Home Internasional Kepemilikan Nuklir dan Rudal Balistik Korut Bikin Amerika Serikat Terancam

Kepemilikan Nuklir dan Rudal Balistik Korut Bikin Amerika Serikat Terancam

TELENEWS.ID – Korea Utara kembali membuat gentar negara-negara sekitar dengan kepemilikan dan pengambangan senjata pemusnas massal seperti rudal balistik dan senjata nuklir. Bahkan kekhawatiran ini datang dari negara terkuat di dunia, Amerika Serikat.

Hal ini bahkan dikatakan langsung oleh Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin. Dilansir dari Yonhap News Agency, pernyataan tertulis tersebut dikatakan Austin pada Komite Senar AS untuk Angkatan Bersenjata pada Kamis (10/06/2021).

“Pyongyang kini semakin terus mengembangkan program nuklir dan rudal balistik. Hal ini jelas menimbulkan ancaman serius bagi mitra regional dan sekutu mereka, apalagi dengan ambisi mereka (Korea Utara) untuk terus melakukan serangan pada tanah air Amerika Serikat” tulisnya.

Sedangkan Amerika Serikat kini lebih mengedepankan cara diplomasi untuk menyelesaikan ancaman dengan negara yang akan berakibat pada serangan militer seperti Korea Utara. Austin juga menambahkan, jika Korea Utara tetap bersikukuh mengembangkan senjata berbahaya tersebut, maka Amerika tidak akan segan menggunakan kekuatan militernya untuk mendukung upayanya.

Austin juga menyebutkan, Amerika Serikat memang masuk dalam negara yang menjadi ancaman bagi Korea Utara, selain Rusia, China dan Iran. Hal inilah yang membuat Korea Utara sering kali melakukan manuver politik untuk memancing keresahan dari masing-masing negara tersebut.

Hal ini bahkan mendatangkan dukungan dari Mark Milley, Kepala Staf Gabungan Militer Amerika Serikat, dimana memang membenarkan jika Amerika Serikat memang jadi negara ancaman bagi Korea Utara. Ini menjadi semakin rumit, karena AS menjadi ancaman bagi Korut, ini akan menimbulkan ancaman juga untuk negara sekutu dan mitra AS di Indo-Pasifik.

Milley menyebutkan Korea Utara dengan lantang akan mengembangkan kemampuan militernya, bahkan membuat senjata nuklir dan rudal balistik, sekalipun harus mengorbankan warganya. Dimana ini nantinya bisa menggoyahkan perdamaian yang ada di Semenanjung Korea, bahkan dengan kurang harmonisnya hubungan AS – Korut, bisa berdampak buruk terhadap sekutu terdekatnya, Korea Selatan yang juga menjadi salah satu musuh Korut.

Baca juga :  Gedung Putih Sebut Trump Akan Bertindak Dalam Cegah PHK karyawan Maskapai

Sedangkan Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden, memilih untuk menggunakan siasat diplomasi dan pencegahan keras. Ini mengacu menahan ambisi pengembangkan nuklir yang dilakukan Korea Utara, dimana nantinya bisa mempertahankan kedamaian di Semenanjung Korea.

Data yang dimiliki oleh Militer Amerika Serikat menyebutkan angka yang mengerikan terkait dengan pengembangan senjata nuklir dan rudal balistik. Korut diprediksi memiliki 2.500 hingga 5.000 ton senjata kimia dengan 20 jenis berbeda, bahkan kabarnya ini akan digunakan pada serangan artileri.

Bukan itu saja, Korut juga diprediksi memiliki 20 hingga 60 bom nuklir siap meluncur, dimana memiliki kemampuan produksi bom nuklir yang sangat produktif, mampu membuat enam bom nuklir dalam setahun.

Baca juga :  Polisi Minnepolis Buru Pelaku Penembakan Tragis di Tempat Hiburan Malam

Joe Biden kini tengah mengembangkan upaya perang siber, diharapkan ini akan jadi kunci untuk mempermudah proses diplomasi sekalipun harus dilakukan dengan cara lebih agresif. Namun kabarnya upaya ini sulit untuk dilakukan, karena Korut telah menyiapkan hampir 6.000 peretas asli dari Korut yang sudah belajar di luar negeri, seperti dari China, Rusia, Malaysia, Belarus hingga India. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...