Home Gaya hidup Kesehatan Kentut Bisa Jadi Malapetaka di Luar Angkasa

Kentut Bisa Jadi Malapetaka di Luar Angkasa

TELENEWS.ID – Kentut jadi hal menyebalkan karena mengeluarkan bau tak sedap, tapi lain halnya dengan para astronot yang tengah berada di luar angkasa. Satu letupan kentut saja bisa memicu timbulnya ledakan hebat di pesawat luar angkasa.

Kenapa bisa demikian? Kentut memiliki beberapa memiliki kandungan gas yang mudah terbakar seperti hidrogen, karbon dioksida, nitrogen hingga metana. Bumi memiliki kemampuan untuk menyerap semua gas beracun tersebut, bahkan faktanya orang dewasa rata-rata bisa kentut lima hingga sepuluh kali dalam sehari.

Lantas bagaimana dengan astronot yang berada di pesawat ruangan angkasa? Padahal tempat ini sangat tertutup dan dirancang agar udara tidak keluar. Bagaimana cara menjaga agar gas yang mudah terbakar tidak terakumulasi. Ternyata astronot punya diet tersendiri agar mereka tidak banyak kentut.

Dilansir dari Mashable pada Kamis (06/05/2021) pembicaraan tentang kentut ini menyita banyak perhatian publik, apalagi yang menceritakan pengalaman tersebut adalah astronot yang pernah menjalankan misi ke luar angkasa dan berhasil kembali dengan selamat.

Astronot Mike Massimino menceritakan pengalamannya hidup di luar angkasa dan apa saja yang dilakukan hingga kejadian kentut. Massimino menyebutkan kentut jadi bagian terburuk saat berada d luar angkasa, hal ini karena minimalnya aliran udara sehingga akan menimbulkan udara yang tidak menyenangkan.

“Kenyut bisa terasa seperti hang out. Aliran udara (luar angkasa) tidak sebanyak di Bumi. Anda harus mengalirkan udara untuk menghilangkan kontaminan dan karbon dioksida” ujarnya dalam acara Gizmodo.

Bagaimana jika astronot ingin kentut, apakah mereka tidak akan kentut? Hal ini membuat Massimino tertawa dan mengatakan dengan tegas, tentu saja astronot juga akan kentut setiap harinya. Tapi ada cara aman dan membuat orang sekitar di pesawat ruang angkasa tetap nyaman dengan bau kentut milikmu.

Baca juga :  Isi Ulang Air Galon Mengandung Zat Berbahaya, Ini Kata BPOM

Massimino menjelaskan, setiap astronot akan mendapatkan pelatihan bagaimana beradaptasi di luar angkasa yang tidak memiliki gaya gravitasi seperti bumi, termasuk caranya untuk kentut. Sama halnya saat berada di bumi, hanya saja kentut di pesawat luar angkasa cenderung lebih sopan dan terstruktur.

Saat seorang astronot ingin kentut atau terasa ingin kentut, mereka harus pergi ke kamar mandi untuk melepaskan kentut tersebut. Memang saat itu aromanya sangat tidak menyenangkan, karena tidak terdapat banyak ventilasi yang akan mengeluarkan bau kentut dengan cepat, tapi ini cara yang paling aman untuk menghentikan kentut menjadi penyebab ledakan di pesawat luar angkasa.

Baca juga :  Ketahui Sejarah dan Bahaya di balik Nikmatnya Gorengan

Massimino juga menyebutkan kehidupan seorang astronot bisa jadi sangat membosankan, hanya bisa menjadi pengalaman berbeda bisa melihat dengan jelas kalau planet bumi memang jelas berbentuk bulat. Bahkan galaxy terasa membosankan karena selalu terlihat gelap, sangat berbeda dengan bumi yang memiliki dua sisi, pagi dan malam. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...