Home Teknologi Internet Keren! Indonesia Dirikan Data Center Berskala Internasional

Keren! Indonesia Dirikan Data Center Berskala Internasional

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sedang mendirikan data center berstandar internasional yang dinamakan HyperScale Data Center (HDC). Pembangunan pusat data tersebut pun kini telah memasuki tahap akhir. Pembangunan data center berskala global memiliki sertifikasi 3 dan 4. Fasilitas ini nantinya akan meningkatkan kapasitas tempat pengumpul dan pengolahan data di Indonesia.

Finalisasi pembangunan struktur Telkom HDC ini diresmikan dengan ditutupnya atap gedung tersebut yang dilakukan oleh Ririek Adriansyah selaku Direktur Utama Telkom yang didampingi oleh Bogi Witjaksono selaku Direktur Wholesale and International Service serta Herlan Wijanarko selaku Direktur Network & IT Solution Telkom. Finalisasi tahap awal pembangunan HDC ini sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Didirikannya Telkom HyperScale Data Center adalah perwujudan dari kapasitas Telkom sebagai perusahaan digital Telco terbesar di negara ini dan juga di dunia. Kehadiran HDC juga menjadi pencapaian penting bagi Telkom untuk menjadi yang terdepan dalam domain digital platform yang mana sesuai dengan visi dan misi Telkom menjadi digital telco,” ujar Ririek.

Pembangunan Telkom HDC ini didirikan dengan konsep ECO (Evolve, Connected & Origin). HDC ini didesain dengan simbol semangat Telkom demi mengembangkan efisiensi dan efektivitas untuk menawarkan digital terbaik bagi negeri.

Herlan Wijanarko selaku Direktur Network & IT Solution mengungkapkan Telkom HDC mempunyai beberapa keuntungan sebagai data center. Yang pertama adalah fasilitas ini terkoneksi langsung dengan semua jaringan yang dimiliki oleh Telkom Group. Hal ini membuat pekerjaan data center ini menjadi yang terluas di negeri ini.

Yang kedua adalah terdapat fasilitas penunjang dengan standar internasional. Selain itu HDC juga memiliki carrier neutral dan multi services yang tersedia bagi jaringan provider lainnya. Keuntungan tersebut membuat Telkom HDC menjadi pilihan terbaik untuk pengusaha dari beberapa sektor seperti penyedia komputasi awan, manufaktur dan keuangan baik lokal maupun internasional.

Baca juga :  Awal 2021 Play Station 5 Akan Rilis di Indonesia

Hadirnya Telkom HDC ini menjadi pelengkap bagi data center yang ada di Telkom serta membuat Telkom semakin kokoh sebagai market leader usaha.

Ada 26 data center yang dimiliki oleh Telkom yang terdiri dari data center tier 3 dan 4, 18 neuCentrIX serta 5 data center internasional. Dengan didirikannya data center yang tersebar di beberapa tempat dan terkoneksi dengan jaringan broadband, maka beberapa kebutuhan bisa terakomodasi dengan mudah seperti teknologi edge blockchain, 5G dan kebutuhan lainnya di masa yang akan datang.

Didirikan di atas tanah seluas 65 ribu meter persegi, berdaya listrik 75 MW, dan dengan kapasitas tatal hingga 10ribu rack, Telkom HyperScale Data Center ini juga mengusung konsep green data center. Gedung ini akan menjadi pusat data yang akan menghasilkan minim emisi gas karbondioksida. Hal ini dikarenakan Telkom telah menggunakan pembangkit listrik tenaga gas dan juga solar panel yang dijadikan listrik utama untuk kantor dan area umum.

Baca juga :  Muncul di Geekbench, Ini Spesifikasi Realme Narzo 30A

Ririek pun berharap Telkom HDC ini bisa mendatangkan imbas positif kepada peningkatkan jumlah korporasi yang siap bersaing di era digital. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dispatch Bongkar Rahasia Kencan Idol Korea

TELENEWS.ID - Bagi kamu pecinta industri hiburan Korea tentu sudah tidak asing dengan media yang cukup fenomenal yakni Dispatch. Layaknya Lambe Turah...

Maeda Tadashi, Samurai Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

TELENEWS.ID - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran penting beberapa tokoh tanah air yang ingin bebas dari belenggu penjajah. Namun, jangan...

Pemprov DKI Menghentikan Pembiayaan Ajang Formula E

TELENEWS.ID - Penyelenggaraan Formula E yang sedianya dilaksanakan tahun ini harus tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Tidak kunjung mendapatkan kejelasan, pihak DKI...

Pengadaan Rapid Test, Pemprov DKI Melakukan Pemborosan 1,19 Miliar

TELENEWS.ID - BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, dalam laporan tersebut Pemprov DKI Jakarta...