat
    Jika kamu biasanya memakai celana dalam satin, sutra, atau poliester; beralihlah ke pakaian dalam yang 100% berbahan katun. Bahan katun membuat kulit mudah bernapas dan sangat baik untuk menyerap keringat dan cairan dari area kewanitaan, yang dapat mengganggu tingkat bakteri alami dan menyebabkan infeksi.
  5. Jaga kebersihan pribadi
    Menjaga higenitas pribadi punya andil besar untuk mengurangi aroma tak sedap pada organ kewanitaan. Biasakanlah untuk membilas kewanitaan dengan air setiap kali selesai buang air kecil. Gantilah pembalut sesering mungkin. Gantilah celana dalam minimal dua kali sehari. Selain itu saat mandi, jangan lupa untuk membersihkan area selangkangan dan kewanitaan.
Baca juga :  Sudah Tidur 8 Jam Tapi Masih Merasa Lelah? Mungkin 5 Hal Ini Adalah Penyebabnya
Baca juga :  Tren Thrifting: Fashionable, Hemat Budget dan Peduli Lingkungan

Namun jika semua hal tersebut sudah dilakukan tetapi bau kurang sedap pada vagina tak juga hilang, ini saatnya kamu segera menemui dokter. Bau busuk adalah gejala infeksi vagina. Bau ini bisa menjadi tanda kamu mungkin memerlukan dokter untuk meresepkan obat yang bisa mengatasi masalah kesehatan ini. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...