Home Olah Raga Kenapa Inggris Gunakan Nama Britania Raya di Olimpiade?

Kenapa Inggris Gunakan Nama Britania Raya di Olimpiade?

TELENEWS.ID – Pada saat Olimpiade 2012 berlangsung di kota London, kehadiran tim Britania Raya (GB, Great Britain) di cabang olahraga sepak bola menjadi perhatian publik.

Hal itu pun bisa dimaklumi karena terakhir kali Britania Raya tampil di Olimpiade adalah pada tahun 1960 yang digelar di kota Roma, Italia.

Saat itu, para pesepakbola yang masuk tim Britania Raya merupakan pesepakbola amatir. Alhasil, mereka hanya mampu finish di posisi tiga klasemen Grup B babak penyisihan.

Kembali ke tahun 2012, tim Britania Raya mampu menembus babak perempatfinal sampai akhirnya dikalahkan Korea Selatan melalui adu penalti. Hal serupa juga dialami tim sepak bola wanita Britania Raya dengan ditaklukkan 0-2 oleh Kanada.

Dan saat ini, tim Britania Raya kembali hadir di Olimpiade Tokyo 2020 (ditunda setahun karena pandemi Covid-19) yang digelar mulai 23 Juli sampai 8 Agustus 2021 dan diikuti oleh 205 negara.

Lalu yang jadi pertanyaan adalah mengapa Inggris menggunakan nama Britania Raya di event Olimpiade?

Dilansir dari berbagai sumber, Britania Raya adalah suatu wilayah daratan yang terdiri dari empat negara yaitu Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Hal itu menjadi dasar mengapa nama Britania Raya menjadi entitas yang terdaftar di Komite Olimpiade Internasional (OIC, International Olympic Committee) dan secara resmi tergabung sebagai satu kesatuan.

Sebenarnya, tim untuk Olimpiade bernama Tim Olimpiade Britania Raya dan Irlandia Utara (Great Britain and Northern Ireland Olympic Team), namun pada tahun 1999, Asosiasi Olimpiade Britania (BOA, The British Olympic Association) mengganti nama menjadi Britania Raya.

Sebagai catatan, terdapat aturan berbeda pada turnamen sepak bola di bawah naungan FIFA yang mana FA (Asosiasi Sepak Bola) dari Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara terdaftar sesuai dengan nama negara masing-masing.

Baca juga :  Refugee Olympic Team, Siapakah Mereka?

Sempat jadi polemik

Jelang Olimpiade 2012, Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara tidak satu suara dalam pembentukan tim Britania Raya.

Hal itu terlihat dari masing-masing pihak enggan melepas para pesepakbola dari negara asal untuk menjadi satu tim Britania Raya meskipun FIFA menjamin tidak akan ada hukuman.

Akhirnya, tim Britania Raya hanya dihuni 5 pemain non-Inggris yang semuanya dari Wales yaitu Joe Allen, Aaron Ramsey, Craig Bellamy, Neil Taylor dan Ryan Giggs yang ditunjuk sebagai kapten tim.

Hanya ada tim sepak bola wanita

Pada gelaran Olimpade 2020, tim Britania Raya hadir di cabang olahraga sepak bola wanita. Hal itu terjadi karena Inggris mencapai semifinal Piala Dunia Wanita 2019.

Baca juga :  Jersey Putih Bawa Keberuntungan di EURO 2020

Sedangkan untuk tim pria tidak mengirimkan wakil karena gagal ke semifinal Euro U-21 pada 2019 yang berlaku sebagai ‘kualifikasi’ untuk berpartisipasi di Olimpiade. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...